Perhatikan 5 Tips Membeli Laptop ini agar Tidak Menyesal!

Tips Membeli Laptop
Tips Membeli Laptop

Tips Membeli Laptop – Banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli sebuah laptop, agar tidak terjadi yang namanya salah beli yang biasanya berujung penyesalan. Dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan agar nantinya laptop yang dibeli pas dengan kebutuhan.

Nah, buat Anda yang saat ini sedang berencana ingin membeli laptop baru tapi masih bingung dengan poin-poin apa saja yang harus dipertimbangkan, segera saja simak postingan kali ini, yang memang akan membahas topik tersebut secara mendalam.

Berikut 5 tips membeli laptop agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Tips Membeli Laptop
Tips Membeli Laptop

1. Sesuaikan dengan Budget

Hal pertama yang perlu diperhatikan tentu saja budget yang dialokasikan untuk membeli laptop. Kalau sudah ditentukan berapa uang yang akan dibelanjakan, barulah lanjutkan ke poin kedua.

2. Kebutuhannya untuk Apa?

Seorang pelajar atau karyawan kantoran misalnya tidak perlu membeli laptop dengan prosesor Core i7, sebab rata-rata aktivitas mereka di laptop kebanyakan cuma mengetik, browsing atau menonton Youtube. Untuk keperluan tersebut, laptop berprosesor Intel Celeron atau AMD Athlon sudah bisa meng-handle dengan cukup lancar.

Berbeda kalau nantinnya kalau ingin menggunakan laptop untuk video editing atau main game, spesifikasi laptop yang akan dibeli haruslah memiliki spek tinggi, baik dari sisi CPU, kapasitas RAM, GPU dan sebagainya.

3. Lihat Review Orang Yang Sudah Membeli

Jika budget dan kebutuhan sudah ditentukan, saatnya untuk memilih brand dan tipe yang pas di hati. Bila sudah menjatuhkan pilihan pada satu merek dan model tertentu, langkah berikutnya ialah lihat fitur-fitur yang ada pada laptop yang diincar dan yang tak kalah penting: Lihat review orang-orang yang telah memakai laptop tersebut.

BACA JUGA:  Pengalaman Menggunakan Mandiri Inhealth

Perhatikan, apakah mereka sudah cukup puas dengan laptop mereka atau malah sebaliknya.

Nah, jika respon orang yang disebutkan tadi tampaknya positif, maka kamu bisa menjatuhkan pilihan pada merek dan model laptop bersangkutan.

Untuk mencari sumber review sebuah model laptop, Anda bisa mencarinya di situs seperti Youtube, atau jika lebih nyaman membaca daripada menonton video, Anda bisa mengunjungi situs tentang review laptop seperti www.reviewlaptop.co yang membahas seluk-beluk laptop secara mendalam.

4. Tanya Teman Kalau Masih Ragu

Jika sampai pada poin nomor 3 di atas Anda masih belum merasa yakin dengan pilihan sendiri, di titik inilah waktunya untuk bertanya kepada teman atau saudara yang mengerti dengan dunia per-laptop-an. Sampaikan kepada mereka berapa budget yang telah dipersiapkan dan untuk apa laptopnya nanti akan digunakan.

Mintalah saran dari mereka, atau kalau perlu, temui teman atau saudara tersebut secara langsung dan bersama-sama melakukan penelusuran tipe-tipe laptop yang ada di pasaran.

5. Belilah di Toko Yang Memberikan Garansi Resmi

Membeli laptop di toko yang memberikan garansi resmi tentu berbeda dengan toko yang hanya menawarkan garansi toko saja. Perbedaan yang mendasar adalah masalah layanan purnajual nantinya. Garansi resmi biasanya menyediakan tenaga teknisi yang khusus disediakan serta dipersiapkan oleh sebuah produsen laptop.

Di samping itu, ketersediaan lokasi service center biasanya juga lebih banyak, bahkan ada brand laptop yang memberikan garansi internasional, yang berarti bisa diklaim di seluruh dunia.

Itulah lima tips membeli laptop baru seperti yang telah dijabarkan di atas. Semoga ulasannya mudah dipahami dan dimengerti. Kalau Anda memiliki poin tambahan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah.