Peluang Kerja Sebagai Developer di Era Digital

Peluang Kerja Sebagai Developer – Kalau ngomong soal peluang kerja, tentunya di zaman yang serba canggih ini ada lebih banyak. Terutama di bidang digital, karena hampir semua aktivitas kita dilakukan dengan berbasis digital.

Salah satu profesi yang sangat dibutuhkan saat ini adalah Developer. Menurut catatan yang ada, kebutuhan akan seorang Developer di tahun 2021 lalu meningkat sebesar 22%. Angka ini bisa membuktikan bahwa peluang kerja sebagai Developer menjanjikan.

Nah, pada artikel kali ini jagoangadget.com akan membahas mengenai Apa itu Developer? Bagaimana cara jadi developer? Dan apa saja sih kerjaannya?

Apa itu Developer?

Secara singkat, peluang kerja sebagai Developer adalah sebuah pekerjaan yang tugasnya mendesain sebuah layanan ataupun produk ke dalam sebuah perangkat lunak, meliputi aplikasi, software, hingga website.

Seorang Developer memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Phyton, dan lainnya. Dengan keahlian ini, Developer mampu menciptakan perangkat lunak dan menuangkan sebuah produk ataupun layanan didalamnya.

Tidak hanya sekedar membuat perangkat lunak, seorang developer juga harus bisa membuat desain perangkat lunak yang mudah diakses oleh pengguna.

Developer juga bertanggungjawab untuk pemeliharaan dari perangkat lunak yang dibuatnya. Meliputi pembaruan sistem (update), perbaikan bug, dan lainnya.

Pembuatan sebuah perangkat lunak biasanya dilakukan dalam sebuah tim yang terdiri dari beberapa Developer. Masing-masing memiliki keahlihan pada sektor yang berbeda seperti pada UI (tampilan), UX (Fungsi/Fitur), keamanan, dan sebagainya.

Apa itu Developer
Peluang Kerja sebagai Developer

Kategori Developer

Oleh karena itu, umumnya peluang kerja sebagai Developer bisa dibagi dalam 3 kategori, yaitu:

1. Front-End Developer

Ialah seorang yang memiliki tugas menjabarkan konsep dari sebuah produk atau layanan ke dalam sebuah perangkat lunak yang akan diciptakan. Sehingga nantinya perangkat lunak bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

Seorang Front-End Developer wajib menguasai 3 bahasa pemrograman dasar, antara lain:

  • HTML
  • CSS
  • Javascript

Secara garis besar, Developer ini harus mampu menuangkan sebuah konsep ke dalam kode-kode pemrograman sehingga menjadi sebuah perangkat lunak.

Selain 3 bahasa pemrograman di atas, akan lebih baik jika seorang Front-End Developer menguasai lainnya. Sehingga mampu mendesain hal-hal yang lebih rumit dalam pembuatan perangkat lunak.

2. Back-End Developer

Sedangkat Back-End Developer bertanggungjawab terkait kebutuhan server. Penyimpanan data online untuk kinerja perangkat lunak yang akan diciptakan.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