Terbaru & Terlengkap! Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android!

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

Pada era digital saat ini, mengirim lamaran kerja melalui email telah menjadi suatu praktik umum. Proses ini memudahkan pelamar dalam mengirimkan berkas-berkas penting kepada perusahaan yang dituju. Artikel ini akan membahas langkah-langkah cara mengirim lamaran kerja via email secara efektif melalui perangkat Android. Jika Anda sedang berusaha mencari pekerjaan dan ingin tahu bagaimana caranya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

 

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

1. Menyiapkan Berkas Lamaran

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum mengirim lamaran kerja adalah menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Pastikan Anda telah memiliki:

  • Surat Lamaran: Tulis surat lamaran yang baik dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut dan apa yang membuat Anda cocok untuk peran tersebut.
  • Curriculum Vitae (CV): Buat CV yang rapi dan informatif. Cantumkan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan informasi kontak yang relevan.
  • Portofolio (jika diperlukan): Jika posisi yang Anda lamar membutuhkan contoh karya sebelumnya, sertakan portofolio yang relevan.

 

2. Buka Aplikasi Email di Android Anda

Pertama-tama, pastikan Anda telah mengatur akun email Anda di aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga di perangkat Android Anda. Buka aplikasi email tersebut dan pastikan Anda memiliki akses yang sah ke akun tersebut.

 

3. Buat Email Baru

Setelah masuk ke aplikasi email, cari opsi “Tulis Email Baru” atau “Compose” tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan. Ini akan membuka jendela baru di mana Anda dapat memulai proses pengiriman lamaran.

 

4. Isi Tujuan Email

Di bagian “Kepada” atau “To”, masukkan alamat email perusahaan atau perekrut yang dituju. Pastikan alamat email tersebut valid dan tidak ada kesalahan penulisan.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi HP Smartphone Android yang Lemot Agar Kencang

 

5. Judul Email yang Menarik

Buat judul email yang mencerminkan isi pesan dan tujuan Anda. Misalnya, “Lamaran Pekerjaan – [Nama Anda]” agar mudah diidentifikasi oleh penerima.

 

6. Tulis Isi Pesan

Sekarang saatnya untuk menulis isi pesan dalam email lamaran kerja Anda. Isi pesan adalah bagian yang penting karena di sinilah Anda menjelaskan niat Anda mengirimkan lamaran, mengungkapkan minat Anda terhadap posisi yang tersedia, dan mungkin juga menyoroti beberapa poin penting tentang diri Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menulis isi pesan yang efektif:

  1. Mulailah dengan Pengantar: Mulailah dengan memberikan pengantar singkat tentang diri Anda. Sebutkan nama Anda, pendidikan terakhir, dan alasan Anda tertarik dengan posisi yang Anda lamar.
  2. Jelaskan Minat Anda: Jelaskan dengan jelas dan singkat mengapa Anda tertarik dengan posisi yang tersedia di perusahaan tersebut. Sebutkan elemen-elemen dari posisi tersebut yang membuat Anda merasa cocok dan bersemangat untuk mengambil peran tersebut.
  3. Highlight Keahlian dan Pengalaman: Jika ada keahlian atau pengalaman tertentu yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, sorotkan dalam isi pesan. Namun, hindari mengulangi informasi yang sudah ada di CV atau surat lamaran.
  4. Beri Alasan Mengapa Anda Cocok: Jelaskan dengan ringkas mengapa Anda merasa cocok untuk peran ini. Fokus pada bagaimana latar belakang Anda akan memberikan kontribusi positif terhadap tim dan tujuan perusahaan.
  5. Tunjukkan Pengetahuan tentang Perusahaan: Sertakan beberapa kalimat yang menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan. Jelaskan mengapa Anda merasa perusahaan ini adalah tempat yang sesuai bagi Anda.
  6. Akhir Pesan dengan Tindakan Selanjutnya: Akhiri isi pesan dengan mengindikasikan bahwa Anda berharap untuk mendiskusikan lebih lanjut tentang peluang ini. Beri tahu penerima bahwa Anda siap untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut atau menghadiri wawancara jika diberikan kesempatan.
  7. Gunakan Bahasa Formal dan Singkat: Gunakan bahasa formal dan singkat. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu teknis atau berbelit-belit. Pesan Anda harus mudah dimengerti dan langsung ke inti.
  8. Periksa Tanda Baca dan Ejaan: Sebelum Anda melanjutkan, periksa kembali pesan Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan tanda baca atau ejaan. Kesalahan tersebut dapat memberikan kesan kurang profesional.

