Tips Menghidari Orderan COD Fiktif

Simak Sederet Tips Hindari COD Fiktif Ala Ninja Xpress

 Jagoan Gadget – Belakangan ini marak terjadi kasus COD (Cash on Delivery) fiktif di beberapa daerah. Hal ini diketahui dari postingan korban yang diunggah melalui media sosial. Pemesanan baragam barang dilakukan dengan metode pembayaran COD, ketika barang sampai di alamat ternyata penerima merasa tidak memesan barang tersebut.

Hindari Orderan COD Fiktif

Dari data yang berhasil dihimpun, COD merupakan salah satu metode pembayaran yang menjadi pilihan pengguna untuk melakukan transaksi online. Sampai Juni 2021, tercatat lebih dari 20% pengiriman dengan menggunakan metode COD.

Jawa Barat menjadi salah satu wilayah yang menjadi tujuan pengiriman paket COD terbanyak. Wilayah lainnya yakni Jawa Timur, DKI Jakartan, dan juga Sumatera Utara.

Lebih terpatnya, beberapa kota di Jawa Barat seperti Bogor, Karawang, Sukabumu, dan Bekasi menjadi Kota/Kabupaten yang banyak menjadi tujuan paket COD tersebut.

Pembahasan di atas menunjukan bahwa memang metode COD menjadi pilihan para pengguna. Sebenarnya, tidak ada kolerasi antara tujuan dengan paket COD fiktif. Orderan fiktif yang menggunakan metode pembayaran COD bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

Tips Menghindari COD Fiktif

Berikut ini ada beberapa tips dari JagoanGadget.com untuk menghindari COD Fiktif

1. Periksa Nomor Telepon dan Nama Pengirim/Penerima

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memastikan sebuah paket COD adalah dengan cek nomor HP dan nama dari pengirim maupun penerima.

Untuk kurir, sebelumnya bisa memastikan bahwa nomor pengirim benar-benar aktif. Akan lebih baik lagi jika kita melakukan konfirmasi terkait paket yang akan dikirim.

Sedangkan untuk nomor penerima juga bisa dicek oleh pengirim (seller/penjual) kalau penerima benar-benar memesan barang tersebut. Hal ini juga bisa dilakukan kurir agar terhindar dengan paket COD fiktif.

2. Ingatkan Orang Rumah Jika Ada Paket COD

Selaku pengguna, kita juga bisa membantu pengirim ataupun kurir agar terhindar dari paket COD fiktif. Kita bisa memberitahu kepada orang rumah (orang tua atau kerabat) bahwa jangan menerima paket yang belum tentu kita pesan.

Dan juga jangan lupa untuk menginformasikan kalau kita sedang pesan paket, agar paket bisa diterima oleh orang rumah.

3. Jangan Menerima Paket COD yang Tidak Dipesan

Jangan pernah menerima paket COD kalau kita tidak memesan barang tersebut. Dan pastikan juga kalau tidak ada orang rumah yang memesan paket COD tersebut.

Kalau memang ada kurir yang mengantar barang namun kita tidak merasa memesan, segera tolak dengan memberikan penjelasan yang sopan kepada kurir.

4. Jangan Buang Kemasan Bekas Paket Sembarangan

Kalau sering belanja online, jangan buang bungkus paket bekas yang di sana tertera data-data kita. Karena data tersebut bisa saja dimanfaatkan oknum untuk melakukan orderan COD fiktif.

Jadi kalau buang bungkus bekas paket, sebaiknya bagian detail pengiriman kita musnahkan saja.

5. Amankan Akun e-Commerce

Jangan lupa juga untuk mengamankan akun e-Commerce kita. Gunakan password yang rumit, aktifkan verifikasi OTP, dan keamanan akun lainnya. Maraknya hack akun e-Commerce juga bisa menjadikan akun digunakan untuk melakukan order fiktif.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat beberapa Tips Menghindari Orderan COD Fiktif. Tindak penipuan semacam ini bisa merugikan banyak pihak mulai dari penjual online, pembeli, hingga kurir yang mengantarkan barang.

Karena itu, setiap pihak juga berkewajiban untuk mencegah dan menghindari terjadinya penipuan dengan modus paket COD fiktif.