Apakah yang Dimaksud Pesawat Delay? Ini Ketentuan Kompensasinya!

Pesawat delay atau keterlambatan jadwal penerbangan pesawat menjadi masalah yang kerap menimpa para penumpang maskapai. Ada banyak faktor yang membuat keberangkatan harus ditunda, salah satunya adalah cuaca buruk.

Tentu saja, hal tersebut membuat penumpang harus menunggu lebih lama dan mengalami kerugian. Lantas, apakah ada kompensasi untuk keterlambatan penrbangan? Simak selengkapnya di sini!

Ketentuan Kompensasi Keterlambatan Jadwal Penerbangan

Apakah yang Dimaksud Pesawat Delay? Ini Ketentuan Kompensasinya!

Terkadang keterlambatan pesawat memang tidak bisa Anda hindari. Artinya, meski Anda dengan terdesak sekalipun, Anda tidak bisa melakukan apapun apabila pihak maskapai belum menyetujui keberangkatan.

Keterlambatan penerbangan sendiri memiliki ketentuan masing-masing. Aturan ini tertuang pada laman jdih.dephub.go.id, yakni sebagai berikut:

  • Flight delayed (keterlambatan penerbangan).
  • Denied boarding passenger (penumpang tidak terangkut secara keseluruhan karena melebihi kapasitas pesawat terbang).
  • Cancelation of flight ( pembatalan jadwal penerbangan).

Agar dapat menghitung pesawat delay bisa dilakukan dengan melihat selisih antara jadwal keberangkatan pesawat dengan realisasi ketika pesawat meninggalkan bandara menuju pacu (take off). Selain itu, waktu tidak terhitung sebagai kompensasi.

Namun, sebagaimana Pasal 146 UU Penerbangan, pihak maskapai bebas tanggung jawab dari kompensasi atas keterlambatan jadwal bila faktor yang menyebabkannya adalah teknik operasional dan faktor cuaca. Karena kedua faktor tidak dalam kuasa maskapai dan penumpang wajib memaklumi demi keselamatan perjalanan.

Jenis Kompensasi Pesawat Delay Untuk Penumpang

Semua jenis kompensasi tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011. Jadi, semua maskapai pasti memberikan kompensasi yang sama apabila terjadi keterlambatan jadwal penerbangan. Berikut adalah jenis-jenis kompensasi yang akan Anda dapatkan sebagai penumpang:

BACA JUGA:  Google Form, Buat Formulir Online Gratis!

1. Delay 30-60 Menit

Kategori pertama untuk keterlambatan pesawat yang terjadi selama 30 hingga 60 menit. Pada kategori ini Anda akan mendapatkan kompensasi berupa minuman ringan.

2. Delay 61-120 Menit

Jika keterlambatan jadwal penerbangan selama 61 hingga 120 menit penumpang berhak memperoleh kompensasi berupa makanan dan minuman ringan atau snack box. Setidaknya selama waktu menunggu para penumpang tidak akan merasa bosan.

3. Delay 121-180 Menit

Apabila keterlambatan pesawat mencapai batas waktu 121 hingga 180 menit, maka pihak maskapai wajib memberikan kompensasi berupa minuman dan makanan berat.

4. Delay 181-240 Menit

Jika delay pesawat mencapai 181 hingga 240 menit. Maka, Anda akan mendapat kompensasi berupa makanan ringan, minuman, dan juga makanan berat.

5. Delay Lebih dari 240 Menit

Pada kategori 4, jika delay terjadi lebih dari 240 menit. Maka, kompensasi yang akan diberikan kepada penumpang adalah ganti rugi uang tunai sebesar Rp300.000,00.

6. Pembatalan Penerbangan

Kategori terakhir adalah pembatalan penerbangan. Kompensasi yang Anda dapatkan adalah berupa pengalihan jadwal ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan semua biaya tiket (refund).

Biasanya pihak maskapai akan memberikan pilihan kepada penumpang apakah ingin mengambil jadwal penerbangan ulang atau uang kembali.

Pesawat Delay Bisa Teratasi dengan Asuransi

Meskipun kejadian pesawat delay memang merugikan, namun hal tidak akan menjadi masalah besar apabila Anda mengikuti asuransi Fly Insurtech dari Simas. Biaya kompensasi yang akan Anda dapatkan juga lebih besar jika Anda mendaftarkan diri pada asuransi pesawat delay Simas.

Sudah bertahun-tahun sejak Simas Insurtech beroperasi. Sehingga layanannya sudah pasti aman dan terpercaya. Proses klaim Simas juga sangat mudah dan tidak akan menyita waktu. Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir soal keterlambatan perjalanan, karena Simas memastikan Anda tidak merugi!

BACA JUGA:  Mengapa Android Lebih Baik dari iPhone?