 

7. Lampirkan Berkas

Langkah selanjutnya dalam mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat Android adalah dengan melampirkan berkas-berkas yang diperlukan. Pastikan semua dokumen yang relevan telah dilampirkan dengan benar sebelum Anda mengirimkan email lamaran. Berikut adalah panduan untuk melampirkan berkas:

  1. Temukan Tombol “Lampirkan” atau “Attach”: Setelah Anda menulis isi pesan, biasanya ada ikon atau opsi yang mengatakan “Lampirkan” atau “Attach.” Ini akan membuka jendela atau menu untuk memilih berkas yang ingin Anda sertakan.
  2. Pilih Berkas yang Diperlukan: Ketika Anda menekan tombol “Lampirkan,” Anda akan diarahkan ke penyimpanan perangkat Android Anda. Cari dan pilih berkas-berkas yang perlu Anda lampirkan, seperti surat lamaran, CV, dan portofolio.
  3. Tunggu Hingga Berkas Terlampir: Setelah Anda memilih berkas yang sesuai, tunggu beberapa saat hingga berkas-berkas tersebut terlampir dalam email Anda. Biasanya Anda akan melihat nama berkas dan ukurannya tercantum di bawah pesan.
  4. Verifikasi Berkas Lampiran: Pastikan bahwa semua berkas yang perlu dilampirkan sudah terlihat di bagian lampiran. Anda juga dapat mengklik atau menyentuh berkas-berkas tersebut untuk memastikan bahwa mereka dapat dibuka dengan benar.
  5. Tambahkan Keterangan Jika Diperlukan: Beberapa aplikasi email memungkinkan Anda untuk menambahkan keterangan singkat pada setiap berkas yang dilampirkan. Ini bisa membantu menjelaskan isi berkas kepada penerima.
  6. Lampirkan Berkas Tambahan (Opsional): Jika ada berkas tambahan yang ingin Anda sertakan, seperti sertifikat atau referensi, ulangi langkah-langkah di atas untuk melampirkannya.
  7. Pastikan Jumlah dan Tipe Berkas: Periksa bahwa jumlah dan tipe berkas yang Anda lampirkan sesuai dengan persyaratan lamaran. Jika ada batasan ukuran berkas, pastikan berkas Anda tidak melebihi batas tersebut.
  8. Periksa Kembali Lampiran: Sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan bahwa semua lampiran terlampir dengan benar dan berkas-berkas tersebut dapat dibuka dengan baik.
BACA JUGA:  Siap-siap Terpesona! 5 Game Android Samurai Terbaik 2023 yang Seru Abis!

 

8. Periksa Kembali Semua Detail

Sebelum Anda mengirim email lamaran kerja Anda, sangat penting untuk melakukan pengecekan terakhir terhadap semua detail yang telah Anda isi. Pastikan bahwa setiap informasi yang Anda sertakan sudah benar dan lengkap. Langkah ini akan membantu menghindari kesalahan yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa lamaran Anda terlihat profesional. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperiksa:

  • Alamat Email Tujuan: Pastikan alamat email perusahaan atau perekrut yang Anda tuju telah ditulis dengan benar. Jika salah satu huruf atau karakter hilang atau salah, pesan Anda mungkin tidak akan sampai pada penerima yang seharusnya.
  • Judul Email: Periksa apakah judul email mencerminkan dengan baik isi dari pesan Anda. Pastikan judul tersebut singkat dan informatif, sehingga penerima langsung memahami tujuan email Anda.
  • Isi Pesan: Bacalah kembali isi pesan yang telah Anda tulis. Pastikan pesan tersebut jelas, ringkas, dan berfokus pada tujuan Anda mengirimkan lamaran. Hindari penggunaan kalimat yang ambigu atau tidak relevan.
  • Lampiran Berkas: Verifikasi bahwa semua berkas yang perlu dilampirkan sudah terpasang dengan benar. Pastikan bahwa format berkas sesuai dan bahwa berkas tidak rusak atau tidak dapat dibuka.
  • Data Pribadi: Jika Anda mencantumkan informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat dalam email, pastikan informasi tersebut benar dan teraktual. Jika perlu, berikan nomor telepon yang dapat dihubungi dengan mudah.
  • Tata Letak: Perhatikan tata letak keseluruhan email Anda. Pastikan paragraf-pargara dalam urutan yang sesuai, dan pastikan bahwa ada jarak yang cukup antara teks dan lampiran. Ini akan membuat email Anda terlihat lebih teratur.
  • Pemformatan: Jika Anda menggunakan pemformatan teks seperti tebal atau miring untuk menggarisbawahi poin-poin penting, pastikan pemformatan tersebut tetap utuh dan tidak ada kesalahan dalam tampilannya.
BACA JUGA:  Rahasia Tersembunyi! Temukan Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android!

