7 Manfaat Menggunakan Treadmill Secara Tepat

 Treadmill merupakan salah satu alat olahraga kardio yang memberikan suasana berjalan ataupun berlari di dalam ruangan dengan conveyor belt yang di gerakkan menggunakan mesin ataupun secara manual. Untuk treadmill modern umumnya menggunakan sistem penggerak listrik dengan berbagai variasi. Alat ini umumnya dapat ditemukan di tempat gym/fitness. Namun, alat ini juga bisa Anda temukan di toko yang jual treadmill bandung online maupun offline yang dapat Anda beli untuk kebutuhan olahraga Anda dirumah. Ini tentu cocok buat Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk mendatangi tempat gym/fitness. Anda bisa sengaja browsing untuk menemukan toko alat fitness online atau sengaja datang ke toko offline untuk melihat-lihat secara langsung.

Treadmill sendiri terinspirasi dari alat penggilingan pada zaman dahulu saat belum ditemukannya mesin. Dimana pada saat itu pekerjaan menggiling dan menghasilkan tepung masih menggunakan tenaga manusia atau hewan.

Terdapat berbagai tipe treadmill dengan berbagai harga yang dijual di pasaran. Untuk treadmill model terbaru biasanya memiliki fitur lengkap dengan pengatur kecepatan, pengukur jarak tempuh, penghitung kalori yang telah terbakar, pengukur detak jantung, serta pengatur sudut kemiringan untuk memberikan suasana berlari di jalan menanjak untuk memaksimalkan pembakaran kalori. Sedangkan pada treadmill model lama biasanya memiliki belt yang hanya bisa digerakkan secara manual serta memiliki lebih sedikit fitur. 

Manfaat Menggunakan Treadmill

7 Manfaat Menggunakan Treadmill Secara Tepat

Melakukan olahraga rutin diatas treadmill akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Diantaranya:

Menurunkan Berat Badan

Manfaat paling jelas dari penggunaan treadmill adalah efektif untuk menurunkan berat badan. Jika Anda berlari diatas treadmill dengan kecepatan 10 km/jam selama 20 menit, maka Anda akan membakar 229 kalori. Dan jika Anda dapat meningkatkan kecepatan hingga 12 km/jam dalam waktu 20 menit, maka Anda akan membakar hampir 300 kalori. Semakin besar kalori yang terbakar maka akan semakin cepat berat badan menurun.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Treadmill memberikan latihan kardiovaskular yang hebat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berjalan kaki atau berlari akan memperlancar peredaran darah serta menyehatkan otot jantung. Peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh akan membantu meningkatkan konsentrasi serta mampu mengurangi setress. 

Meningkatkan Kekuatan Otot

Berjalan atau berlari di atas treadmill akan membantu memperkuat dan mengencangkan otot betis, bokong, dan paha Anda. Saat menggunakan fitur tanjakan di treadmill, maka akan lebih bermanfaat untuk mengencangkan kaki. Dan jika Anda berlari dengan beban tangan yang kecil, maka Anda akan dapat mengencangkan otot lengan anda secara bersamaan. 

Mencegah Osteoporosis

Saat berjalan atau berlari diatas treadmill, tulang akan secara alami mendapat rangsangan untuk menahan beban tubuh. Proses inilah yang akan membantu memperkuat tulang dan menjaga kesehatan sendi, otot, tulang, serta lutut. 

Dapat Memantau Aktivitas Olahraga

Alat treadmill yang telah di lengkapi dengan fitur lengkap, dari pengukur detak jantung, penghitung kalori yang telah terbakar, kecepatan lari, hingga jarak tempuh. Akan membantu Anda untuk lebih mudah mengatur waktu serta jenis olahraga yang Anda butuhkan. Menyesuaikan olahraga dengan kebutuhan dapat diukur melalui usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga rutinitas yang dilakukan.

Lebih Fleksibel

Treadmill menjadi alat olahraga yang fleksibel karena dapat digunakan kapan saja dan dapat digunakan di dalam rumah. Ini sesuai untuk Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan olahrga diluar ruangan. Terutama untuk Anda yang menyukai olahraga berjalan kaki dan berlari, Anda dapat melakukan olahraga favorit Anda di dalam rumah tanpa harus memikirkan cuaca di luar. 

