Perbedaan iPhone Inter dan iBox
Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Belakangan ini Netizen makin penasaran mengenai apa sih Perbedaan iPhone Inter dan iBox? Ya, keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup berpengaruh pada pengguna. Apalagi terkait kebijakan pemerintah terkait beredarnya HP ilegal di Indonesia.

Sejak 2020 lalu, pemerintah menerapkan kebijakan untuk memblokir IMEI iPhone Inter diblokir. Karena memang iPhone Inter termasuk ilegal dan tidak terdaftar IMEI nya di data base kemenperin.

Sejak diberlakukannya, pemblokiran IMEI HP ilegal dilakukan secara bertahap. Jadi tak heran kalau baru belakangan ini banyak iPhone Inter yang kena “begal IMEI”. Ya, istilah ini sering dipakai Netizen untuk iPhone yang terblokir IMEI nya. Jadi jangan kaget kalau sebelumnya HP Inter kamu aman-aman saja, tapi sekarang malah tidak ada sinyalnya.

Hilangnya sinyal akibat IMEI diblokir Kemenperin memang sangat mengganggu penggua. Bagaimana tidak, yang namanya Telepon Seluler atau Mobile Phone tentunya harus bisa menangkap jaringan sinyal operator.

iPhone Wifi Only jadi alternatif bagi perangkat yang sinyalnya hilang karena pemblokiran IMEI. Tapi ini bukanlah sebuah solusi. Karena iPhone jadi sangat terbatas, harus terhubung jaringan Wifi kalau ingin bisa dipakai.

iPhone Inter dan iBox

iPhone Inter dan iBox
iPhone Inter dan iBox

Secara umum, mungkin kita bisa mengatakan bahwa ada 2 jenis iPhone yang beredar di Indonesia berdasarkan legalitasnya yakni iPhone ilegal dan resmi (legal). Kalau iPhone ilegal biasanya tidak ada garansi, seperti iPhone inter misalnya. Adapun beberapa digaransi oleh distributor yang tidak resmi. Sedangkan iPhone resmi, sudah jelas didistribusikan dan diberi garansi oleh distributor resmi.

Sebelum lanjut ke perbedaan iPhone Inter dan iBox, untuk lebih spesifik masing-masing akan kita bahas pada pembahasan dari keduanya berikut ini.

Apa itu iPhone Inter?

iPhone Inter - Perbedaan iPhone Inter dan iBox
iPhone Inter – Perbedaan iPhone Inter dan iBox

iPhone Inter adalah istilah untuk produk iPhone yang berasal dari luar negeri dan beredar di pasar smartphone Indonesia secara bebas. Bukannya Apple memang dari Amerika? Betul, tapi yang dimaksud di sini adalah produk dari luar yang masuk tanpa izin.

Di artikel sebelumnya, iPhone Ex Inter Artinya Apa sih?, kita sudah membahas secara lengkap mengenai iPhone Inter. Ada beberapa jenis yang bisa kita sebut sebgai iPhone Inter. Yang mungkin kalau kamu sudah baca, sekilas kamu bisa tahu mengenai perbedaan iPhone Inter dan iBox.

Yang pertama adalah iPhone masuk ke Indonesia secara ilegal, tanpa melalui prosedur import yang ada. Barang seperti ini memang banyak dipasarakan, bahkan kita bisa dengan mudah menemukannya di e-commerce seperti Shopee ataupun Tokopedia. Biasanya penjual menggunakan Istilah iPhone Garansi Internasional, iPhone Ex Inter, bahkan ada yang menyebut garansi distributor.

iPhone seperti ini dapat dikategorikan dalam HP ilegal. Yang mana perangkat masuk ke Indonesia secara ilegal tanpa izin. Tentu IMEI nya tidak terdaftar di data base Kemenperin dan akhirnya diblokir sehingga tidak muncul sinyal. Keamanan juga jadi salah satu perbedaan iPhone Inter dan iBox.

Jadi, kalau kita beli iPhone dari luar dan dan dipakai di Indonesia akan diblokir? Tidak, untuk pembelian oleh individu, pendaftaran perangkat bisa dilakukan dengan mudah. Prosedur lengkapnya bisa cek di Cara Daftar IMEI iPhone Inter.