 

9. Kirim Email

Setelah Anda yakin bahwa semua informasi sudah benar dan berkas-berkas terlampir dengan baik, saatnya untuk mengirim email lamaran kerja Anda. Tekan tombol “Kirim” atau “Send” yang umumnya terletak di bagian bawah atau atas kanan layar, tergantung pada aplikasi email yang Anda gunakan. Proses pengiriman akan segera dimulai.

Pastikan untuk tetap memeriksa satu kali terakhir sebelum mengklik tombol “Kirim,” ini untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan ketik atau kelalaian dalam pesan maupun lampiran yang Anda kirimkan. Begitu email terkirim, Anda telah berhasil mengirim lamaran kerja melalui perangkat Android Anda.

Sekarang, tinggal menunggu respons dari perusahaan atau perekrut yang Anda tuju. Beri waktu beberapa minggu untuk mereka meninjau lamaran Anda dan menindaklanjuti jika mereka tertarik. Sambil menunggu, Anda bisa melanjutkan mencari peluang pekerjaan lainnya dan terus memperbaiki keterampilan serta pengalaman Anda.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

 

FAQ – Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

1. Apakah saya bisa mengirim lamaran kerja melalui email dari perangkat Android?

Ya, Anda dapat mengirim lamaran kerja melalui email dari perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah memiliki berkas-berkas yang diperlukan dan akun email terkonfigurasi dengan benar.

2. Apakah saya perlu menginstal aplikasi email pihak ketiga?

Tidak selalu. Android biasanya memiliki aplikasi email bawaan yang dapat Anda gunakan. Namun, beberapa orang memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk fitur dan pengaturan yang lebih lanjut.

3. Apa saja berkas yang perlu saya lampirkan dalam email lamaran kerja?

Anda perlu melampirkan surat lamaran, CV, dan jika diperlukan, portofolio yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

4. Bagaimana cara membuat CV yang menarik?

Buat CV yang rapi dan terstruktur. Cantumkan informasi pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan pencapaian yang relevan.

5. Apakah saya perlu menyebutkan gaji yang diharapkan di dalam email?

Tidak disarankan untuk menyebutkan gaji yang diharapkan di dalam email pertama. Simpan diskusi ini untuk tahap selanjutnya jika perusahaan tertarik dengan lamaran Anda.

6. Apakah saya perlu mengirim email lamaran sebagai lampiran atau teks dalam email?

Disarankan untuk mengirimkan lamaran sebagai lampiran berkas. Ini akan memastikan tata letak dan formatnya tetap utuh.

7. Berapa lama setelah mengirimkan email sebaiknya saya menunggu respons?

Berikan waktu beberapa minggu sebelum mengikuti dengan tindak lanjut. Jika dalam rentang waktu tersebut Anda tidak mendapatkan respons, pertimbangkan untuk menghubungi perusahaan.

8. Bagaimana jika saya menemui masalah teknis saat mengirim email?

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Jika masalah berlanjut, coba matikan dan nyalakan kembali perangkat Anda atau hubungi penyedia layanan teknis.

9. Apakah saya perlu mengirim lamaran ke beberapa alamat email dalam perusahaan yang sama?

Tidak perlu, satu alamat email yang dituju biasanya sudah cukup. Jika terdapat petunjuk lain dalam iklan lowongan, ikuti petunjuk tersebut.

10. Apakah saya bisa mengirim ulang lamaran jika terjadi kesalahan?

Ya, Anda dapat mengirim ulang lamaran jika terjadi kesalahan. Namun, pastikan Anda mengklarifikasi bahwa ini adalah pengiriman ulang dan mungkin cantumkan alasan singkat atas pengiriman ulang tersebut.

 

Kesimpulan

Mengirim lamaran kerja melalui email di perangkat Android dapat dilakukan dengan mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas. Pastikan Anda telah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dan mengikuti panduan pengisian email dengan benar. Dengan cara ini, Anda dapat mengirimkan lamaran dengan efektif dan efisien, membuka peluang untuk langkah selanjutnya dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.