Jawaban Misteri Tanda Bulat di WA Hitam, buat jadi “Not Responding”

Pernah dapat pesan berisi tanda bulat di WA berwarna hitam? Pas di ketuk buat HP jadi ngefreeze, hang, not responding? Memang, ini pesan iseng seperti yang tren pada era HP Nokia yang masih pakai SMS. Anak 90-an pasti sudah tahu nih.

Isi pesan bertuliskan “Ketika kamu sentuh tanda hitam, WhatsApp kamu akan error”. Bedanya kalau di zaman SMS, pesan teror cuma bualan belaka. Tapi kalau sekarang, ancaman bisa benar-benar terjadi loh. Ketika tanda disentuh, WA jadi error.

Tanda Bulat di WA

Beberapa pengalaman Sobat yang dibagikan kepada jagoangadget.com, mereka memang pernah mendapatkan pesan seperti ini. Awalnya mereka tidak percaya, menganggap pesan tersebut bualan alias hoax. Tapi waktu tanda hitam tersebut di sentuh, ternyata benar WA jadi error.

Apakah pesan tersebut berisi virus, malware, atau semacamnya? Sepertinya tidak. Karena tentu WhatsApp bisa mendeteksi kalau yang dikirim berupa file. Lalu apa jawabannya? Nah, kali ini mimin mau mengulas tentang fenomena ini. Yuk, simak hingga tuntas, Sob!

Pesan Tanda Hitam WhatsApp

Kalau yang pernah dapat apalagi sampai mengalami error gara-gara ketuk tanda bulat di WA hitam, pasti tahu bagaimana penampakan pesannya. Bagi yang belum tahu, kamu bisa cek contoh pesan yang dimaksud dari gambar di bawah ini:

Tanda Bulat di WA 1

Kalau dilihat dari tampilannya, tentu orang pasti tahu kalau itu bukan virus, apalagi yang ahli IT. Karena paling tidak ada link download, sehingga file virus masuk melalui unduhan. Lalu bagaimana bisa tanda bulat hitam di WA bikin error?

Rahasia Tanda Bulat Hitam di WA

Menurut beberapa Sobat yang mengerti trik semacam ini, memang ada langkah-langkah untuk membuat pesan WA yang membuat error semacam ini. Teks pesan, dibuat menggunakan sebuah format tertentu sehingga membuat WA error.

Tanda Bulat di WA 2

Tim Jagoan Gadget mencoba melakukan analisa dengan mengkonversi teks ke dalam format kode ASCII, hasilnya sebagai berikut:

Tanda Bulat di WA 3

Analasia dilanjutkan dengan menghitung jumlah huruf atau karakter dalam format ASCII. Ternyata jumlahnya cukup banyak, hasilnya bisa cek di gambar ini:

Tanda Bulat di WA 4

Jadi inilah rahasia dibalik pesan dengan tanda bulat di WA berwarna hitam yang membuat HP lemot. Yakni pesan berisi teks dengan jumlah karakter sebanyak 23.995 alias dua puluh tiga ribu sembilan ratus sembilan puluh lima.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