Bosan dengan Suara Google? Inilah Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android
Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Google Assistant adalah asisten virtual yang sangat berguna, tetapi mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda ingin menonaktifkannya di perangkat Android Anda. Mungkin Anda lebih suka menggunakan asisten lain atau ingin meningkatkan privasi Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menonaktifkan Google Assistant di perangkat Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android
Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

 

Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu Google Assistant. Google Assistant adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Google. Ini adalah perangkat lunak cerdas yang dapat membantu Anda melakukan berbagai tugas, seperti mencari informasi, mengirim pesan, dan mengontrol perangkat di rumah Anda.

Langkah 1: Buka Pengaturan

Langkah pertama dalam proses menonaktifkan Google Assistant adalah membuka menu Pengaturan di perangkat Android Anda. Berikut adalah panduan lengkapnya:

Buka Aplikasi Pengaturan

  • Untuk membuka Pengaturan, Anda perlu kembali ke layar beranda atau tampilan utama perangkat Android Anda.
  • Carilah dan ketuk ikon yang biasanya terlihat seperti gigi roda atau ikon pengaturan. Ikonya mungkin berbeda-beda tergantung pada merek dan model perangkat Android Anda.
  • Ketika Anda mengetuk ikon pengaturan, ini akan membuka menu Pengaturan di perangkat Anda.

Pilih Opsi “Aplikasi & Pemberitahuan”

  • Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, periksa daftar opsi yang tersedia. Biasanya, Anda akan menemukan opsi yang disebut “Aplikasi & Pemberitahuan” atau serupa. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.
  • Menu “Aplikasi & Pemberitahuan” akan memberikan Anda akses ke berbagai pengaturan terkait dengan aplikasi dan pemberitahuan di perangkat Anda.

 

Langkah 2: Kelola Aplikasi

Setelah Anda membuka menu “Aplikasi & Pemberitahuan” seperti yang dijelaskan dalam langkah-langkah sebelumnya, langkah berikutnya adalah mengelola aplikasi yang terhubung dengan Google Assistant. Ini termasuk menonaktifkan perizinan mikrofon dan kamera yang dibutuhkan oleh Google Assistant. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

Pilih “Lihat Semua Aplikasi”

  • Di dalam menu “Aplikasi & Pemberitahuan,” cari dan ketuk opsi yang berlabel “Lihat Semua Aplikasi.” Opsi ini akan membawa Anda ke daftar lengkap aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.
BACA JUGA:  One UI 4 Mulai Tersedia Untuk Semua Flagship Samsung, Termasuk Galaxy S20 FE

Temukan “Google”

  • Setelah Anda masuk ke daftar aplikasi, Anda perlu mencari dan menemukan aplikasi dengan nama “Google.” Aplikasi ini adalah aplikasi utama yang digunakan oleh Google Assistant.

Ketuk “Google”

  • Setelah Anda menemukan “Google” dalam daftar aplikasi, ketuk nama aplikasi tersebut. Ini akan membuka halaman pengaturan khusus untuk aplikasi Google.

Akses Pengaturan Aplikasi

  • Di halaman pengaturan aplikasi “Google,” Anda akan melihat berbagai opsi yang terkait dengan aplikasi ini. Untuk mengelola perizinan mikrofon dan kamera, ketuk opsi yang disebut “Perizinan.”

Nonaktifkan Perizinan Mikrofon dan Kamera

  • Di dalam pengaturan perizinan, Anda akan melihat daftar perizinan yang diminta oleh aplikasi Google. Temukan opsi “Mikrofon” dan “Kamera,” dan matikan keduanya dengan menggeser tombolnya ke posisi “Nonaktif.”
  • Langkah ini akan memastikan bahwa aplikasi Google tidak lagi memiliki akses ke mikrofon dan kamera perangkat Anda, yang akan mempengaruhi kemampuan Google Assistant untuk berfungsi.

 

Langkah 3: Nonaktifkan Google Assistant

Sekarang, kita akan menjelaskan dengan lebih detail bagaimana Anda dapat menonaktifkan Google Assistant di perangkat Android Anda.

Ketuk “Perizinan”

  • Di halaman pengaturan Google, ketuk opsi “Perizinan.”

Nonaktifkan “Mikrofon” dan “Kamera”

  • Di dalam perizinan, Anda akan melihat opsi “Mikrofon” dan “Kamera.” Matikan kedua opsi ini dengan menggeser tombolnya ke posisi “Nonaktif.”

Matikan “Lokasi”

  • Selain itu, Anda juga dapat mematikan akses lokasi Google Assistant dengan menggulir ke bawah di halaman perizinan dan menonaktifkan opsi “Lokasi.”

