Terungkap! Cara Mengembalikan Chat di WhatsApp yang Sudah Dihapus!

Cara Mengembalikan Chat di WhatsApp yang Sudah Dihapus
Cara Mengembalikan Chat di WhatsApp yang Sudah Dihapus

Daftar Isi

Percakapan di WhatsApp bisa menjadi sangat berharga. Tetapi terkadang, tanpa disengaja, Anda mungkin menghapus percakapan yang sebenarnya ingin Anda pertahankan. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara mengembalikan chat di WhatsApp yang sudah dihapus.

Mengembalikan Chat di WhatsApp
Mengembalikan Chat di WhatsApp

 

Mengembalikan Chat dari Backup

Langkah 1: Periksa Backup Terakhir

Jika Anda ingin mengembalikan percakapan yang sudah dihapus, langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda memiliki backup terakhir dari chat WhatsApp Anda. WhatsApp secara otomatis membuat backup harian, mingguan, atau bulanan, tergantung pada pengaturan Anda.

Langkah 2: Uninstall dan Reinstall WhatsApp

  1. Uninstall aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda.
  2. Instal kembali WhatsApp dari toko aplikasi (Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS).
  3. Buka aplikasi WhatsApp yang baru diinstal.

Langkah 3: Pulihkan dari Backup

  1. Ketika Anda membuka WhatsApp yang baru diinstal, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda dan melakukan verifikasi.
  2. Setelah verifikasi selesai, WhatsApp akan mendeteksi adanya backup yang tersedia.
  3. Ikuti petunjuk untuk mengembalikan chat dari backup terakhir.

 

Mengembalikan Chat Tanpa Backup

Jika Anda tidak memiliki backup yang cukup baru, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mencoba Mengembalikan Chat di WhatsApp tanpa menggunakan backup.

Menggunakan Aplikasi Recovery

Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda memulihkan chat WhatsApp yang sudah dihapus. Namun, harap diingat bahwa penggunaan aplikasi semacam ini dapat berisiko dan tidak selalu berhasil. Beberapa aplikasi yang dapat Anda coba adalah DiskDigger, WAMR, atau Restore Messages.

Melalui Google Drive (Hanya untuk Android)

Jika Anda menggunakan WhatsApp di perangkat Android dan telah menghubungkannya dengan Google Drive, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk Mengembalikan Chat di WhatsApp yang dihapus. WhatsApp menyimpan cadangan di Google Drive, yang bisa membantu dalam pemulihan.

BACA JUGA:  Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus

 

Menghindari Kehilangan Chat di Masa Depan

Sekarang setelah Anda tahu cara Mengembalikan Chat di WhatsApp yang sudah dihapus, pastikan Anda juga mengambil langkah-langkah untuk menghindari kehilangan chat di masa depan.

Aktifkan Cadangan Otomatis

Mengaktifkan cadangan otomatis adalah langkah cerdas untuk melindungi data chat WhatsApp Anda. Dengan cadangan otomatis, Anda dapat memastikan bahwa percakapan Anda selalu aman dan terlindungi, bahkan jika terjadi masalah pada ponsel Anda.

Langkah 1: Buka Pengaturan WhatsApp

Mulailah dengan membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Cari ikon “Pengaturan” yang biasanya terletak di pojok kanan atas layar.

Langkah 2: Pilih “Chat”

Di dalam menu Pengaturan, pilih opsi “Chat.” Anda akan menemukannya di daftar pengaturan WhatsApp.

Langkah 3: Pilih “Cadangan Chat”

Di dalam opsi “Chat,” carilah opsi yang disebut “Cadangan Chat.” Ini adalah tempat Anda dapat mengatur pengaturan cadangan otomatis.

Langkah 4: Pilih “Cadangan ke Google Drive” (Hanya untuk Android)

Jika Anda menggunakan perangkat Android dan ingin menghubungkan cadangan dengan Google Drive, pilih opsi “Cadangan ke Google Drive.”

Langkah 5: Pilih Frekuensi Cadangan

Anda akan melihat pilihan untuk mengatur frekuensi cadangan. Pilih apakah Anda ingin mencadangkan harian, mingguan, atau bulanan.

Langkah 6: Pilih “Foto” atau “Video”

Jika Anda ingin mencadangkan media seperti foto dan video, Anda dapat memilih opsi ini di bawah pengaturan cadangan.

Langkah 7: Hubungkan Akun Google Drive Anda (Hanya untuk Android)

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Google Drive Anda. Ini akan memungkinkan WhatsApp membuat cadangan ke akun tersebut.

Langkah 8: Simpan Pengaturan

Setelah Anda mengatur frekuensi cadangan, jenis isi, dan akun penyimpanan (jika perlu), pastikan Anda menyimpan pengaturan tersebut.