Apa itu iPhone iBox?

iPhone iBox - Perbedaan iPhone Inter dan iBox 3
iPhone iBox – Perbedaan iPhone Inter dan iBox 3

iBox adalah diler resmi yang memiliki hak untuk mendistribusikan dan menjual produk-produk Apple. Jadi, iPhone iBox adalah salah produk Apple yang didistribusikan secara resmi oleh iBox.

Sebenarnya, iBox bukan satu-satunya diler resmi dari produk Apple di Indonesia. Ada juga beberapa distributor resmi lainnya seperti:

  • Digimap
  • Erafone
  • Story-Me
  • Me Galery

Mereka merupakan Authorized Store Apple yang mana produk-produk Apple nya tentu dijamin aman (resmi) dan original. Tapi memang, iBox lebih populer dibandingkan yang lainnya. Sehingga tidak sedikit yang mengganggap iPhone resmi itu ya cuma iBox. Padahal tidak loh, Gaes.

Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Nah, setelah memahami pengertian dari masing-masing produk, kini kita akan lanjut membahas mengenai apa saja sih perbedaan iPhone Inter dan iBox?

Tentu keduanya memiliki perbedaan. Beberapa diantar perbedaan iPhone Inter dan iBox ini sangat wajib kamu ketahui kalau kamu ingin membeli iPhone.

1. Garansi

Yang pertama, garansi menjadi hal yang sudah pasti menjadi beda antara iPhone Inter dan iPhone iBox. Seperti penjelasan tadi, iPhone merupakan diler resmi dari Apple. Sehingga untuk produk iPhone iBox, tentu diler yang menjadi penanggung jawab terkait layanan dan klaim garansi.

Kalau kamu beli iPhone iBox dan tiba-tiba ada kendala pada perangkat, selama masa garansinya masih berlaku kamu bisa langsung klaim melalui iBox. Tentunya ini akan lebih mudah karena gerai iBox sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Kalau kamu beli iPhone Inter, tentu tidak ada garansi resminya ya. Ketika pembelian, mungkin kamu hanya dapat garansi toko dari penjual. Durasinya juga tidak lama, biasanya hanya 1 minggu hingga 1 bulan saja. Memang, garansi yang diberikan untuk jaminan bahwa HP dalam kondisi normal dan tidak ada masalah.

Kalau beli iPhone resmi tapi dari luar? Kamu tetap dapat garansi dari diler resmi tempat kamu beli. Masalahnya, kalau mau klaim garansi tentu harus melalui diler tersebut. Yang artinya kalau beli di luar Indonesia, kamu harus kembali kesana untuk klaim garansi.

2. Kode Negara

Perbedaan iPhone Inter dan iBox berikutnya ada pada kode negara. Untuk iPhone iBox adalah produk yang secara resmi beredar di Indonesia. Oleh karena itu, kode region atau negaranya pasti menggunakan salah satu kode di bawah ini:

  • PA/A
  • ID/A
  • FE/A

Selain 3 kode di atas, bisa dipastikan perangkat adalah iPhone Inter yang berasal dari luar Indonesia.

Bagaimana cara cek kode negara iPhone? Mudah kok. Kamu bisa melihatnya di menu pengaturan, kemudian buka “about” atau “tentang ponsel”. Di sana terdapat berbagai informasi perangkat termasuk kode negara.

3. Harga

Selanjutnya perbedaan iPhone Inter dan iBox adalah pada harga. Sudah tentu ada selisih harga antara barang resmi dan ilegal. Kalau tidak, pasti konsumen akan lebih memilih yang resmi karena lebih aman dan jelas.

Untuk iPhone iBox sendiri dibanderol harga dengan lebih mahal. Selain karena adanya pajak sesuai aturan yang ada, produk resmi ini juga mendapatkan layanan after sales yang baik. Salah satunya seperti garansi, iPhone iBox lebih jelas garansinya. Bahkan kalaupun garansinya habis, service center basih bisa membantu untuk perbaikan. Harga jual kembali iPhone resmi juga relatif lebih tinggi.

Sedangkan iPhone Inter relatif lebih mudah. Meskipun tidak sampai setengah harga, tapi selisihnya lumayan lah. Alasan kenapa iPhone Inter lebih murah adalah tidak adanya pajak. Akan tetapi konsekuensinya barang masuk dalam kategori ilegal. Selain itu, garansi nya pun tidak jelas. Bahkan, mungkin kalau mau memperbaiki di service center akan ditolak.

