Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Perbedaan iPhone Inter dan iBox
Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Belakangan ini Netizen makin penasaran mengenai apa sih Perbedaan iPhone Inter dan iBox? Ya, keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup berpengaruh pada pengguna. Apalagi terkait kebijakan pemerintah terkait beredarnya HP ilegal di Indonesia.

Sejak 2020 lalu, pemerintah menerapkan kebijakan untuk memblokir IMEI iPhone Inter diblokir. Karena memang iPhone Inter termasuk ilegal dan tidak terdaftar IMEI nya di data base kemenperin.

Sejak diberlakukannya, pemblokiran IMEI HP ilegal dilakukan secara bertahap. Jadi tak heran kalau baru belakangan ini banyak iPhone Inter yang kena “begal IMEI”. Ya, istilah ini sering dipakai Netizen untuk iPhone yang terblokir IMEI nya. Jadi jangan kaget kalau sebelumnya HP Inter kamu aman-aman saja, tapi sekarang malah tidak ada sinyalnya.

Hilangnya sinyal akibat IMEI diblokir Kemenperin memang sangat mengganggu penggua. Bagaimana tidak, yang namanya Telepon Seluler atau Mobile Phone tentunya harus bisa menangkap jaringan sinyal operator.

iPhone Wifi Only jadi alternatif bagi perangkat yang sinyalnya hilang karena pemblokiran IMEI. Tapi ini bukanlah sebuah solusi. Karena iPhone jadi sangat terbatas, harus terhubung jaringan Wifi kalau ingin bisa dipakai.

iPhone Inter dan iBox

iPhone Inter dan iBox
iPhone Inter dan iBox

Secara umum, mungkin kita bisa mengatakan bahwa ada 2 jenis iPhone yang beredar di Indonesia berdasarkan legalitasnya yakni iPhone ilegal dan resmi (legal). Kalau iPhone ilegal biasanya tidak ada garansi, seperti iPhone inter misalnya. Adapun beberapa digaransi oleh distributor yang tidak resmi. Sedangkan iPhone resmi, sudah jelas didistribusikan dan diberi garansi oleh distributor resmi.

BACA JUGA:  Apa itu Virus Trojan

Sebelum lanjut ke perbedaan iPhone Inter dan iBox, untuk lebih spesifik masing-masing akan kita bahas pada pembahasan dari keduanya berikut ini.

Apa itu iPhone Inter?

iPhone Inter - Perbedaan iPhone Inter dan iBox
iPhone Inter – Perbedaan iPhone Inter dan iBox

iPhone Inter adalah istilah untuk produk iPhone yang berasal dari luar negeri dan beredar di pasar smartphone Indonesia secara bebas. Bukannya Apple memang dari Amerika? Betul, tapi yang dimaksud di sini adalah produk dari luar yang masuk tanpa izin.

Di artikel sebelumnya, iPhone Ex Inter Artinya Apa sih?, kita sudah membahas secara lengkap mengenai iPhone Inter. Ada beberapa jenis yang bisa kita sebut sebgai iPhone Inter. Yang mungkin kalau kamu sudah baca, sekilas kamu bisa tahu mengenai perbedaan iPhone Inter dan iBox.

Yang pertama adalah iPhone masuk ke Indonesia secara ilegal, tanpa melalui prosedur import yang ada. Barang seperti ini memang banyak dipasarakan, bahkan kita bisa dengan mudah menemukannya di e-commerce seperti Shopee ataupun Tokopedia. Biasanya penjual menggunakan Istilah iPhone Garansi Internasional, iPhone Ex Inter, bahkan ada yang menyebut garansi distributor.