 

Atur Frekuensi Cadangan

Mengatur frekuensi cadangan chat WhatsApp Anda adalah langkah penting untuk memastikan data Anda tetap aman dan terlindungi. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat memastikan bahwa cadangan chat Anda selalu terbaru dan siap digunakan jika Anda perlu mengembalikan data.

Langkah 1: Buka Pengaturan WhatsApp

Mulailah dengan membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Ketuk ikon “Pengaturan” yang biasanya terletak di pojok kanan atas layar.

Langkah 2: Pilih Opsi “Chat”

Di dalam menu Pengaturan, carilah opsi yang berkaitan dengan “Chat.” Biasanya, Anda akan menemukannya di bagian atas atau tengah daftar pengaturan.

Langkah 3: Masuk ke “Cadangan Chat”

Ketuk opsi “Cadangan Chat” untuk membuka pengaturan terkait cadangan chat WhatsApp Anda.

Langkah 4: Tetapkan Frekuensi Cadangan

Di dalam opsi Cadangan Chat, Anda akan melihat pilihan untuk menetapkan frekuensi cadangan. Pilih apakah Anda ingin mencadangkan harian, mingguan, atau bulanan.

BACA JUGA:  Jangan Bingung! Inilah Cara Membuat Screenshot Panjang di WhatsApp!

Langkah 5: Pilih Isi yang Ingin Dicadangkan

Selain frekuensi cadangan, Anda juga dapat memilih apakah ingin mencadangkan hanya pesan teks atau juga pesan media seperti gambar dan video.

Langkah 6: Pilih Tempat Penyimpanan

Pilih tempat penyimpanan yang ingin Anda gunakan untuk cadangan chat. Anda dapat memilih antara penyimpanan internal atau layanan cloud yang sudah Anda hubungkan.

Langkah 7: Simpan Pengaturan

Setelah Anda mengatur frekuensi, jenis isi, dan tempat penyimpanan, pastikan Anda menyimpan pengaturan tersebut.

 

Simpan di Cloud

Menyimpan data Anda di cloud adalah cara cerdas untuk melindungi informasi penting Anda, termasuk cadangan chat WhatsApp Anda. Dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud, Anda dapat memastikan bahwa data Anda tetap aman, terjaga, dan dapat diakses kapan saja Anda membutuhkannya.

Hubungkan Akun WhatsApp Anda

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda dapat menghubungkan akun WhatsApp Anda dengan akun Google Drive Anda. Ini akan memungkinkan WhatsApp secara otomatis membuat cadangan data Anda dan menyimpannya di cloud.

Aktifkan Pengaturan Cadangan

Di dalam pengaturan WhatsApp, Anda dapat mengatur frekuensi dan jenis cadangan yang ingin Anda simpan di cloud. Anda dapat memilih untuk mencadangkan pesan, media, atau keduanya.

Tetapkan Frekuensi Cadangan

Pilihlah frekuensi cadangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih cadangan harian, mingguan, atau bulanan, tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan WhatsApp.

Amankan Akun Cloud Anda

Pastikan akun cloud Anda dilindungi dengan kata sandi yang kuat. Ini akan membantu mencegah akses tidak sah ke cadangan data Anda.

Tetaplah Terhubung dengan Cloud

Pastikan ponsel Anda memiliki akses internet yang stabil, terutama saat Anda ingin membuat atau mengembalikan cadangan dari cloud.

 

Lindungi Akses Akun

Keamanan akun WhatsApp Anda sangat penting, terutama ketika Anda berusaha Mengembalikan Chat di WhatsApp yang sudah dihapus. Dengan mengambil langkah-langkah untuk melindungi akses akun Anda, Anda dapat memastikan bahwa percakapan Anda tetap aman dan tidak diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Aktifkan Kunci Aplikasi

Fitur ini memungkinkan Anda mengunci akses ke aplikasi WhatsApp dengan kata sandi, PIN, atau pemindai sidik jari. Dengan cara ini, meskipun ponsel Anda terbuka, orang lain tidak dapat membuka aplikasi WhatsApp Anda tanpa kode akses yang benar.

Verifikasi Dua Langkah

Fitur ini menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta Anda memasukkan PIN unik yang akan digunakan saat Anda mendaftar ulang di perangkat baru. Anda dapat mengaktifkan verifikasi dua langkah di pengaturan akun Anda.

Perbarui Aplikasi Secara Berkala

Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi WhatsApp. Pembaruan seringkali mengandung perbaikan keamanan dan fitur-fitur baru yang dapat melindungi akun Anda.

Jangan Berikan Kode Verifikasi

Jangan pernah memberikan kode verifikasi enam digit yang diterima melalui SMS atau panggilan telepon kepada siapa pun. Ini adalah cara umum yang digunakan untuk memverifikasi akun WhatsApp Anda, dan memberikan kode ini kepada orang lain dapat mengakibatkan akses yang tidak sah ke akun Anda.

