Kesal dengan Iklan? Simak 6 Cara Menghilangkan Iklan di Android!

Cara Menghilangkan Iklan di Android
Cara Menghilangkan Iklan di Android

Saat ini, pengguna Android seringkali menghadapi tantangan yang menjengkelkan, yaitu iklan yang muncul di berbagai aplikasi dan situs web. Iklan dapat mengganggu pengalaman pengguna, memperlambat kinerja perangkat, dan menguras kuota data. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi! Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara Menghilangkan Iklan di Android Anda.

Cara Menghilangkan Iklan di Android
Cara Menghilangkan Iklan di Android

 

Cara Menghilangkan Iklan di Android

1. Menggunakan Mode Pesawat Saat Tidak Membutuhkan Koneksi Internet

Salah satu cara sederhana namun efektif untuk menghindari iklan di perangkat Android Anda adalah dengan menggunakan “Mode Pesawat” saat Anda tidak memerlukan koneksi internet. Mode ini secara otomatis memutus semua koneksi jaringan, termasuk data seluler dan Wi-Fi, yang dapat mengakibatkan iklan tidak muncul pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Mode Pesawat:

Langkah 1: Untuk mengaktifkan Mode Pesawat, buka menu notifikasi dengan menggesekkan layar dari atas ke bawah dua kali atau satu kali dengan dua jari.

Langkah 2: Anda akan melihat ikon Mode Pesawat. Ketuk ikon ini untuk mengaktifkannya. Anda juga dapat membuka aplikasi “Pengaturan” dan mengaktifkannya dari sana.

Langkah 3: Selama Mode Pesawat aktif, semua koneksi jaringan akan dimatikan. Ini termasuk data seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth.

Langkah 4: Ketika Anda ingin menggunakan koneksi internet lagi, cukup nonaktifkan Mode Pesawat dengan mengikuti langkah yang sama.

Langkah 5: Pastikan Anda hanya menggunakan Mode Pesawat saat Anda benar-benar tidak memerlukan koneksi internet, karena ini akan membatasi akses Anda ke layanan online.

Dengan mengaktifkan Mode Pesawat saat Anda tidak memerlukan koneksi internet, Anda dapat menghindari iklan online yang mungkin muncul dalam berbagai aplikasi dan situs web. Ini adalah solusi sederhana yang efektif untuk mengurangi gangguan iklan pada perangkat Android Anda.

 

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengambil langkah lebih jauh dalam Menghilangkan Iklan di Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memblokir iklan. Aplikasi semacam ini dapat membantu Anda mengatasi iklan yang muncul di berbagai aplikasi dan situs web. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan:

BACA JUGA:  Fitur Kids Mode pada Smartphone Samsung

Langkah 1: Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Di kotak pencarian, ketik nama aplikasi blokir iklan yang ingin Anda unduh, seperti “AdAway,” “AdGuard,” atau “Blokker.”

Langkah 3: Cari dan pilih aplikasi yang Anda pilih dari hasil pencarian.

Langkah 4: Ketuk tombol “Instal” untuk mengunduh dan menginstal aplikasi ke perangkat Anda.

Langkah 5: Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi yang baru diinstal.

Langkah 6: Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur preferensi dan mengaktifkan fitur blokir iklan.

Langkah 7: Beberapa aplikasi blokir iklan mungkin memerlukan izin khusus, seperti akses ke pengaturan sistem atau perubahan di dalam file sistem. Pastikan Anda membaca dan memahami izin yang diminta oleh aplikasi sebelum memberikannya.

Langkah 8: Setelah Anda mengatur aplikasi sesuai keinginan, Anda dapat mulai menikmati pengalaman tanpa iklan yang mengganggu.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan adalah cara yang efektif untuk mengurangi iklan yang muncul di perangkat Android Anda. Aplikasi ini bekerja dengan mengidentifikasi dan memblokir permintaan iklan sebelum tampil di layar perangkat Anda. Meskipun beberapa aplikasi mungkin memerlukan akses root, banyak yang dapat digunakan tanpa perlu rooting perangkat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat mempengaruhi kinerja perangkat Anda. Sebelum menginstal aplikasi blokir iklan, pastikan untuk membaca ulasan dan rekomendasi untuk memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan perangkat Anda.

 

3. Memeriksa Pengaturan Google

Google adalah salah satu penyedia layanan iklan terbesar di dunia, dan pengaturan iklan di akun Google Anda dapat memengaruhi jenis iklan yang muncul di perangkat Android Anda. Dengan memeriksa dan mengatur pengaturan iklan di akun Google Anda, Anda dapat mengurangi kemungkinan iklan yang tidak relevan atau tidak diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa pengaturan iklan di akun Google:

Langkah 1: Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan pilih opsi “Akun” atau “Akun Google”.

Langkah 3: Pilih akun Google yang ingin Anda periksa pengaturan iklannya.

Langkah 4: Di bagian atas, pilih opsi “Google” atau “Kelola Akun Google Anda”.