Nonaktifkan “Ketuk untuk Berbicara”

  • Kembali ke halaman pengaturan Google, cari opsi yang disebut “Ketuk untuk Berbicara” atau “Hotword.” Matikan opsi ini agar Google Assistant tidak lagi merespons kata-kata kunci seperti “Ok Google” atau “Hey Google.”

Nonaktifkan “Google Assistant”

  • Kembali lagi ke halaman pengaturan Google, temukan dan ketuk opsi “Google Assistant.”
  • Di dalam pengaturan Google Assistant, ketuk opsi “Assistant.”
  • Matikan opsi “Google Assistant” dengan menggeser tombolnya ke posisi “Nonaktif.”

Konfirmasi Penonaktifan

  • Setelah Anda menonaktifkan Google Assistant, perangkat Anda mungkin akan meminta konfirmasi. Ketuk “Nonaktifkan” atau “Oke” untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menonaktifkan Google Assistant.

Langkah 4: Nonaktifkan Layanan Google

Selain menonaktifkan perizinan mikrofon dan kamera, Anda juga dapat menonaktifkan Layanan Google sepenuhnya untuk memastikan Google Assistant benar-benar dinonaktifkan.

4.1 Kembali ke Halaman Pengaturan Google

  • Kembali ke halaman pengaturan Google dengan menekan tombol “Kembali” di perangkat Anda.

 

4.2 Ketuk “Layanan Google”

Setelah Anda membuka menu “Aplikasi & Pemberitahuan” seperti yang dijelaskan dalam langkah-langkah sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menemukan dan mengakses opsi “Layanan Google.” Berikut adalah panduan lengkapnya:

Pencarian “Layanan Google”

  • Di dalam menu “Aplikasi & Pemberitahuan,” Anda mungkin akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Biasanya, “Layanan Google” akan terletak di antara aplikasi yang terdaftar.
BACA JUGA:  Tombol Home Android Rusak? Coba Cara Mengatasi Tombol Home Android yang Tidak Berfungsi!

Scroll ke Bawah Jika Diperlukan

  • Jika Anda tidak melihat “Layanan Google” pada tampilan awal, mungkin perlu menggulir ke bawah dalam daftar aplikasi hingga Anda menemukannya. Terkadang, aplikasi ini mungkin terletak lebih rendah di daftar.

Ketuk “Layanan Google”

  • Setelah Anda menemukan “Layanan Google” dalam daftar aplikasi, ketuk ikon atau nama aplikasi “Layanan Google” tersebut. Ini akan membuka pengaturan Layanan Google di perangkat Anda.

Langkah ini akan membawa Anda ke menu pengaturan Layanan Google, di mana Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya untuk menonaktifkannya sepenuhnya. Pastikan untuk membaca pesan peringatan dan informasi yang mungkin muncul di layar untuk memahami dampak dari tindakan yang akan Anda ambil

 

4.3 Nonaktifkan Layanan Google

Setelah Anda memeriksa pengaturan perizinan dan telah mematikan akses Layanan Google ke mikrofon dan kamera, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan Layanan Google sepenuhnya. Ini adalah langkah yang penting dalam memastikan bahwa Google Assistant tidak lagi aktif di perangkat Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Kembali ke Halaman Pengaturan Google

  • Jika Anda belum kembali ke halaman pengaturan Google setelah mematikan akses mikrofon dan kamera, pastikan untuk melakukannya sekarang.

Ketuk “Layanan Google”

  • Di halaman pengaturan Google, cari dan ketuk opsi “Layanan Google.”

Nonaktifkan Layanan Google

  • Ketuk opsi “Nonaktifkan” jika tersedia. Ini akan menghentikan Layanan Google dari berjalan di latar belakang perangkat Anda.

Konfirmasi Penonaktifan

  • Setelah Anda mengklik “Nonaktifkan,” perangkat Anda mungkin akan meminta konfirmasi. Pesan ini biasanya akan memberi tahu Anda tentang dampak dari menonaktifkan Layanan Google. Bacalah dengan cermat untuk memahami apa yang akan terjadi.
  • Ketuk “Nonaktifkan” atau “Oke” untuk mengonfirmasi tindakan ini. Ini akan menyelesaikan proses nonaktifkan.

 

4.4 Hapus Data dan Cache

Sebelum Anda menonaktifkan Layanan Google sepenuhnya, adalah ide baik untuk menghapus data dan cache yang terkait dengan Layanan Google. Ini adalah langkah tambahan yang dapat membantu membersihkan jejak dan memastikan bahwa pengaturan sebelumnya tidak memengaruhi perangkat Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kembali ke halaman pengaturan Layanan Google dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya.

Hapus Data Layanan Google

  • Ketuk opsi “Hapus Data.” Ini akan menghapus data yang terkait dengan Layanan Google di perangkat Anda.
  • Ketika diminta untuk mengonfirmasi penghapusan data, ketuk “Hapus” atau “Oke” untuk melanjutkan. Pastikan untuk memahami bahwa tindakan ini akan menghapus data yang tersimpan, seperti preferensi dan pengaturan.

