Cara Mudah Menghubungkan Google Form ke Spreadsheet

Menghubungkan Google Form ke Spreadsheet
Menghubungkan Google Form ke Spreadsheet

Menghubungkan Google Form ke Spreadsheet – Google memiliki banyak layanan penting dan sangat dibutuhkan bagi user. Salah satu layanan populer dengan keunggulan fitur seperti Google Form.

Ini adalah layanan menawarkan kemudahan bagi user untuk memudahkan penghimpunan data dari responden.

Biasanya tools seperti ini sering digunakan surveyor maupun peneliti yang sedang melakukan penelitian.

Google Form membantu user yang membutuhkan data tertentu dan menghimpunnya dengan mudah. Metode yang dilakukan hanya melalui link Google Formulirnya.

Setelah berhasil menghimpun data, user akan mulai mengumpulkan atau melakukan filter data di media lain untuk memudahkan proses pengolahan.

Cara yang paling sering adalah mengetik ulang seluruh dokumen secara manual. Tentu saja ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Potensi melakukan kesalahan juga dianggap cukup besar.

Ini yang membuat tools Google Form juga dilengkapi dengan fitur yang terhubung dengan Spreadsheet. Perlu diingat bahwa user bisa menghubungkan Google Form ke Spreadsheet agar secara otomatis.

Cara ini membantu user untuk melakukan rekap seluruh data dari Formulir yang telah disebarkan. Waktu yang dibutuhkan juga dianggap sangat cepat. Ini memberikan tingkat efisiensi yang cukup menguntungkan bagi user Googel Form.

Menghubungkan Google Form ke Spreadsheet

Menghubungkan Google Form ke Spreadsheet
Menghubungkan Google Form ke Spreadsheet

Penggunaan Google Form yang tersedia saat ini memang sangat membantu user. Apalagi layanan ini juga tersedia secara gratis terbatas.

User bisa menggunakan dengan membuat form dalam jumlah banyak sekaligus. Keunggulan layanan ini juga memberikan bantuan untuk mengumpulkan data yang lebih valid.

Namun, user harus mempertimbangkan beberapa hal untuk mendapatkan fungsional Google Form yang lebih maksimal. Ini membantu dalam pengolahan data.

Salah satu hal yang penting tentu saja penggunaan dar form untuk banyak data yang berbeda. Pastikan pilihan pertanyaan hingga jawaban yang tersedia tidak terjadi duplikasi. ini akan membuat user bisa mengumpulkan data lebih valid lagi.

BACA JUGA:  5 Cara Cek Kecepatan Wifi di HP dengan Mudah

Selain ini, user juga harus memberikan rincian kontak dan data penting yang terdiri dari target responden. Ini memberikan kesempatan bagi user yang ingin mendapatkan data responden lebih banyak dan terhindar duplikasi pengisian forrm oleh audien yang sama.

Sinkronisasi yang dibutuhkan memang dianggap cukup mudah. Namun, user harus mempersiapkan  dukungan  perangkat  hingga jaringan internet yang lebih stabil. Pengaturan ini akan membantu user dalam pemindahan data lebih baik.

Keuntungan yang didapatkan dari sinkronisasi Google Form dan Google Sheet adalah pengisian data secar otomatis tercatat.

Lakukan pengaturan dengan sangata baik. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa kembali seluruh rincian pertanyaan dan pengumpulan data yang dibutuhkan. Ini dilakukan agar responden dan audien tidak mengalami kebingungan dalam pengumpulan data secara menyeluruh.

Cara Sinkron Google Form dengan Spreadsheet

Berikut ini adalah sinkroniasi atau cara menghubungkan Google Form ke Spreadsheet dengan mudah:

  1. Buat Formulir terlebih dahulu sesuai kebutuhan
  2. Klik menu “Response”
  3. Klik ikon Google Sheet berwarna hijau di pojok kanan atas
  4. Pilih “Create a new spreadsheet”
  5. Masukkan nama spreadsheet
  6. Klik “Buat”

Nantinya Google Sheet akan menampilkan data dari responden yang user minta sesuai format yang telah dibuat sebelumnya

Namun sebelum menyebarluaskan ke banyak responden, user dapat memastikan terlebih dahulu Google Form dan Spreadsheet sudah terhubung.

Caranya dengan mencobanya mengisi kuisioner sendiri. Pastikan tidak ada kesalahan input data.

Menghubungkan Google Form dan Spreadsheet biasanya akan memberikan pengaruh terhadap fungsional otomatis yang dibutuhkan pada Google Sheet. Periksa kembali seluruh pengaturan yang tersedia pada masing-masing tools.