Langkah 5: Pilih opsi “Pengiklanan” atau “Iklan” dari menu yang muncul.

Langkah 6: Anda akan melihat opsi “Izinkan iklan di platform lain” atau sejenisnya. Pastikan opsi ini dimatikan untuk menghindari iklan yang disesuaikan berdasarkan aktivitas Anda di berbagai platform.

Langkah 7: Jika Anda ingin mengatur preferensi iklan lebih lanjut, Anda juga dapat mengklik opsi “Atur Preferensi Iklan”.

Langkah 8: Di sini, Anda dapat memilih apakah ingin melihat iklan yang lebih relevan berdasarkan aktivitas Anda di internet atau tidak.

Langkah 9: Jika Anda ingin mengatur iklan yang ditampilkan pada perangkat Anda, Anda dapat mengklik opsi “Kelola Iklan” dan menyunting preferensi iklan berdasarkan kategori.

Dengan memeriksa dan mengatur pengaturan iklan di akun Google Anda, Anda dapat mengendalikan jenis iklan yang muncul di perangkat Android Anda. Meskipun ini tidak akan Menghilangkan Iklan di Android sepenuhnya, ini akan membantu Anda mendapatkan iklan yang lebih relevan dan sesuai dengan preferensi Anda. Mengelola pengaturan iklan di akun Google juga merupakan langkah yang efektif untuk mengurangi iklan yang tidak diinginkan di perangkat Anda.

BACA JUGA:  Kumpulan Aplikasi yang Membuat Kamera Smartphone Kamu Semakin Keren

 

4. Memperbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Penting untuk memastikan bahwa perangkat Android Anda selalu diperbarui dengan versi perangkat lunak terbaru. Pembaruan tidak hanya memberikan fitur-fitur baru, tetapi juga membantu mengurangi risiko iklan yang tidak diinginkan. Pengembang aplikasi terus bekerja untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi iklan berlebihan. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui aplikasi dan sistem operasi:

Langkah 1: Buka menu “Pengaturan” di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk untuk membukanya.

Langkah 3: Di dalam opsi ini, Anda akan menemukan “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Pembaruan Sistem”. Ketuk untuk membukanya.

Langkah 4: Perangkat Anda akan memeriksa pembaruan yang tersedia. Jika ada pembaruan yang belum diinstal, Anda akan diberi opsi untuk mengunduh dan menginstalnya.

Langkah 5: Ketuk opsi “Unduh dan Instal” untuk memulai proses pembaruan. Pastikan perangkat Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan kuota yang cukup.

Langkah 6: Tunggu sampai pembaruan selesai diunduh dan diinstal. Perangkat Anda mungkin akan me-restart setelah pembaruan selesai.

Langkah 7: Setelah perangkat restart, pastikan Anda juga memperbarui aplikasi secara teratur. Buka Google Play Store, ketuk ikon tiga garis di sudut kiri atas, dan pilih opsi “Aplikasi dan Permainan”.

Langkah 8: Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang memerlukan pembaruan. Ketuk opsi “Perbarui Semua” jika Anda ingin memperbarui semua aplikasi sekaligus.

Dengan memastikan bahwa perangkat Anda selalu diperbarui, Anda tidak hanya mendapatkan fitur terbaru, tetapi juga mengurangi risiko kerentanan keamanan dan iklan berlebihan. Pembaruan sistem operasi dan aplikasi adalah langkah yang sangat penting untuk menjaga perangkat Android Anda dalam kondisi optimal dan mengurangi kemungkinan munculnya iklan yang tidak diinginkan.

 

5. Menggunakan Browser dengan Blokir Iklan

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi iklan saat menjelajahi internet di perangkat Android Anda adalah dengan menggunakan browser yang dilengkapi dengan fitur blokir iklan. Browser ini dirancang khusus untuk mengenali dan memblokir iklan yang muncul di berbagai situs web. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan browser dengan fitur blokir iklan:

Langkah 1: Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Di kotak pencarian, ketik nama browser yang ingin Anda unduh yang memiliki fitur blokir iklan, misalnya “Brave Browser” atau “Mozilla Firefox”.

Langkah 3: Cari dan pilih browser yang Anda pilih dari hasil pencarian.

Langkah 4: Ketuk tombol “Instal” untuk mengunduh dan menginstal browser ke perangkat Anda.

Langkah 5: Setelah proses instalasi selesai, buka browser yang baru diinstal.

Langkah 6: Ikuti panduan singkat (jika ada) untuk mengatur preferensi dan pengaturan awal browser.

Langkah 7: Selamat! Anda sekarang dapat mulai menjelajahi internet dengan menggunakan browser yang dilengkapi dengan fitur blokir iklan.

Dengan menggunakan browser yang memiliki fitur blokir iklan, Anda dapat menghindari sebagian besar iklan yang mungkin muncul saat Anda mengakses situs web. Browser tersebut secara otomatis akan mendeteksi iklan dan mencegahnya muncul di halaman web. Hal ini akan membuat pengalaman menjelajahi internet menjadi lebih lancar dan bebas dari gangguan iklan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:  Keren Abis! 10 Game Android Third Person Shooter Terbaik yang Bikin Kamu Jago Menembak!