Perbedan iPhone Inter dan iBox harga ini mungkin jadi alasan kenapa masih banyak orang yang memilih iPhone Inter. Padahal banyak resiko yang mungkin terjadi. Seperti salah satunya yang sekarang sedang booming, pemblokiran IMEI oleh Kemenperin.

4. Keamanan

Kalau ditanya bagus mana? Tentu keduanya sama-sama bagus. Tapi kalau urusan keamanan, tentu iPhone iBox karena resmi.

Buktinya, sekarang banyak pengguna iPhone Inter yang was-was IMEI nya diblokir. Hal ini dikarenakan kebijakan pemblokiran IMEI HP ilegal dilakukan secara bertahap.

Keamanan jadi salah satu perbedaan iPhone Inter dan iBox yang wajib kamu pahami kalau kamu ingin membeli iPhone.

Kesimpulan Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Secara umum, ada 3 perbedaan antara iPhone Inter dengan iBox. Yakni dari segi garansi, harga, dan juga kode negara. Ketiganya sudah kita bahas secara lengkap di atas.

Untuk garansi, jelas iBox lebih unggul. Karena jelas dan resmi, pelayanan tentu akan lebih baik ketika kita mengalami kendala suatu saat setelah membeli perangkat iPhone. Sedangkan untuk yang Inter, tidak ada garansi yang jelas. Kalau rusak, kita harus memperbaiki sendiri dengan membawanya ke tukang service atau reparasi HP.

Kalau untuk Cara Membedakan iPhone Inter dan iBox, paling mudah dengan kode negara. iPhone resmi termasuk iBox hanya akan menggunakan 3 kode region yang sudah kita sebutkan tadi. Diluar kode itu, berarti perangkat termasuk iPhone Inter yang ilegal.

Sedangkan dari segi harga, memang iPhone Inter lebih murah ketimbang iBox. Tapi ya banyak resiko yang harus diambil kalau kamu beli HP Ilegal. Mimin pribadi lebih menyarankan yang iBox kalau kamu mau beli iPhone ya, Sob.

FAQ Perbedaan iPhone Inter dan iBox

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan netizen terkait perbedaan iPhone Inter dan iBox. jagoangadget.com telah merangkum dan menjadwabnya secara singkat dengan penjelasan yang cukup jelas.

Apa kekurangan iPhone ex Inter?

Dari penjelasan mengenai perbedaan iPhone Inter dan iBox, mungkin kamu sudah bisa punya gambaran tentang apa yang jadi kekurangannya. Barang ilegal tentu tidak memiliki garansi yang jelas, sehingga akan sulit kalau terjadi kendala setelah kita membelinya.

Belum lagi kalau ada kebijakan dari pemerintah seperti pemblokiran IMEI untuk HP Ilegal. iPhone Ex Inter sebagai barang ilegal tentunya terdampak dengan penerapan aturan ini.

Kenapa beli di iBox lebih mahal?

iPhone iBox lebih mahal karena memang produk yang dijual merupakan produk resmi dan asli tentunya. Selain adanya garansi yang jelas (resmi), barang import memang dikenakan pajak sehingga harganya lebih mahal.

Perbedaan iPhone Inter dan iBox dari sisi harga memang cukup signifikan. Kebanyakan Netizen Indonesia, tentu menempatkan harga sebagai pertimbangan utama ketika membeli barang. Yang mana, dalam kasus ini iPhone Inter lebih murah.

Kenapa iPhone Inter murah?

iPhone Inter murah karena termasuk barang ilegal, barang blackmarket seperti ini sudah sewajarnya dibanderol harga yang lebih murah. Barang tidak kena pajak untuk bisa masuk dan dijual di Indonesia.

Perbedaan iphone Inter dan iBox dari harganya memang membuat kebanyakan orang lebih memilih iPhone Inter karena lebih murah. Tapi pastinya ada resiko-resiko yang tadi juga sudah kita bahas jika kita membeli barang ilegal.

Apa yang dimaksud iPhone Inter?

iPhone Inter adalah istilah untuk produk iPhone yang masuk ke Indonesia dan dijual tanpa melalui prosedur yang ada. Yang mana, produk elektronik seperti ini haruslah melewati prosedur sebelum bisa dipasarkan.

Untuk penjelasan lengkapnya sebenarnya sudah kita bahas di artikel sebelumnya dan link juga sudah kita sebutkan di atas. Tapi, secara singkat iPhone Inter adalah sebutan untuk iPhone blackmarket atau ilegal.