Ini Dia Trik Jitu! Cara Mudah Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp!

Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp
Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp

Saat menggunakan WhatsApp, seringkali kita ingin berbagi percakapan panjang atau informasi penting dalam bentuk tangkapan layar (screenshot). Namun, terkadang pesan atau percakapan tersebut terlalu panjang dan tidak muat dalam satu tangkapan layar. Nah, di artikel ini, kita akan membahas cara membuat screenshot panjang di WhatsApp agar Anda bisa dengan mudah berbagi percakapan tanpa harus memotong informasi yang penting.

Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp
Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp

 

Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Bawaan

  1. Buka Percakapan di WhatsApp: Pertama-tama, buka percakapan di WhatsApp yang ingin Anda tangkap dalam bentuk screenshot panjang.
  2. Siapkan Layar:Sebelum Anda membuat tangkapan layar, pastikan bahwa layar ponsel Anda telah siap untuk merekam isi percakapan dengan baik. Langkah ini memastikan bahwa pesan-pesan penting tidak tersembunyi di luar jangkauan layar.
    1. Tampilkan Isi Percakapan: Buka percakapan di WhatsApp yang ingin Anda tangkap dalam bentuk screenshot. Pastikan bahwa layar menampilkan pesan-pesan yang ingin Anda sertakan dalam tangkapan layar.
    2. Geser Layar Jika Perlu: Jika percakapan memiliki pesan lebih lanjut yang belum terlihat, geser layar ke atas atau bawah agar Anda dapat melihat pesan-pesan tersebut.
    3. Pastikan Tampilan Lengkap: Pastikan tampilan layar Anda mencakup seluruh isi percakapan yang ingin Anda tangkap. Jika perlu, Anda dapat menggulirkan layar untuk melihat lebih banyak pesan.
    4. Periksa Gambar atau Media: Jika percakapan mengandung gambar, video, atau media lainnya, pastikan bahwa media tersebut terlihat dengan jelas pada layar.
    5. Pastikan Koneksi Stabil: Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Hal ini mencegah terjadinya kesalahan atau keterlambatan saat membuat tangkapan layar.
  3. Buat Tangkapan Layar:Langkah berikutnya setelah membuka percakapan yang ingin Anda tangkap adalah membuat tangkapan layar dari layar ponsel Anda. Proses ini akan merekam tampilan layar menjadi sebuah gambar yang dapat Anda simpan atau bagikan.
    1. Tekan Tombol Kombinasi: Untuk membuat tangkapan layar, Anda perlu menekan tombol kombinasi yang sesuai pada ponsel Anda. Biasanya, kombinasi tombol yang umum digunakan adalah tombol Volume Bawah dan Tombol Daya (Power) yang ditekan bersamaan.
    2. Tunggu Hasil Tangkapan Layar: Setelah Anda menekan tombol kombinasi, layar akan berkedip sejenak atau mungkin ada suara yang menunjukkan bahwa tangkapan layar telah berhasil dibuat.
    3. Lihat Hasil Tangkapan Layar: Anda dapat melihat hasil tangkapan layar langsung dengan menggeser layar ke bawah (jika ponsel Anda memiliki opsi untuk melihat tangkapan layar baru) atau dengan membuka galeri atau folder tangkapan layar pada ponsel Anda.
  4. Perhatikan Opsi Tambahan:Setelah Anda berhasil membuat tangkapan layar dalam WhatsApp, perhatikan area bawah layar untuk melihat apakah ada opsi tambahan yang muncul. Opsi ini sering kali memberikan Anda kemampuan untuk membuat tangkapan layar panjang yang mencakup lebih banyak isi percakapan.

    Pada beberapa ponsel, setelah Anda membuat tangkapan layar, Anda mungkin akan melihat sebuah opsi dengan label “Tangkapan Layar Panjang” atau kata-kata yang serupa.

