7 e wallet Terbaik 2022

Pilih Mana? 7 E Wallet Terbaik 2022

E Wallet Terbaik 2022 – Di era serba digital ini, e wallet menjadi salah satu solusi terbaik untuk urusan bayar membayar. Dengan kemudahan yang ditawarkan, banyak pihak yang sudah menerimap e wallet sebagai metode pembayaran.

Begitu pun dari sisi pengguna, karena sudah bisa dipakai di mana saja e wallet menjadi pilihan. Tak sedikit orang yang menyimpan uangnya di aplikasi e wallet. Dengan begitu, mereka lebih mudah melakukan transaksi sewaktu-waktu.

Apa itu E-Wallet?

E-Wallet adalah dompet digital yang berupa aplikasi. Namanya juga “dompet” tentu fungsi utamanya adalah menyimpan uang. Uang yang disimpan dalam bentuk digital bisa digunakan untuk pembayaran digital.

E-Wallet sendiri sebenarnya merupakan kepanjangan dari Electronic Wallet atau dompet elektrik (digital). Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal instal salah satu aplikasi e-wallet, buat akun, dan isi saldonya. Untuk pembuatan akun dibutuhkan verifikasi data yang valid, termasuk KTP.

Metode pembayaran digital sendiri sekarang sudah semakin populer. Pembayaran non-tunai atau yang juga dikenal dengan cashless memang lebih mudah dan praktis. Tak perlu bawa uang banyak, mau beli apa-apa sekarang tinggal scan pakai HP saja.

Apa Beda E-Wallet dan M-Banking?

Mungkin sekilas E-Wallet terlihat sama dengan M-Banking, sama-sama menyimpan uang dan digunakan untuk transaksi. Eits, tapi sebenarnya keduanya sama sekali berbeda loh.

M-banking merupakan sebuah aplikasi atau layanan dari sebuah bank untuk memudahkan pengguna mengakses berbagai layanan. Beberapa fungsi M-Banking antara lain:

  • Cek Saldo
  • Transfer
  • Pembayaran Digital
  • Dan sebagainya

M-banking juga terintegrasi dengan akun atau rekening. Jadi, kalau ingin pakai m-banking kamu harus punya rekening. Kalau belum punya, harus buka rekening dulu ke bank yang bersangkutan.

Sedangkan e-wallet adalah dompet digital, yang fungsinya adalah menyimpan uang untuk kebutuhan pembayaran digital. E-wallet sendiri cenderung lebih fleksibel untuk urusan bayar-membayar dibandingkan m-banking. Meskipun sekarang banyak bank yang mulai meningkatkan layanan aplikasinya agar mudah digunakan pengguna seperti e-wallet.

E Wallet Terbaik 2022

e wallet Terbaik 2022
e wallet Terbaik 2022

Dari data yang dilansir BI (Bank Indonesia), setidaknya total transaksi dengan e wallet pada 2018 sebesar Rp21 Triliun. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga Rp355 Triliun dalam 5 tahun ke depan, yang artinya tahun 2023 nanti.

Tercatat ada 38 aplikasi e-wallet yang bisa digunakan. Pada kesempatan kali ini, jagoangadget.com akan memberikan informasi mengenai 7 E Wallet Terbaik 2022. 5 di antaranya merupakan e-wallet dengan pengguna aktif bulanan teratas.

1. ShopeePay

Siapa sih yang nggak kenal dengan Shopee? Kamu pasti pernah lihat iklannya yang tampil di mana-mana. Pemasaran Shopee memang cukup gencar. Tak hanya soal iklan, tapi juga berbagai penawaran dan promo yang membuat orang tertarik.

Kebanyakan promonya mengharuskan pengguna pakai ShopeePay. Mau tak mau tentu harus top up dan pakai e wallet nya dong. Tapi memang cukup worth it sih simpan uang atau pakai ShopeePay.

Karena bukan cuma buat belanja di Shopee saja, banyak toko atau gerai offline yang menerima pembayaran dengan ShopeePay. Termasuk minimarket seperti Alfamart, Indomaret, ataupun Alfamidi.

Selain itu, baru-baru ini Shopee menghadirkan layayanan baru, yakni Shopee Food yang juga banyak promonya, Oleh karena itu, tidak sedikit yang pakai dan membuat ShopeePay menjadi salah satu E Wallet Terbaik 2022.

