Pilih Waktu yang Tepat untuk Beli iPhone!

Waktu yang Tepat untuk Beli iPhone
Waktu yang Tepat untuk Beli iPhone

Jagoan Gadget – Beberapa orang memang memilih waktu yang tepat untuk membeli iPhone. Mereka menunggu beberapa waktu dan tidak langsung membeli produk smartphone Apple terbaru.

Hal ini tentu karena disebabkan produk tidak akan langsung masuk ke Indonesia setelah peluncurannya. Adapun beberapa vendor, mungkin hanya membuka pemesanan dengan sistem pre order.

Bukan cuma beli iPhone baru, kalau mau beli yang bekas juga harus menentukan waktu yang tepat untuk beli iphone loh. Misal jangan beli sebuah tipe jika dalam waktu dekat akan diluncurkan generasi yang lebih baru.

Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Beli iPhone?

Pada kesempatan kali ini, jagoangadget.com akan mengajak Sobat sekalian membahas mengenai waktu yang tepat untuk beli iPhone. Tips yang sangat bermanfaat kalau kamu punya rencana untuk beli HP yang sangat diminati ini.

1. September Event Apple

Bagi Sobat Gadget yang belum tahu, Apple selalu mengumumkan produk terbarunya pada bulan September. Bukan cuma produk fisik saja, tapi juga produk perangkat lunak ataupun pembaruannya.

Lihat saja iPhone 14 yang jadi produk smartphone terbaru Apple saat ini, pengumuman rilisnya perangkat tersebut dilakukan pada September 2022 lalu. Ya, meski di Indonesia sendiri sampai saat ini iPhone 14 masih ditawarkan dengan sistem pre order.

Selengkapnya bisa kamu cek di artikel “Kapan iPhone 14 Masuk Indonesia

Hadirnya iPhone 14 tentu akan mempengaruhi harga dari iPhone-iPhone generasi sebelumnya. Lebih tepatnya, iPhone 13 ke bawah harganya pasti turun karena ada yang lebih baru. Hal yang wajar sih ya untuk barang elektronik.

BACA JUGA:  Cara Mengaktifkan Fitur Kids Mode pada Smartphone Samsung

Misalnya iPhone 11 yang dulu pada awal peluncurannya smartphone ini dibanderol dengan harga 15 jutaan. Kini, kamu bisa membelinya dengan harga 7 jutaan saja loh. Bukan cuma karena alasan kondisi yang bekas atau second, tapi kini sudah ada 3 generasi yang lebih baru dengan teknologi yang lebih canggih.

Untuk Sobat Gadget yang berencana beli iPhone bekas, ini adalah waktu yang tepat untuk beli iPhone 11. Bayangkan saja, harganya sudah turun hingga separuh dari harga awalnya.

Untuk pembahasan terkait hal serupa, kamu juga bisa cek artikel lainnya:

Pada intinya, waktu yang tepat untuk beli iPhone adalah paling tidak sebelum perangkat berusia 5 tahun. Karena Apple memberikan jaminan pembaruan untuk setiap perangkat selama 5 tahun.

Yang artinya, perangkat pasti akan mendapatkan update selama 5 tahun dari peluncurannya. Ini juga menunjukkan bahwa perangkat masih punya performa yang masih layak digunakan.

iPhone 11 sendiri dirilis pada tahun 2019, yang artinya perangkat masih aman dipakai hingga 2024. Kalau beli sekarang, paling tidak 2 tahun kedepan masih dapat update dan bisa menikmati fitur baru lah.

2. Setelah Peluncuran seri iPhone Terbaru

Seperti pembahasan sebelumnya, harga iPhone generasi lama akan turun jika ada iPhone baru yang dirilis. Seperti pada September Apple Event tahun ini, dengan produk terbaru iPhone 14.

Akan tetapi, jangan langsung beli iPhone bekas kalau kamu mengincar turunnya harga. Penurunan tidak langsung terjadi begitu saja sesaat setelah peluncuran produk baru.

Alasannya, produk terbaru tidak langsung hadir di Indonesia sehingga pengguna pun belum bisa membelinya. Tentunya harga iPhone bekas pun belum terdampak, sehingga belum turun.

BACA JUGA:  Cara Setting Hotspot iPhone dan iPad, MUDAH!

Waktu yang tepat untuk beli HP bekas adalah beberapa bulan setelah peluncuran resmi produk terbaru. Lebih tepatnya setelah produk bisa dibeli di pasar Indonesia.

Mungkin di akhir tahun seperti bulan November atau Desember adalah waktu yang tepat untuk beli iPhone second. Apalagi di bulan-bulan tersebut akan ada banyak penawaran dari e-commerce seperti Harbolnas, diskon akhir tahun, dan lainnya. Pasti akan lebih untung.

3. Saat Produk Resmi Sudah Tersedia di Indonesia

Waktu yang tepat untuk beli iPhone terbaru adalah ketika sudah tersedia di Indonesia. Setelah peluncurannya, Indonesia memerlukan waktu lebih lama untuk bisa menghadirkan produk terbaru Apple.

Biasanya produk terbaru Apple akan tersedia lebih dulu di beberapa negara, tentunya Amerika Serikat yang menjadi negara asalnya.

Sebenarnya kamu juga bisa sih beli iPhone dari luar negeri. Akan tetapi mungkin kamu akan menemukan banyak kendala.

Seperti misal masalah harga. Memang, harga yang ditawarkan cenderung lebih murah dibandingkan jika iPhone sudah tersedia di Indonesia. Tapi perlu kamu ketahui, ada biaya lain yang harus kamu bayar jika beli iPhone dari luar negeri. Yakni biaya pengiriman dan juga pajak.

Belum lagi ada kendala lain yang mungkin bisa kamu alami. Seperti kendala yang juga banyak dialami pengguna iPhone tidak resmi di Indonesia yakni terkait pemblokiran IMEI. Cek di tag IMEI untuk pembahasan lengkap terkait topik tersebut.

4. Berbagai Event Promo

Seperti yang sempat kita singgung sedikit di atas, waktu yang tepat untuk beli iPhone adalah ketika ada penawaran yang menguntungkan. Ada banyak sekali event belanja online yang ditawarkan di setiap waktu.

Paling banyak memang di akhir tahun. Ada event 11.11, Black Friday, dan event yang memberikan diskon akhir tahun lainnya.

BACA JUGA:  Mending Beli iPhone 7 Ori Daripada Beli iPhone HDC

Tidak cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan penawaran dari event yang diselenggarakan e-commerce. Seperti misal Shopee yang sering mengadakan Flash Sale dan memberikan harga termurah. Bahkan ada event iPhone cuma 1.000 rupiah loh! Tapi memang untuk mendapatkannya harus berebut dengan banyak orang.

Cek juga artikel “Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee

Bisa juga langsung cek semua penawaran Flash Sale, dengan klik: Shopee

Kesimpulan

Jika ingin mendapatkan perangkat dengan harga yang benar-benar worthy, memang ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah kapan waktu yang tepat untuk beli iPhone.

Entah kamu mau beli iPhone baru atau bekas, kamu perlu momen yang tepat agar mendapat harga dan kualitas terbaik.