    1. Sentuh Opsi “Tangkapan Layar Panjang”: Jika Anda melihat opsi ini, sentuh atau ketuk opsi tersebut untuk mengaktifkannya.
    2. Tunggu Proses Aktivasi: Setelah Anda mengaktifkan opsi “Tangkapan Layar Panjang”, ponsel Anda akan memulai proses pengguliran otomatis. Ini adalah langkah penting untuk menangkap seluruh isi percakapan yang lebih panjang.
    3. Biarkan Ponsel Menggulir Sendiri: Ponsel akan menggulirkan layar secara perlahan-lahan, menangkap pesan-pesan dalam percakapan Anda seiring dengan proses pengguliran.
    4. Hentikan Jika Diperlukan: Proses pengguliran akan terus berlanjut sampai ponsel mencapai batas percakapan yang tersedia. Jika pada suatu titik Anda ingin menghentikan proses ini, Anda dapat menghentikan pengguliran dengan mengikuti petunjuk yang muncul.
    5. Tunggu Sampai Selesai: Jika Anda memilih untuk melanjutkan, biarkan ponsel menyelesaikan pengguliran hingga akhir percakapan atau hingga Anda memutuskan untuk menghentikannya.
    6. Tangkapan Layar Panjang Selesai: Setelah proses pengguliran selesai, Anda akan memiliki tangkapan layar panjang yang mencakup seluruh percakapan dalam satu gambar.
  5. Aktifkan Tangkapan Layar Panjang:Setelah Anda berhasil membuat tangkapan layar, langkah berikutnya adalah mengaktifkan opsi “Tangkapan Layar Panjang”. Opsi ini memungkinkan Anda untuk membuat tangkapan layar yang lebih panjang dengan menggulirkan layar secara otomatis.

    Pada beberapa ponsel, setelah Anda membuat tangkapan layar, Anda akan melihat opsi tambahan di bagian bawah layar. Opsi ini mungkin diberi label “Tangkapan Layar Panjang” atau mirip dengan itu.

    1. Sentuh atau ketuk opsi tersebut untuk mengaktifkannya.
    2. Setelah Anda mengaktifkan opsi “Tangkapan Layar Panjang”, ponsel Anda akan mulai menggulirkan layar secara perlahan-lahan. Proses ini akan terjadi otomatis dan akan berhenti ketika ponsel mencapai batas percakapan yang tersedia.
    3. Anda bisa melihat layar bergerak ke bawah dengan sendirinya, menangkap lebih banyak isi percakapan seiring proses pengguliran berlangsung.

    Pastikan untuk tidak mengganggu ponsel saat proses pengguliran berlangsung. Biarkan ponsel menyelesaikan tugasnya dengan sendirinya untuk mendapatkan tangkapan layar panjang yang lengkap.

  6. Proses Pengguliran:Pada tahap ini, ponsel Anda akan secara otomatis menggulirkan layar perlahan-lahan untuk menangkap seluruh isi percakapan. Proses ini memastikan bahwa semua pesan, gambar, dan informasi penting dalam percakapan Anda terekam dalam tangkapan layar panjang.

    Selama proses ini berlangsung, Anda tidak perlu melakukan apa pun secara manual. Ponsel akan mengambil alih dan menggulirkan layar ke bawah dengan kecepatan yang sesuai. Anda bisa melihat seolah-olah layar bergerak sendiri, menampilkan semua pesan dalam urutan yang tepat.

    Pastikan untuk tidak mengganggu proses pengguliran ini, dan biarkan ponsel menyelesaikan tugasnya hingga batas percakapan yang dituju. Proses ini bisa memakan waktu beberapa detik hingga beberapa puluh detik tergantung pada panjangnya percakapan.

  7. Selesai dan Simpan:

    Setelah proses pengguliran selesai, Anda akan memiliki tangkapan layar panjang yang mencakup seluruh isi percakapan. Pada titik ini, Anda dapat melakukan beberapa tindakan:

    • Simpan: Sentuh tombol “Simpan” atau ikon penyimpanan yang mungkin muncul di layar. Ini akan menyimpan tangkapan layar panjang ke dalam galeri atau folder tangkapan layar pada ponsel Anda.
    • Bagikan: Jika Anda ingin langsung membagikan tangkapan layar panjang kepada seseorang melalui WhatsApp atau platform lainnya, Anda bisa menggunakan opsi “Bagikan”. Ini akan membuka menu berbagai cara untuk berbagi, seperti mengirim melalui pesan atau media sosial.
    • Edit (Opsional): Beberapa ponsel memiliki fitur edit tangkapan layar bawaan. Jika Anda ingin menambahkan catatan, menyoroti bagian penting, atau mengedit tangkapan layar panjang, Anda dapat memanfaatkan opsi ini sebelum menyimpan atau membagikannya.
    • Hapus (Opsional): Jika tangkapan layar panjang tidak sesuai atau Anda ingin mengulang prosesnya, Anda dapat memilih opsi “Hapus” untuk menghapus tangkapan layar tersebut.

