3 Cara Mudah Mengaktifkan Dual SIM di Samsung Galaxy A Series

Mengaktifkan Dual SIM di Samsung
Mengaktifkan Dual SIM di Samsung

fJagoan Gadget – Tidak sedikit pengguna yang kebingungan bagaimana caranya untuk mengaktifkan dual SIM di Samsung, terutama pada Samsung Galaxy A Series. Beberapa tipe memang sudah mendukung untuk menggunakan 2 SIM card dual standby.

Di era ini memang hampir semua smartphone khususnya yang berbasis Android sudah dilengkapi dengan fitur dual SIM. Memang banyak kebutuhan yang lebih mudah jika pengguna punya 2 nomor ponsel.

HP Dual SIM membantu pengguna bisa punya 2 nomor telepon sekaligus tanpa harus menggunakan 2 perangkat ponsel. Kedua SIM card bisa aktif secara bersamaan di ponsel.

Termasuk di ponsel produk Korea Selatan ini, ada berbagai tipe smartphone Samsung yang menyediakan 2 slot SIM card. Akan tetapi beberapa tipe memang membutuhkan cara untuk mengaktifkan dual SIM card di Samsung.

Bagi Sobat Gadget yang pakai HP Samsung terlebih itu Galaxy seri A dan tidak bisa mengaktifkan dual SIM, berikut ini jagoangadget.com akan membagikan tutorial alias caranya!

Mengaktifkan Dual SIM di HP Samsung

Mengaktifkan Dual SIM di Samsung
Mengaktifkan Dual SIM di Samsung

Sejatinya, untuk menggunakan 2 SIM card pada ponsel yang mendukung caranya sangat mudah. Kamu tinggal aktifkan saja perangkat, pasang SIM card dikedua slot yang tersedia. Maka kedua jaringan akan aktif dan tinggal pakai saja.

Namun, jika kamu sudah melakukan langkah di atas tapi masih ada kendala hanya salah satu SIM card saja yang aktif artinya kamu harus mengaktifkan dual SIM di HP Samsung.

Jangan khawatir, jika ingin mengaktifkan Dual SIM card di HP Samsung tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Menu ‘Pengaturan’

Langkah pertama untuk aktifkan dual SIM di HP Samsung adalah dengan mengakses atau membuka menu ‘Pengaturan’. Tapi sebelumnya pastikan HP sudah aktif atau menyala dan SIM card terpasang ya.

BACA JUGA:  Cara Buat Feed Instagram Nyambung pakai Canva

Pada menu ini terdapat berbagai sub-menu untuk konfigurasi berbagai fitur, termasuk untuk menyetel jaringan dan SIM card.

2. Pilih ‘SIM Card Manager’

Secara umum jika ingin melakukan konfigurasi jaringan ataupun SIM card, kamu bisa masuk ke menu ‘Jaringan’ atau ‘Network’.

Tapi, untuk mengaktifkan Dual SIM card di HP Samsung kamu harus ke menu ‘SIM Card Manager’ yakni menu atau fitur yang digunakan untuk konfigurasi SIM card di perangkat HP Samsung terbaru.

Di menu ini, kamu akan bisa melihat berbagai konfigurasi mengenai SIM card yang bisa kamu atur. Termasuk pilihan untuk SIM 1 dan SIM 2. Biasanya, secara default atau bawaannya sudah aktif jadi kamu tidak perlu mengubahnya lagi. Kecual jika kamu ingin menonaktifkan salah satu SIM card

3. Aktifkan SIM Card

Jika kalian mencari cara untuk mengaktifkan Dual SIM di Samsung, artinya salah satu SIM card nonaktif. Pada menu SIM Card Manager kamu bisa melihat status aktif dari semua SIM card.

Jika salah satunya nonaktif dan kamu ingin menggunakan 2 SIM card sekaligus, maka aktifkan SIM card yang non aktif tadi.

Dengan begitu, semua slot SIM card aktif dan tersedia untuk digunakan. Jika ingin memakainya, tinggal pasang saja SIM card.

Kesimpulan

Sebenarnya sangat mudah untuk mengaktifkan Dual SIM di HP Samsung. Bahkan, secara bawaan kedua slot sudah aktif dan kamu hanya perlu pasang SIM card saja.

Tapi memang ada beberapa kendala yang biasanya membuat perangkat hanya mengaktifkan salah satu slot SIM card saja.

Seperti misal saat kamu beli HP bekas atau second, pemilik sebelumnya menonaktifkan salah satu slot SIM card. Jadi kamu perlu aktfikan dan menggunakan Dual SIM di HP samsung.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi HP Ngelag Samsung

Tapi akan sulit jika kamu tidak tahu bagaimana caranya untuk membuat slot SIM card aktif dan bisa digunakan. Oleh karena itu, kamu butuh tutorial di atas yang kita bahas tadi.

Ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin menggunakan 2 SIM card secara bersamaan (Dual On).

Yang pertama adalah penggunaan data yang mana kamu harus memilih salah satu SIM yang ingin digunakan sebagai data seluler. Pastikan SIM yang kamu gunakan untuk data seluler atau internet adalah SIM yang memiliki kuota internet.

Kamu juga bisa sesuaikan penggunaan internet pakai SIM 1 atau SIM 2 di menu pengaturan tadi. Jadi sebenarnya kamu bebas pasang SIM card di slot yang mana.

Setelah aktifkan Dual SIM di Samsung, berikutnya kamu juga bisa mengatur SIM card mana yang menjadi prioritas untuk dipakai melakukan panggilan atau mengirim pesan SMS.

Meski saat melakukan panggilan kamu juga bisa langsung memilih pakai SIM 1 atau SIM 2, tapi akan lebih mudah kalau kamu sudah mengaturnya terlebih dahulu.

Mudah bukan untuk menggunakan Dual SIM di Samsung? Baca juga artikel bermanfaat lainnya di kategori Tutorial.