Dijamin Berhasil! Cara Menyalin Folder Google Drive di Android!

Cara Menyalin Folder Google Drive di Android
Cara Menyalin Folder Google Drive di Android

Google Drive telah menjadi salah satu alat penyimpanan awan paling populer dan kuat. Kemampuannya untuk menyimpan berbagai jenis file dalam folder dan subfolder membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna. Namun, ada kalanya Anda mungkin perlu menyalin seluruh folder beserta isinya. Baik itu untuk tujuan cadangan, kolaborasi, atau pengaturan ulang, langkah-langkah Menyalin Folder Google Drive di bawah ini akan membantu Anda menyelesaikan tugas tersebut.

Cara Menyalin Folder Google Drive di Android
Cara Menyalin Folder Google Drive di Android

 

Cara Menyalin Folder Google Drive di Android

Langkah 1: Buka Aplikasi Google Drive

Buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah login ke akun Google yang terkait dengan folder yang ingin Anda salin.

 

Langkah 2: Temukan Folder yang Akan Disalin

Setelah Anda membuka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda, langkah berikutnya adalah menemukan folder yang ingin Anda salin. Google Drive memungkinkan Anda untuk mengorganisir berbagai file Anda dalam folder dan subfolder, sehingga Anda perlu menemukan folder yang tepat sebelum melanjutkan proses penyalinan.

Berikut adalah cara untuk menemukan folder yang ingin Anda salin:

  1. Buka Aplikasi Google Drive: Buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Google yang terhubung dengan Google Drive Anda.
  2. Navigasi Melalui Folder: Di layar utama Google Drive, Anda akan melihat daftar folder dan file yang ada. Geser layar atau gulir ke atas dan ke bawah untuk menjelajahi daftar ini.
  3. Cari Folder yang Tepat: Temukan folder yang ingin Anda salin dari daftar ini. Jika folder tersebut terletak dalam subfolder, Anda mungkin perlu membuka subfolder tersebut untuk menemukan folder yang diinginkan.
  4. Tekan dan Tahan Folder: Setelah Anda menemukan folder yang ingin Anda salin, tekan dan tahan folder tersebut. Tahan tekan beberapa saat hingga Anda melihat tanda centang atau tanda seleksi muncul di sebelah folder.
  5. Folder Terpilih: Ketika Anda melihat tanda centang atau tanda seleksi di sebelah folder, itu berarti bahwa Anda telah berhasil memilih folder yang ingin Anda salin. Folder ini siap untuk diambil tindakan selanjutnya.

Pastikan Anda telah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya. Setelah Anda memilih folder yang ingin Anda salin, Anda siap untuk membuka menu opsi dan memilih opsi “Salin ke…” untuk melanjutkan proses penyalinan folder di Google Drive Anda.

 

Langkah 3: Pilih Folder

Setelah Anda membuka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda, langkah berikutnya adalah memilih folder yang ingin Anda salin. Proses ini melibatkan menemukan folder yang tepat di antara daftar folder yang ada dalam akun Google Drive Anda.

Berikut adalah cara untuk memilih folder yang ingin Anda salin:

  1. Jelajahi Struktur Folder: Geser layar atau gulir ke atas dan ke bawah untuk menjelajahi struktur folder di Google Drive Anda. Anda dapat melihat semua folder dan subfolder yang telah Anda buat.
  2. Temukan Folder yang Ingin Disalin: Cari folder yang ingin Anda salin. Jika folder tersebut ada dalam subfolder, pastikan Anda masuk ke subfolder yang tepat.
  3. Tekan dan Tahan Folder: Setelah Anda menemukan folder yang ingin Anda salin, tekan dan tahan folder tersebut. Setelah Anda menahan folder, Anda akan melihat tanda centang atau tanda seleksi di sebelah folder tersebut.
  4. Folder Terpilih: Ketika Anda melihat tanda centang atau tanda seleksi di sebelah folder, itu berarti bahwa folder tersebut telah dipilih untuk diambil tindakan selanjutnya.
BACA JUGA:  Hemat Ruang Penyimpanan dengan 5 Aplikasi Kompres PDF Terbaik di Android!

Memilih folder dengan benar adalah langkah penting dalam proses penyalinan folder di Google Drive. Pastikan Anda telah memilih folder yang sesuai sebelum melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya dalam proses ini. Setelah folder terpilih, Anda siap untuk membuka menu opsi dan melanjutkan ke langkah selanjutnya dalam penyalinan folder.

 

Langkah 4: Buka Menu Opsi

Setelah Anda berhasil memilih folder yang ingin Anda salin, langkah berikutnya adalah membuka menu opsi di aplikasi Google Drive Anda. Menu opsi ini akan memberikan Anda akses ke berbagai pilihan tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mengelola folder dan file Anda.