Namun, perlu diingat bahwa beberapa situs web mungkin memiliki cara untuk menghindari blokir iklan, jadi tidak semua iklan akan terblokir sepenuhnya. Meskipun demikian, menggunakan browser dengan fitur blokir iklan tetap menjadi langkah yang baik untuk mengurangi iklan yang Anda temui saat browsing di perangkat Android Anda.

6. Mengubah Pengaturan Notifikasi

Cara lain untuk mengurangi gangguan iklan di perangkat Android adalah dengan mengatur ulang pengaturan notifikasi. Beberapa iklan muncul dalam bentuk notifikasi, yang dapat mengganggu dan mengalihkan perhatian Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah pengaturan notifikasi:

Langkah 1: Buka menu “Pengaturan” di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Gulir dan cari opsi “Apps” atau “Aplikasi”, kemudian ketuk untuk membukanya.

Langkah 3: Di dalam daftar aplikasi yang muncul, pilih aplikasi yang notifikasinya ingin Anda atur ulang.

Langkah 4: Pada halaman informasi aplikasi, cari dan ketuk opsi “Notifikasi” atau “Notifikasi Aplikasi”.

Langkah 5: Anda akan melihat daftar jenis notifikasi yang dapat dikonfigurasi untuk aplikasi tersebut. Matikan notifikasi yang tidak Anda anggap penting atau yang berkaitan dengan iklan.

Langkah 6: Beberapa aplikasi juga menawarkan opsi lebih lanjut untuk menyesuaikan jenis notifikasi atau bahkan menonaktifkan notifikasi iklan sepenuhnya.

Langkah 7: Setelah Anda menyesuaikan pengaturan notifikasi sesuai keinginan, keluar dari pengaturan aplikasi.

Dengan mengatur ulang pengaturan notifikasi, Anda dapat memastikan bahwa hanya notifikasi penting yang akan muncul di perangkat Anda. Ini akan membantu Anda menghindari iklan yang mungkin datang dalam bentuk notifikasi dan memberikan pengalaman yang lebih tenang saat menggunakan perangkat Android Anda.

Cara Menghilangkan Iklan di Android
Cara Menghilangkan Iklan di Android

 

FAQ – Cara Menghilangkan Iklan di Android

1. Apakah semua aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan aman digunakan?

Ya, sebagian besar aplikasi tersebut aman. Pastikan Anda mengunduh dari sumber yang terpercaya.

2. Apakah “Mode Pesawat” benar-benar efektif Menghilangkan Iklan di Android?

Mode Pesawat hanya efektif untuk menghindari iklan online saat Anda tidak memerlukan koneksi internet.

3. Apakah saya harus membayar untuk menggunakan aplikasi blokir iklan?

Beberapa aplikasi blokir iklan memiliki versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya juga cukup efektif.

4. Mengubah pengaturan notifikasi dapat mempengaruhi penerimaan notifikasi penting?

Ya, pastikan Anda hanya menonaktifkan notifikasi yang tidak penting untuk menghindari gangguan.

5. Mengapa saya masih melihat beberapa iklan setelah mengikuti langkah-langkah ini?

Beberapa iklan mungkin tidak dapat dihindari sepenuhnya, tetapi langkah-langkah ini akan mengurangi jumlahnya secara signifikan.

6. Apakah saya perlu melakukan rooting pada perangkat saya untuk menggunakan aplikasi blokir iklan?

Tidak semua aplikasi memerlukan rooting, tetapi beberapa mungkin memerlukan akses root untuk berfungsi secara optimal.

7. Bisakah saya mengaktifkan blokir iklan hanya untuk beberapa aplikasi tertentu?

Ya, beberapa aplikasi blokir iklan memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi yang ingin Anda blokir iklannya.

8. Adakah cara untuk menghilangkan iklan di android pada aplikasi game?

Beberapa aplikasi blokir iklan dapat memblokir iklan dalam aplikasi game juga.

9. Apakah saya perlu mengatur ulang perangkat setelah mengubah pengaturan notifikasi?

Tidak, pengaturan notifikasi akan diterapkan tanpa perlu mengatur ulang perangkat.

10.  Bisakah saya menggunakan lebih dari satu aplikasi blokir iklan sekaligus?

Memungkinkan, tetapi bisa menyebabkan konflik dan kinerja yang buruk. Lebih baik pilih satu aplikasi yang paling sesuai dengan Anda.

 

Kesimpulan

Menghilangkan iklan di Android dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam panduan ini, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghindari iklan yang mengganggu. Ingatlah bahwa setiap langkah mungkin memiliki efek yang berbeda pada setiap perangkat, jadi pilihlah solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang, Anda dapat menikmati penggunaan perangkat Android Anda tanpa gangguan iklan yang tidak diinginkan!