Nikah Siri Klaten, Pandangan Majelis Ulama dan Hukumnya

Nikah Siri jagoangadget
Nikah Siri jagoangadget.com

Nikah Siri ialah pernikahan yang tengah dilakukan menurut rukun Nikah dalam Islam, akan tetapi tak dicatat di Kantor Masalah Agama (KUA) atau petugas pencatat nikah (PPN), secara klandestin, klandestin.  trik rahasia dan tertutup. sebelumnya pemberitaan dibikin.

Nikah siri klaten ini umumnya dilaksanakan oleh anggota penduduk yang ingin berpoligami atau mau beristri lebih satu.

Menurut hukum Islam, poligami tersebut diizinkan akan tetapi tak menentukan syarat apapun,

terkecuali peringatan: “Apa Anda sangat percaya poligami dengan Nikah secara Siri itu adil, lantaran keadilan begitu susah?

Sementara itu dalam hukum positif Indonesia, ijin poligami bisa diberi oleh pengadilan agama jikalau argumen suami udah disanggupi

jasa nikah siri klaten bisa dikira syah dari sisi agama, tapi kadang ini difungsikan oleh beberapa pihak yang tak memikul tanggung jawab sebab ketidakpahaman faksi wanita,

maka dari itu suami kerap kali terlepas dari tanggung-jawab jadi suami lantaran perkawinannya tidak syah secara hukum.

Nikah Sirih

1. Artian Nikah Siri Yang Benar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata nikah siri diketemukan dengan huruf “r” yakni nikah secara siri) dan menurut Islam syah.

“Menurut ulama Hanafi serta Syafi’iah, nikah dengan sistem siri ialah nikah yang terjadi tanpa ada saksi”, apabila datang 2 orang saksi, masalah ini tak termaksud dalam artian nikah secara siri.

Ibnu Rusy menyampaikan kalau beberapa ulama dari mazhab Hanafi serta Syafi’i bicara dengan hadits Nabi SAW yang mengatakan: “Pernikahan ini tidak resmi tiada wali dan 2 orang saksi yang saleh.”

BACA JUGA:  Benar Aplikasi MiChat untuk BO? Ini Penyebab dan Alasannya

Selanjutnya, ulama Maliki menjelaskan jika nikah secara siri secara automatic dipandang faskh atau menghancurkan posisi

perkawinan, manalagi bila tidak ada dengan cepat.

Perihal ini tidak sama dengan saran Ibnu Al Hajib masih berkata kalau meskipun nikah secara siri telah ada lama dan berlangsung contact seksual di antara lelaki dan wanita dalam nikah siri ini, harus dirasa hancur.

Sementara itu menurut ulama Maliki, nikah dengan cara siri merupakan nikah yang tak disiarkan, walau sudah dilihat.

Tapi di dalam perihal ini Nikah Siri pula disuruh datangnya saksi biar tak perpanjang nikah dengan hukum siri pada penduduk umum

2. Hukum Nikah Siri Menurut Fiqih Kajian MUI

Nikah siri menurut hukum Islam yaitu resmi bila penuhi rukun dan syarat dasar nikah yang resmi, kendati tidak dicatat.