Anda dapat melakukan treadmill di depan TV rumah Anda, di teras rumah, atau disudut manapun dirumah Anda sambil diiringi musik favorit Anda untuk menjadikan olahraga Anda lebih menarik. 

Dapat Membantu Untuk Berolahraga Dengan Konsisten

Treadmill adalah cara yang nyaman untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan latihan kardio yang Anda butuhkan untuk tetap sehat, bahkan jika itu hanya latihan kardio 30 menit selama dua kali dalam seminggu untuk memulai. Dengan peralatan yang satu ini, Anda dapat berolahraga dalam kenyamanan rumah Anda sendiri kapanpun anda mau. 

Itulah beberapa manfaat dari treadmill. Tidak peduli apakah Anda mencoba untuk membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan, menguatkan otot atau meningkatkan kesehatan jantung, nyatanya treadmill menjadi salah satu alat olahraga yang patut Anda pikirkan untuk kesehatan dan kebugaran Anda. 

FAQ

Apakah latihan di treadmill selama 20 menit dalam sehari sudah cukup?

Jika Anda memiliki jadwal yang sangat padat dan hanya memiliki sedikit waktu untuk berolahraga, maka waktu 20 menit sudah cukup untuk Anda. Namun, Anda harus memiliki pengetahuan tentang cara memaksimalkan durasi. 

Misal, rata-rata Anda dapat membakar 130 kalori dalam 2 km. Jadi, katakanlah dalam 20 menit Anda berhasil mencapai 4 km, maka Anda akan membakar 260 kalori. Untuk memaksimalkan hasil latihan Anda, tambahkan ini dengan kemiringan 3%. Namun, jika Anda adalah seorang pemula, sebaiknya mulai dengan sudut kemiringan 0,5%. Dan Anda dapat meningkatkannya secara bertahap saat Anda telah terbiasa dengan treadmill. 

Seberapa cepat saya dapat melihat hasil dari menggunakan treadmill?

Setiap orang memiliki tujuan berbeda yang ingin dicapai dari olahraga treadmill. Bisa jadi karena masalah berat badan, untuk menghilangkan setress, meningkatkan daya tahan kardiovaskular, atau bahkan untuk menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol mereka agar tetap terkendali.

Jika manajemen berat badan yang menjadi prioritas Anda, maka perubahan mungkin terlihat di minggu pertama (tergantung tubuh masing-masing). Capai daya tahan kardiovaskular yang lebih baik setiap minggu dengan meningkatkan intensitas latihan secara bertahap. Saat tubuh telah beradaptasi dengan latihan, maka tingkat kebugaran Anda juga akan meningkat secara bersamaan. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur di treadmill akan membantu kondisi mental seperti menghilangkan setress dan suasana hati yang lebih baik. 

Secara keseluruhan, hasil dapat terlihat dengan segera selama Anda melakukan latihan dengan benar. 

Bolehkah melakukan treadmill setiap hari?

Tidak ada kesalahan dalam menggunakan treadmill setiap hari selama Anda menghindari kesalahan umum dan mengikuti aturan keselamatan dari treadmill. Namun, Anda juga perlu memberikan kesempatan pada tubuh Anda untuk istirahat. Jadi, pastikan untuk mengistirahatkan tubuh satu atau dua hari dari latihan.

Berapa kecepatan terbaik di treadmill untuk menurunkan berat badan?

Latihan di treadmill merupakan aktivitas berat yang dianggap paling efektif untuk menurunkan berat badan. Kecepatan mungkin diperlukan, namun bukan berarti Anda harus selalu cepat di treadmill. 

Faktanya, kecepatan treadmill yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada lutut. Joging sebaiknya dilakukan dengan kecepatan 8 km/jam (5mph). Namun, jangan berharap ini akan efektif jika Anda menjadikannya sebagai rutinitas harian Anda. Pada akhirnya tubuh akan beradaptasi dengan gerakan serta latihan yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya variasikan kecepatan Anda saat berolahraga.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