BACA JUGA:  Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui Biar Gak Merasa Sungkan

Jaga Keamanan Ponsel Anda

Pastikan ponsel Anda memiliki perlindungan yang memadai, seperti kata sandi atau pemindai sidik jari. Ini akan membantu mencegah orang lain dari mengakses ponsel Anda tanpa izin.

 

Periksa Ruang Penyimpanan

Saat Anda ingin mengembalikan chat di WhatsApp, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan ruang penyimpanan di ponsel Anda. Jika ruang penyimpanan penuh, proses pemulihan dapat terhambat atau bahkan gagal. Oleh karena itu, periksa ruang penyimpanan dengan cermat sebelum Anda mencoba Mengembalikan Chat di WhatsApp yang dihapus.

Langkah 1: Buka Pengaturan Ponsel Anda

Langkah pertama adalah membuka pengaturan ponsel Anda. Ini biasanya dapat Anda temukan dengan mengetuk ikon “Pengaturan” di layar utama atau laci aplikasi ponsel Anda.

Langkah 2: Cari Bagian “Penyimpanan” atau “Ruang Penyimpanan”

Di dalam menu Pengaturan, carilah opsi yang berkaitan dengan penyimpanan atau ruang penyimpanan. Ini mungkin disebut “Penyimpanan” atau “Ruang Penyimpanan,” tergantung pada merek dan model ponsel Anda.

Langkah 3: Lihat Penggunaan Penyimpanan

Di dalam bagian ruang penyimpanan, Anda akan melihat ringkasan tentang berapa banyak ruang yang digunakan oleh berbagai jenis file dan aplikasi di ponsel Anda. Perhatikan berapa banyak ruang yang masih tersedia.

Langkah 4: Hapus File Tidak Perlu

Jika Anda melihat bahwa ruang penyimpanan Anda sudah hampir penuh, Anda perlu mempertimbangkan untuk menghapus file yang tidak diperlukan. Ini bisa termasuk gambar, video, atau aplikasi yang jarang digunakan.

Langkah 5: Periksa Ruang Setelah Penghapusan

Setelah Anda menghapus beberapa file yang tidak diperlukan, periksa kembali berapa banyak ruang yang tersedia di ponsel Anda. Pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pemulihan chat.

Mengembalikan Chat di WhatsApp
Mengembalikan Chat di WhatsApp

 

FAQ – Cara Mengembalikan Chat di WhatsApp yang Sudah Dihapus

  1. Apakah setiap chat di WhatsApp di-backup? Tidak, WhatsApp hanya membuat backup percakapan berdasarkan pengaturan cadangan yang Anda tentukan.
  2. Apakah saya dapat Mengembalikan Chat di WhatsApp yang sudah dihapus jika saya tidak memiliki backup? Anda mungkin bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau opsi pemulihan lainnya, tetapi hasilnya tidak selalu berhasil.
  3. Apa yang harus dilakukan setelah Mengembalikan Chat di WhatsApp? Setelah Anda berhasil Mengembalikan Chat di WhatsApp, pastikan Anda membuat backup baru dan menjaganya tetap teratur.
  4. Apakah aplikasi pemulihan aman digunakan? Penggunaan aplikasi pemulihan dapat berisiko, karena mereka dapat mengakses data sensitif. Gunakan hanya dari sumber terpercaya.
  5. Apakah iOS memiliki opsi pemulihan serupa? Ya, tetapi proses pemulihannya bisa sedikit berbeda karena perbedaan antara platform Android dan iOS.
  6. Berapa sering sebaiknya saya membuat backup? Disarankan untuk membuat backup setidaknya seminggu sekali, terutama jika Anda sering melakukan percakapan penting.
  7. Apakah cadangan di Google Drive aman? WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end, tetapi pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat untuk akun Google Anda.
  8. Apakah pesan media juga di-backup? Ya, backup juga mencakup pesan media seperti gambar dan video.
  9. Bisakah saya mengembalikan chat dari ponsel yang berbeda? Ya, asalkan Anda menggunakan nomor yang sama dan mengikuti langkah-langkah pemulihan yang tepat.
  10. Apakah ada batasan waktu untuk mengembalikan chat? Tidak ada batasan waktu tertentu, tetapi semakin baru backup Anda, semakin baik peluang pemulihan chat yang sukses.

 

Kesimpulan

Tidak perlu panik jika Anda menghapus chat WhatsApp yang penting. Dengan backup teratur dan pemahaman tentang opsi pemulihan yang tersedia, Anda dapat dengan mudah Mengembalikan Chat di WhatsApp yang hilang. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati untuk memastikan pemulihan yang berhasil. Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pemulihan, jadi pastikan Anda membuat cadangan secara teratur untuk menghindari kehilangan data berharga di masa depan.