Anda dapat menemukan ikon menu opsi di bagian bawah layar pada aplikasi Google Drive. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuka menu opsi:

  1. Lihatlah bagian bawah layar perangkat Anda.
  2. Cari ikon tiga titik vertikal. Biasanya, ikon ini terletak di sudut kanan bawah atau bawah folder yang Anda pilih.
  3. Ketuk ikon tiga titik vertikal untuk membuka menu opsi.

Setelah Anda berhasil membuka menu opsi, Anda akan melihat sejumlah opsi yang tersedia untuk Anda pilih. Salah satu pilihan yang akan Anda cari adalah “Salin ke…”, yang akan memungkinkan Anda untuk melanjutkan proses penyalinan folder yang Anda pilih.

Dalam menu opsi ini, Anda juga mungkin menemukan berbagai opsi lain yang berkaitan dengan berbagi, memindahkan, mengunduh, atau menghapus file dan folder. Pilih dengan hati-hati opsi yang sesuai dengan tugas yang ingin Anda lakukan. Setelah Anda berhasil memilih opsi “Salin ke…”, Anda akan diarahkan ke langkah berikutnya dalam proses penyalinan folder di Google Drive di perangkat Android Anda.

Langkah 5: Pilih Opsi “Salin ke…”

Setelah Anda berhasil memilih folder yang ingin Anda salin, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Salin ke…”. Opsi ini akan memulai proses penyalinan folder beserta isinya ke lokasi yang Anda tentukan di Google Drive.

Untuk memilih opsi ini, lihatlah bagian bawah layar pada aplikasi Google Drive Anda. Di sana, Anda akan melihat ikon tiga titik vertikal yang merupakan ikon menu opsi. Sentuh ikon ini untuk membuka menu opsi lanjutan.

Setelah menu opsi terbuka, Anda akan melihat beberapa pilihan yang tersedia. Cari dan pilih opsi “Salin ke…”. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di antara pilihan yang berkaitan dengan berbagi, memindahkan, atau mengunduh file.

Setelah Anda memilih opsi “Salin ke…”, Anda akan diarahkan ke langkah berikutnya di mana Anda dapat memilih lokasi tujuan di mana Anda ingin menyalin folder. Ini adalah langkah penting dalam proses penyalinan folder di Google Drive di perangkat Android Anda. Setelah Anda berhasil memilih lokasi tujuan, Anda siap untuk melanjutkan ke langkah-langkah selanjutnya dalam proses ini.

BACA JUGA:  Aplikasi Tidak Bisa di Instal? Inilah Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi di HP Android!

 

Langkah 6: Navigasi ke Lokasi Tujuan

Setelah Anda memilih opsi “Salin ke…” pada langkah sebelumnya, Anda akan diarahkan ke jendela navigasi file di aplikasi Google Drive Anda. Jendela ini akan menampilkan struktur folder dan subfolder yang ada di Google Drive Anda.

Untuk memilih lokasi tujuan di mana Anda ingin menyalin folder, Anda perlu melakukan navigasi melalui struktur folder. Anda dapat melihat daftar folder dengan menggesekkan layar ke atas dan ke bawah. Jika Anda memiliki banyak folder, Anda juga dapat menggunakan fungsi pencarian di bagian atas layar untuk dengan cepat mencari folder tertentu.

Ketika Anda telah menemukan folder yang ingin Anda jadikan sebagai tujuan penyalinan, sentuh folder tersebut. Anda akan melihat tanda centang atau tanda seleksi yang menunjukkan bahwa folder tersebut telah dipilih sebagai lokasi tujuan.

Jika Anda ingin menempatkan folder salinan di dalam subfolder tertentu, Anda dapat membuka subfolder tersebut dengan mengetuknya. Lanjutkan dengan memilih folder yang sesuai sebagai lokasi tujuan. Pastikan Anda telah memilih lokasi dengan hati-hati untuk memastikan bahwa folder salinan akan ditempatkan dengan benar sesuai keinginan Anda.

Setelah Anda selesai memilih lokasi tujuan, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menyelesaikan proses penyalinan folder di Google Drive di perangkat Android Anda.

 

Langkah 7: Pilih Lokasi Tujuan

Setelah Anda memilih folder yang ingin Anda salin, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi di mana Anda ingin menyalin folder tersebut. Dalam jendela navigasi file yang muncul, Anda dapat menjelajahi struktur folder di Google Drive Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menempatkan folder salinan sesuai dengan pengaturan yang Anda inginkan.

Telusuri melalui daftar folder dan subfolder di Google Drive Anda hingga Anda menemukan lokasi yang tepat untuk menempatkan folder salinan. Jika Anda ingin membuat folder baru sebagai lokasi tujuan, Anda juga dapat melakukannya dengan mudah. Tekan dan tahan tempat di mana Anda ingin membuat folder baru, lalu pilih opsi “Buat Folder Baru”.

Setelah Anda memilih lokasi tujuan yang sesuai, Anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dan menyelesaikan proses penyalinan folder

 

Langkah 8: Selesai!

