Ini 6 Penyebab HP Ngeblank yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab HP Ngeblank 1
Penyebab HP Ngeblank

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab HP Ngeblank. Sebelum mencari Cara Mengatasi HP Ngeblank, lebih baik kita mengetahui dulu apa yang jadi penyebabnya agar bisa ambil langkah yang tepat.

Ngeblank sendiri adalah kondisi di mana HP macet atau freeze sehingga tidak bisa diopersikan sama sekali. Untuk mengatasinya ada berbagai cara yang bisa dilakukan, tergantung dari apa yang jadi penyebab HP ngeblank.

Nah, berikut ini jagoangadget.com akan mengajak Sobat Gadget sekalian untuk membahas kira-kira apa saja sih yang membuat HP jadi ngeblank.

Apa Penyebab HP Ngeblank?

Ada beberapa faktor yang sering jadi penyebab HP ngeblank. Kebanyakan faktor dari sisi software alias perangkat lunak. Tapi ada juga HP blank yang sebabkan karena kendala hardware.

Penyebab HP Ngeblank
Penyebab HP Ngeblank

1. Kinerja HP terlalu berat

Salah satu hal yang sering menyebabkan HP ngelag atau bahkan sampai ngeblank adalah HP dipaksa untuk bekerja terlalu berat. Pengguna memaksa HP untuk membuka aplikasi yang besar atau berat. Seperti game atau aplikasi editing video misalnya.

Karena tak sanggup menjalankan aplikasi berat tersebut, HP jadi lag hingga blank. Tidak cuma lemot, tak jarang pengguna harus merestart ulang perangkat agar bisa berjalan lagi.

2. HP Terlalu Panas

Masih berkaitan dengan kinerja yang berat. Biasanya suhu HP akan meningkat ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat, terutama game. Selain mesin yang bekerja keras, layar juga dipaksa untuk terus menyala sehingga HP pun jadi panas.

BACA JUGA:  Layak Untuk Dibeli? Xiaomi Redmi Note 6 Pro Spesifikasi dan Harga

Baca juga: Penyebab HP Cepat Panas

Jika suhu sudah terlalu tinggi, tak jarang HP akan jadi lemot bahkan sampai macet dan tidak bisa dioperasikan sama sekali. Ini juga bisa disebut sebagai HP ngeblank.

3. Sistem Error

Penyebab HP Ngeblank berikutnya adalah kesalahan yang terjadi pada sistem. Kesalahan ini sendiri juga disebabkan berbagai hal, seperti misal:

  • Bug pembaruan sistem
  • Virus
  • Malware
  • Aplikasi Ilegal

Kalau disebabkan karena bug dari pengembang sistem, solusi untuk mengatasinya ya tunggu ada perbaikan dari server. Tapi kalau penyebab HP ngeblank karena virus atau malware, solusinya harus menghapus file yang terindikasi berbahaya.

Kebanyakan pengguna secara tidak sengaja mengunduh virus karena instal aplikasi ilegal dari sumber yang tak dikenal. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati memilih website download aplikasi ya, guys. Kalau kamu cari aplikasi mod atau semacamnya, mimin bisa merekomendasikan reviewaplikasi.com.

4. Penyimpanan Terlalu Penuh

Memori yang terlalu banyak menyimpan data bisa jadi penyebab HP ngeblank, baik internal maupun eksternal. Biasanya pengguna cewek nih yang menyimpan foto selfie terlalu banyak. Apalagi kalau kamera HP nya bagus, ukuran foto juga tentu jadi lebih besar.

Selain itu, terkadang orang juga tak sadar menyimpan file yang tidak terlalu penting, yakni cache. Sebenarnya berguna sih, tapi kalau dihapus pun tidak masalah. Bisa buat ruang penyimpanan jadi lebih lega. Cek selengkapnya di Apa itu Cache?

Kamu bisa pakai aplikasi tambahan untuk memantau kapasitas penyimpanan HP kamu. Aplikasi cleaner akan merekomendasikan file-file yang tidak begitu penting untuk dihapus. Dengan sekali klik, kamu bisa membuat memori jadi lebih lega.

5. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Banyaknya aplikasi terinstal bisa membuat HP jadi lemot, apalagi aplikasi yang selalu berjalan ketika HP aktif. Aplikasi semacam ini bisa menjadi penyebab HP ngeblank.

BACA JUGA:  Cara Jitu Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi

Pertimbangkan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Kamu bisa memantau aplikasi berjalan di fitur “Recent Apps“, aplikasi yang belakangan dibuka. Untuk mengakses fitur ini setiap merk HP memiliki cara yag berbeda.

Misal pada HP Xiaomi, ada 2 pilihan untuk mengakses fitur tersebut. Kalau kamu mengaktifkan soft button, ada tombol yang bisa diakses untuk membuka recent apps. Kalau tidak, kamu bisa mengusap atau swipe layar hp dari bawah ke atas.

6. Kerusakan Hardware

Nah, kalau penyebab HP ngeblank satu ini mending kamu serahkan ke ahlihnya deh. Kerusakan hardware bisa menyebabkan HP sering ngeblank.

Biasanya komponen seperti IC CPU, RAM, dan lainnya yang terkait sistem akan mempengaruhi performa HP jika terjadi kerusakan. HP bisa ngelag, ngeblank, bahkan sampai matot alias mati total.

Lebih baik kamu membawa HP ke tempat service HP untuk mengatasi masalah seperti ini. Lebih direkomendasikan ke service center ya, gaes. Kalau ada garansinya kan lumayan tuh bisa servis gratis.

Akhir Kata

Jadi, dari beberapa penyebab HP ngeblank yang kita bahas di atas kamu bisa menentukan apa langkah yang tepat untuk mengatasinya. Tapi sebenarnya akan lebih baik untuk mencegah daripada mengatasi. Cek artikel Cara Merawat HP yang Baik, mungkin bisa membantu.