2. Gopay

Tercatat pada 2019, angka transaksi e wallet Gopay menyentuh angka Rp89 Triliun. Ini menunjukan bahwa Gopay menjadi salah satu e wallet terbaik 2022.

Tak cuma bisa untuk bayar layanan Gojek (GoFood dan GoRide), dalam aplikasi terdapat berbagai layanan. Bahkan kamu juga bisa nabung emas ataupun investasi reksa dana pakai Gopay lewat fitur GoInvestasi. Cek di Investasi Reksa Dana Mulai 15 Ribu di Aplikasi Gojek, GoInvestasi

Tak heran kalau banyak yang pakai Gopay. Karena e wallet terbaik 2022 ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

3. OVO

Dengan kerja samanya bersama Grab, membuat OVO jadi lebih populer. Sejak 2017, penggunanya meningkat hingga tahun ini.

Tak seperti Gojek, Grab memang lebih memilih menggunakan OVO untuk transaksi non-tunai dan bukan metode pembayarannya sendiri. Di aplikasi Grab juga banyak layanan yang bisa dibayar dengan OVO.

Belum lagi, banyak yang sudah menerima pembayaran dengan OVO. Sehingga banyak yang pakai dan membuatnya menjadi salah satu e wallet terbaik 2022.

4. DANA

Meskipun tidak seperti Gopay ataupun OVO yang terintegrasi dengan layanan transportasi online besar, DANA menjadi salah satu e wallet terbaik 2022 yang banyak digunakan.

DANA memberikan layanan gratis transfer ke berbagai bank setiap bulannya sebanyak 10x. Ini juga sangat memudahkan pengguna untuk memindahkan saldo dana ke mana pun.

E Wallet ini juga menghadirkan fitur Dana Protection yang membuat transaksi lebih aman. Tak heran banyak yang menggunakan aplikasi dompet digital satu ini.

5. LINK AJA

LINK AJA hadir sejak tahun 2019. Dompet digital satu ini sudah bisa menyaingi Gopay dan OVO. Yang mana pada saat itu keduanya mendominasi dunia pembayaran digital. Tak lama setelah rilis, aplikasi dompet digital satu ini mampu mendapatkan 22 juta pengguna.

Sebenarnya, Link aja merupakan gabungan dari beberapa BUMN, di antaranya:

  • T-Cash (Telkomsel)
  • UniQu (BNI)
  • E-Cash (Bank Mandiri)
  • T-Money (Telkom)
  • T-Bank (BRI)

6. JENIUS

Mungkin JENIUS bukanlah dompet digital, melainkan sebuah bank digital. Tapi memang berbagai fiturnya tak jauh berbeda dengan e wallet. Sama-sama memudahkan pengguna untuk urusan pembayaran digital.

Sejak 2018, Jenius sudah memiliki 1,2 juta pengguna. Tentunya angka ini terus meningkat dengan bertambahnya pengguna aktif bulanan.

Salah satu fitur yang disukai pengguna adalah gratis biaya tarik tunai maupun transfer antar bank sebanyak 25 kali setiap bulannya. Jadi mudah bagi pengguna yang memiliki lebih dari 1 akun bank dan sering melakukan transaksi.

7. SeaBank

Sama seperti JENIUS, SeaBank juga termasuk aplikasi bank digital. Tapi, karena banyak keunggulannya, aplikasi ini cukup diminati dan bisa dimasukkan dalam deretan e wallet terbaik 2022.

Yang paling menarik di aplikasi ini adalah transfer gratis kemana pun tanpa batas. Bahkan untuk top up e wallet apapun tidak ada biaya tambahan. Oleh karena itu, banyak pengguna yang menyukai aplikasi ini.

Mau coba aplikasinya? Klik “Download SeaBank“, jangan lupa pakai kode referral 6LGZCS untuk dapat saldo Rp10.000 secara cuma-cuma alias GRATIS.

Akhir Kata

Jadi gimana gaes? Kalian pakai yang mana nih? Seorang pengguna biasanya hanya pakai 1 atau 2 dompet digital saja. Karena tentunya akan repot kalau harus punya saldo di banyak aplikasi e wallet. Oleh karena itu, pemilihan aplikasi e wallet terbaik 2022 harus disesuaikan dengan kebutuhan.