Hapus Cache Layanan Google

  • Selanjutnya, ketuk opsi “Hapus Cache.” Ini akan menghapus cache Layanan Google, yang dapat mengandung sementara informasi yang tidak diperlukan.
  • Konfirmasikan penghapusan cache dengan mengetuk “Hapus” atau “Oke.”
  • Setelah Anda selesai menghapus data dan cache Layanan Google, perangkat Anda akan kembali ke pengaturan awal, dan Anda akan dapat menonaktifkan Layanan Google seperti yang dijelaskan sebelumnya.
BACA JUGA:  Bukan Rahasia Lagi! Temukan Cara Download Aplikasi Android di Laptop!

 

4.5 Konfirmasi Nonaktifkan

Setelah Anda melakukan semua langkah sebelumnya untuk menonaktifkan Layanan Google, perangkat Anda akan meminta konfirmasi untuk menyelesaikan tindakan ini. Konfirmasi ini penting karena menonaktifkan Layanan Google dapat memengaruhi berbagai fungsi di perangkat Anda.

  • Perangkat Anda akan menampilkan pesan konfirmasi yang biasanya berisi informasi tentang dampak menonaktifkan Layanan Google. Bacalah pesan ini dengan cermat untuk memahami apa yang akan terjadi setelah menonaktifkan.
  • Jika Anda yakin ingin melanjutkan dan menonaktifkan Layanan Google, ketuk opsi “Nonaktifkan” atau “Oke,” sesuai dengan tampilan perangkat Anda. Ini akan menyelesaikan proses nonaktifkan.
  • Setelah Anda mengonfirmasi, perangkat Anda akan mengeksekusi tindakan ini dan menonaktifkan Layanan Google secara keseluruhan.
Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android
Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

 

FAQ – Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

1. Apakah Google Assistant dapat diaktifkan kembali setelah dinonaktifkan?

Ya, Anda dapat mengaktifkan kembali Google Assistant dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan mengaktifkan perizinan mikrofon dan kamera serta menghidupkan Layanan Google kembali.

2. Apakah saya kehilangan semua fungsi Google Assistant setelah menonaktifkannya?

Ya, setelah menonaktifkan Google Assistant, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur dan layanan yang berkaitan dengannya.

3. Apakah cara ini berlaku untuk semua perangkat Android?

Cara ini dapat bervariasi sedikit tergantung pada versi Android dan antarmuka pengguna perangkat Anda. Namun, langkah-langkah dasarnya seharusnya serupa.

4. Apakah ada alternatif untuk Google Assistant di Android?

Ya, ada beberapa alternatif untuk Google Assistant di Android, seperti Amazon Alexa atau Bixby. Anda dapat mengunduh aplikasi asisten virtual lain dari Google Play Store.

5. Apakah menonaktifkan Google Assistant mempengaruhi penggunaan Google Search?

Tidak, menonaktifkan Google Assistant tidak mempengaruhi penggunaan Google Search. Anda masih dapat menggunakan mesin pencari Google dengan normal.

6. Apakah saya perlu akun Google untuk menonaktifkan Google Assistant?

Ya, Anda perlu memiliki akun Google dan masuk ke akun tersebut untuk mengakses pengaturan Google Assistant di perangkat Android Anda.

7. Apakah ada risiko keamanan yang terkait dengan Google Assistant?

Google Assistant dirancang dengan keamanan yang tinggi, tetapi selalu penting untuk mengawasi perizinan aplikasi dan mengikuti praktik keamanan yang baik di perangkat Anda.

8. Dapatkah saya menghapus sepenuhnya Google Assistant dari perangkat saya?

Anda tidak dapat menghapus Google Assistant sepenuhnya karena itu adalah bagian dari sistem operasi Android. Namun, Anda dapat menonaktifkannya, seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

9. Bagaimana jika saya ingin mengaktifkan kembali Google Assistant di kemudian hari?

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang dijelaskan dalam artikel ini untuk mengaktifkan kembali Google Assistant kapan pun Anda mau.

10. Bisakah saya menggunakan asisten virtual lain selain Google Assistant setelah menonaktifkannya?

Ya, setelah menonaktifkan Google Assistant, Anda dapat mengunduh dan menggunakan asisten virtual lain yang tersedia di Google Play Store.

Semoga panduan ini bermanfaat dalam menonaktifkan Google Assistant di perangkat Android Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya!

 

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah lengkap tentang cara menonaktifkan Google Assistant di perangkat Android Anda. Setelah mengikuti panduan ini, Google Assistant tidak akan lagi aktif di perangkat Anda, dan Anda dapat menjaga privasi Anda dengan lebih baik atau beralih ke asisten virtual lain yang Anda sukai.