Setelah Anda memilih lokasi tujuan dan menekan tombol “Selesai” atau ikon centang, proses penyalinan akan dimulai. Google Drive akan segera mulai menyalin semua file dan subfolder dari folder asli ke lokasi baru yang Anda tentukan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses ini tergantung pada ukuran folder dan kecepatan koneksi internet Anda.

Pastikan untuk tetap menjaga koneksi internet yang stabil selama proses penyalinan berlangsung. Jika Anda perlu menghentikan proses penyalinan, Anda dapat menekan tombol “Batal” untuk membatalkannya. Setelah penyalinan selesai, Anda akan melihat folder baru dengan semua isi yang sama seperti folder aslinya.

Sekarang Anda telah berhasil Menyalin Folder Google Drive menggunakan perangkat Android Anda. Langkah-langkah tersebut memastikan bahwa Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengelola file Anda di dalam Google Drive, memberi Anda fleksibilitas untuk melakukan cadangan, berkolaborasi, dan mengatur ulang file sesuai kebutuhan Anda.

BACA JUGA:  Kesal dengan Iklan? Simak 6 Cara Menghilangkan Iklan di Android!

 

Tips Tambahan untuk Penggunaan Google Drive di Android

Selain dari langkah-langkah di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda dalam menggunakan Google Drive di perangkat Android:

Menyimpan secara Otomatis melalui Foto

Jika Anda ingin menyimpan foto dan video dari perangkat Android secara otomatis ke Google Drive, aktifkan opsi “Backup & Sinkronisasi” dalam aplikasi Google Drive. Ini akan memudahkan Anda dalam menjaga salinan cadangan foto dan video penting.

Mengatur Akses Berbagi

Anda dapat dengan mudah berbagi folder yang telah Anda salin dengan orang lain. Tekan dan tahan folder yang ingin Anda bagikan, lalu pilih opsi “Bagikan”. Anda dapat mengatur izin akses untuk setiap orang yang Anda undang.

Menggunakan Aplikasi Google Drive Lainnya

Google Drive adalah bagian dari ekosistem Google yang luas. Anda juga dapat mengakses file Anda melalui aplikasi Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengedit dokumen langsung dari Google Drive.

Mengatur Folder dengan Label dan Warna

Anda dapat memberikan label dan mengubah warna folder di Google Drive untuk membantu Anda mengenali dan mengatur file dengan lebih baik. Tekan dan tahan folder, lalu pilih opsi “Ubah warna” atau “Tambahkan label”.

Menggunakan Mode Offline

Aplikasi Google Drive memungkinkan Anda untuk mengakses file dalam mode offline.

Cara Menyalin Folder Google Drive di Android
Cara Menyalin Folder Google Drive di Android

 

FAQ – Cara Menyalin Folder Google Drive di Android

  1. Apakah proses ini menghapus folder asli di Google Drive? Tidak, proses ini hanya menyalin folder tanpa menghapus yang asli.
  2. Dapatkah saya Menyalin Folder Google Drive ke akun Google Drive lainnya? Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di aplikasi Google Drive untuk Android. Anda perlu melakukan proses serupa di versi web.
  3. Apakah saya dapat Menyalin Folder Google Drive sekaligus? Ya, Anda dapat memilih beberapa folder dengan menekan dan menahan salah satu folder, lalu memilih yang lainnya.
  4. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyalin folder? Waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran folder dan kecepatan koneksi internet Anda.
  5. Apakah saya perlu terus mempertahankan koneksi internet selama proses ini? Ya, Anda perlu menjaga koneksi internet agar proses penyalinan berjalan lancar.
  6. Dapatkah saya menggagalkan proses penyalinan? Anda dapat membatalkan proses penyalinan dengan menekan tombol “Batal” selama proses berlangsung.
  7. Apakah file yang ada di dalam folder juga akan disalin? Ya, saat Anda menyalin folder, semua file dan subfolder di dalamnya akan disalin juga.
  8. Bisakah saya menggunakan fitur ini untuk memindahkan folder? Fitur ini hanya menyalin folder. Jika Anda ingin memindahkan, Anda harus menghapus folder asli setelah menyelesaikan penyalinan.
  9. Apakah ada batasan ukuran folder yang dapat saya salin? Google Drive memiliki batasan ukuran untuk file dan folder. Pastikan ukuran folder tidak melebihi batasan tersebut.
  10. Dapatkah saya menyalin folder ke penyimpanan internal perangkat saya? Tidak, proses ini hanya berlaku untuk menyalin folder di Google Drive.

 

Kesimpulan

Dengan langkah-langkah yang jelas di atas, Anda sekarang dapat dengan mudah menyalin folder di Google Drive menggunakan perangkat Android Anda. Ingatlah untuk selalu memastikan koneksi internet yang stabil untuk memastikan proses berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola file di Google Drive Anda!