Aplikasi Payroll, Solusi Lebih Akurat Penggajian

Aplikasi Payroll – Sudah sangat ketinggalan jaman apabila masih ada perusahaan yang belum menggunakan sistem penggajian online di era teknologi sekarang ini. Adanya aplikasi penggajian tentu memudahkan perusahaan khususnya HRD dalam menjalankan proses penggajian.

Terlebih saat ini perusahaan sudah harus bisa beradaptasi dengan transisi sistem kerja konvensional ke ‘new normal’ yang akan berdampak pada peningkatan beban kerja HRD. Persoalannya, bagaimana perusahaan menyesuaikan manajemen absensi dan alokasi karyawan hingga proses penggajian.

Dengan sistem yang lebih kompleks, tugas HRD dalam mengelola SDM di perusahaan dihadapkan dengan fleksibilitas ruang serta waktu kerja karyawan dan sistem gaji yang tidak sesederhana seperti sebelumnya.

Untuk itu diperlukan solusi yang tepat agar dapat meningkatkan efisiensi tugas HRD, yakni menggunakan aplikasi payroll online.

Aplikasi Payroll, Solusi Penggajian

aplikasi payroll

Aplikasi payroll adalah salah satu pemanfaatan teknologi yang dirancang khusus untuk menyederhanakan sistem penggajian. Mengingat ada perubahan dari cara bekerja karyawan maka proses perhitungan gaji pun harus ikut berubah. HR harus bisa beradaptasi dengan pola karyawan yang bekerja tanpa harus datang ke kantor dan dapat bekerja secara fleksibel. Hal ini akan berdampak pada sistem absensi dan pencatatan kehadiran karyawan.

Aplikasi payroll menawarkan solusi yang mencakup beberapa hal, diantaranya adalah:

Rekapitulasi Komponen Gaji yang Mudah

Dengan memanfaatkan teknologi komputasi, memungkinkan HRD untuk merekap data komponen gaji lebih akurat dan tertata. Sehingga tidak perlu lagi proses double entry yang memakan waktu lama. Tentu saja kemudahan ini membuat pekerjaan HRD lebih efisien.

Kalkulasi Gaji Dijalankan Secara Otomatis

Pada aplikasi payroll, kalkulasi gaji jadi lebih mudah karena dapat dijalankan secara otomatis sesuai dengan entry data. HR tidak perlu lagi berlama-lama menunggu rekapan data kehadiran karyawan untuk digunakan dalam proses menghitung besaran gaji karyawan. Sebab, prosesnya sudah bisa dikelola otomatis oleh aplikasi.

Transfer Gaji Lebih Cepat

Aplikasi payroll juga membantu perusahaan untuk mempercepat proses pembayaran ke karyawan. Tidak ada lagi kata terlambat dalam proses pembayaran dan status pembayarannya bisa dipantau oleh HR secara real time.

Sementara itu, secara umum proses membuat payroll adalah:

  • Mengumpulkan data-data yang masuk termasuk dalam penggajian, seperti catatan kehadiran dan jumlah jam lembur.
  • Hitung setiap komponen gaji, mulai dari gaji, tunjangan tetap, bonus, THR, serta membuat daftar gaji karyawan. Apabila perusahaan memberikan tunjangan pajak kepada karyawannya, maka harus dihitung terlebih dahulu besaran tunjangan PPh 21.
  • Selanjutnya bikin formulir slip gaji dan hitung take home pay karyawan setelah dipotong pajak PPh 21 dan iuran BPJS.
  • Pembayaran gaji karyawan bisa secara langsung atau melalui pihak bank.

Anda bisa menemukan solusi terbaik untuk proses penggajian dengan menggunakan aplikasi payroll LinovHR. Aplikasi penggajian LinovHR sudah terintegrasi dengan aplikasi absensi online sehingga memudahkan HRD mengolah juga data kehadiran selama waktu kerja.

LinovHR juga membantu perusahaan dalam mengelola karyawan mulai dari kehadiran, pembagian tugas kerja, hingga mengevaluasi performa karyawan. LinovHR bisa jadi one stop solution karena dirancang berdasarkan paradigma cara bekerja yang baru.

Dengan satu software, HR bisa memanfaatkan sejumlah tools produktivitas yang disediakan, seperti aplikasi payroll, absensi online, performance management, reimbursement online, hingga learning & development. Harapannya, tugas HR akan semakin produktif dan tidak merasa terbebani.

Untuk informasi lanjut, Anda bisa kunjungi situs LinovHR dan lihat modul-modul terbaiknya. Yuk, jadwalkan demonya sekarang juga!

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