Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan - JagoanGadget.com
Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan - JagoanGadget.com

Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan? Ini Solusinya

Sinyal iPhone 7 tidak ada layanan sering dialami banyak pengguna belakangan ini. Tentu ini adalah masalah yang sangat mengganggu. Karena jaringan atau sinyal sendiri merupakan hal paling penting pada sebuah perangkat ponsel, apalagi yang “pintar”.

Kalau HP tidak ada sinyalnya, bagaimanapun canggihnya pasti akan tidak berguna. Ya, meski smartphone bisa pakai Wifi, tapi kan kurang bebas kalau mau dibawa kemana-mana.

Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan

Banyak rumor kalau yang menyebabkan sinyal iPhone 7 tidak ada layanan adalah karena IMEI diblokir. Memang benar, terkait kebijakan pemerintah beberapa perangkat iPhone mengalami pemblokiran IMEI oleh Kemenperin sehingga tidak muncul sinyal.

Untuk masalah ini, kita juga sudah membahas secara lengkap di artikel-artikel sebelumnya. Kalau kamu ingin tahu, bisa cek di kategori IMEI.

Intinya, untuk HP yang IMEI nya tidak terdaftar akan dianggap ilegal dan diblokir. Sebenarnya bukan cuma iPhone saja sih, ada juga smartphone Android yang tidak terdaftar IMEI nya. Tapi memang kebanyakan adalah iPhone.

Sinyal iPhone 7 tidak ada layanan biasanya termasuk iPhone Ex Inter alias barang ilegal dari luar Indonesia. Tentu barang seperti ini berbeda dengan yang resmi. Cek di Perbedaan iPhone Inter dan iBox.

Tapi, kalau tiba-tiba iPhone tiada layanan apakah sudah pasti IMEI nya diblokir? Kemungkinan besar sih iya, tapi untuk memastikan kamu perlu mengetahui penyebab lainnya.

Penyebab Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan

Ada banyak penyebab yang membuat sinyal iPhone 7 tidak ada layanan, begitu juga untuk seri atau model lainnya. Kebanyakan memang karena kerusakan hardware atau software.

1. Kendala Software

Kalau kerusakan software, biasanya disebabkan karena adanya sebuah kesalahan dalam sistem. Sehingga hal ini membuat beberapa fungsi smartphone tidak bekerja dengan baik, termasuk sinyal.

Mungkin saja kamu pernah menginstal aplikasi ilegal APK MOD atau sejenisnya? Kemungkinan ini yang menyebabkan sinyal HP hilang. Karena aplikasi semacam itu memang sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga. Sehingga mungkin ada hal yang menyebabkan kesalahan sistem ataupun adanya virus alias malware.

Bisa juga karena adanya bug dari pengembang sendiri. Misal ketika ada sebuah pembaruan, namun pembaruannya tidak sempurna atau memang tidak kompatibel dengan perangkat. Tapi kalau kendala seperti ini, tentunya pihak pengembang sendiri akan bergerak cepat untuk segera menanganinya.

Merasa tidak pernah instal aplikasi ilegal? Tidak ada masalah dengan pembaruan? Bisa jadi kerusakan hardware jadi penyebab sinyal iPhone 7 tidak ada layanan.

2. Kendala Hardware

Ada beberapa komponen HP yang berhubungan dengan sinyal. Jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut, tentunya akan mempengaruhi sinyal HP.

Biasanya, kerusakan hardware ini dipicu oleh “kecelakaan”. Seperti misalnya jatuh, kena air, dan lainnya. Jatuhnya HP bisa memberikan guncangan dan menyebabkan kerusakan komponen yang ada di dalam HP. Semakin keras guncangannya, semakin tinggi resiko terjadinya kerusakan.

Begitu juga dengan air yang baik sengaja ataupun tidak masuk ke dalam HP. Ini bisa menyebabkan konslet atau arus pendek sehingga komponen HP rusak. Apalagi ada beberapa cairan yang bisa membuat HP tidak terselamatkan lagi, seperti air laut. Kalau sudah nyempung di laut atau sekedar kena percikannya saja, kecil kemungkinan HP bisa diperbaiki.

3. Pemblokiran IMEI

Penyebab sinyal iPhone 7 tidak ada layanan yang terakhir adalah IMEI yang diblokir. Seperti yang kita singgung tadi, pemerintah memang sedang melakukan penertiban kepada HP ilegal yang beredar secara bebas di Indonesia.

Kita bisa mudah temui diberbagai tempat HP ilegal yang dijual bebas. Salah satunya yang sering kita kenal adalah istilah iPhone Ex Inter atau smartphone Android bekas lainnya yang berasal dari luar Indonesia.

Perlu kamu tahu, HP semacam ini masuk Indonesia tanpa melalui prosedur yang ada dan tanpa izin loh. Barang seperti ini mungkin kita juga kenal dengan HP BM alias Blackmarket yang sudah pasti dilarang peredarannya.

Bukan cuma iPhone 7 sih, banyak juga barang serupa dengan merk dan tipe yang berbeda. Tapi memang kebijakan pemerintah tersebut yang menjadi penyebab paling banyak sinyal iPhone tidak ada layanan belakangan ini.

Cara Mengatasi Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan

Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan
Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan

Untuk bisa mengatasi atau mencari solusi untuk masalah sinyal iPhone 7 tidak ada sinyal, kamu perlu tahu apa yang jadi penyebabnya. Ada 3 penyebab yang tadi sudah kita bahas detail ya.

Kalau penyebabnya karena kerusakan hardware maupun software, tentu solusi terbaiknya adalah membawa ke Service Center ataupun tukang servis HP. Lebih disarankan untuk ke SC langsung, apalagi kalau masih ada garansinya.

Sedikit saran, kamu bisa coba reset factory atau setel ulang pabrik perangkat terlebih dahulu. Mungkin saja penyebab sinyal iPhone 7 tidak ada layanannya adalah masalah software, siapa tahu dengan direset bisa kembali normal.

Tapi sebelum kamu bawa HP ke tempat untuk memperbaikinya, akan lebih baik kamu cek dulu IMEI nya. Mungkin saja penyebab hilangnya sinyal adalah karena IMEI diblokir, tentu akan percuma kalau dibawa ke tukang service.