    Dengan langkah-langkah ini, Anda telah berhasil membuat tangkapan layar panjang di WhatsApp dan siap untuk membagikannya atau menyimpannya sesuai kebutuhan Anda. Ingatlah untuk selalu menjaga privasi dan etika dalam berbagi tangkapan layar, terutama jika tangkapan layar tersebut berisi informasi pribadi atau sensitif.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Unduh Aplikasi: Pertama-tama, kunjungi ‘Google Play Store’ (untuk Android) atau ‘App Store’ (untuk iPhone) dan cari aplikasi “Screenshot Panjang” atau “Long Screenshot”. Unduh dan pasang aplikasi yang sesuai.
  2. Buka Percakapan di WhatsApp: Buka percakapan di WhatsApp yang ingin Anda tangkap dalam bentuk screenshot panjang.
  3. Aktifkan Aplikasi: Buka aplikasi screenshot panjang yang telah Anda instal.
  4. Ikuti Instruksi: Ikuti instruksi pada aplikasi untuk memulai proses tangkapan layar panjang. Instruksi ini mungkin berbeda tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan.
  5. Pengguliran Layar: Biasanya, Anda akan diminta untuk menggulir layar ke bawah selama proses tangkapan layar berlangsung. Pastikan untuk menggulir dengan hati-hati agar tidak melewatkan bagian penting dari percakapan.
  6. Selesai dan Simpan: Setelah proses tangkapan layar panjang selesai, Anda akan diberi opsi untuk menyimpan atau berbagi tangkapan layar tersebut.
Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp
Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp

 

FAQ – Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp

  1. Apakah semua ponsel memiliki fitur tangkapan layar panjang? Tidak, tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Namun, banyak ponsel terbaru memiliki opsi tangkapan layar panjang di dalam pengaturan tangkapan layar.
  2. Apa nama aplikasi populer untuk membuat screenshot panjang? Beberapa aplikasi populer untuk membuat screenshot panjang di WhatsApp adalah “Stitch & Share” dan “LongShot”.
  3. Apakah saya bisa menggunakan aplikasi screenshot panjang untuk aplikasi lain selain WhatsApp? Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat tangkapan layar panjang dari berbagai aplikasi lainnya.
  4. Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan aplikasi screenshot panjang? Banyak aplikasi screenshot panjang tersedia dalam versi gratis dengan beberapa fitur dasar. Namun, ada juga versi berbayar dengan fitur tambahan.
  5. Apakah tangkapan layar panjang mempengaruhi kualitas gambar? Secara umum, kualitas gambar tangkapan layar panjang tetap baik, tetapi beberapa detail mungkin dapat hilang pada tangkapan layar yang sangat panjang.
  6. Apakah tangkapan layar panjang mengambil lebih banyak ruang penyimpanan? Ya, tangkapan layar panjang dapat mengambil lebih banyak ruang penyimpanan dibandingkan dengan tangkapan layar biasa.
  7. Dapatkah saya mengedit tangkapan layar panjang setelah diambil? Ya, setelah Anda membuat tangkapan layar panjang, Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi pengedit gambar biasa.
  8. Apakah aplikasi screenshot panjang aman digunakan? Aplikasi yang populer dan memiliki ulasan baik cenderung lebih aman digunakan. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna sebelum menginstal.
  9. Bagaimana cara mengaktifkan opsi tangkapan layar panjang di ponsel saya? Pengaturan dapat bervariasi antara ponsel, tetapi biasanya Anda dapat menemukan opsi ini di pengaturan tangkapan layar atau tampilan layar.
  10. Apakah tangkapan layar panjang dapat digunakan di semua versi WhatsApp? Ya, Anda seharusnya dapat membuat tangkapan layar panjang di semua versi WhatsApp, terlepas dari pembaruan terbaru.

Jadi, sekarang Anda memiliki cara yang mudah untuk membuat screenshot panjang di WhatsApp. Apakah itu percakapan lucu, informasi penting, atau pesan berharga lainnya, Anda dapat berbagi semuanya dengan mudah menggunakan salah satu metode di atas. Selamat mencoba!

 

Kesimpulan

Dengan begitu banyak informasi yang terbagi dalam percakapan WhatsApp, membuat screenshot panjang dapat menjadi solusi yang sangat praktis. Anda dapat memanfaatkan fitur bawaan ponsel atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menciptakan tangkapan layar yang lebih komprehensif. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang melewatkan informasi penting saat berbagi percakapan dengan teman atau kolega. Coba metode yang paling sesuai dengan Anda dan mulai berbagi screenshot panjang dengan mudah!

BACA JUGA:  Social Spy WhatsApp Berhasil 100%, Cara Sadap WA Paling Ampuh