Cara Cari Longitude dan Latitude Google Maps untuk Alamat

Longatitude dan Latitude Google Maps
Longatitude dan Latitude Google Maps

Longitude dan latitude Google Maps – Saat ini kebutuhan alamat digital sangat dibutuhkan. Apalagi rincian alaman juga berlaku untuk kegiatan bisnis hingga profesional. Ini akan membantu user untuk membagian rincian alamat pada banyak platform digital seperti sosial media hingga aplikasi chat.

Semakin lengkap rincian alamat yang tersinkronisasi dengan maps maka  user juga akan semakin dimudahkan.

Perlu diingat bahwa data alamat kadang tidak diisi dengan rincian dari nama jalan, nomor rumah hingga detail kecamatan. Namun, user akan membutuhkan rincian lain seperti memasukkan titik koordinat dari lokasi tempat tinggal.

Rincian dari titik koordinat merupaka kombinasi pertemuan dua garis khayal yang membagi bumi dalam sebuah peta. Ini terdiri dari Longitude (garis bujur) dan Latitude (garis lintang).

Titik Longitude dan Latitude Google Maps merupakan dua garis yang saling bertemu itu akan membentuk titik koordinat sebagai penanda lokasi di peta.

Titik Longitude dan Latitude Google Maps

Longatitude dan Latitude Google Maps
Longitude dan Latitude Google Maps

User harus memahami bahwa aplikasi peta seperti Gmaps akan menampilkan rincian titik koordinat dengan mudah dan tepat.

Sayangnya, rincian ini memang cukup sulit untuk ditemukan bagi banyak user. Titik koordinat yang terdapat di Google Maps tertera lewat beberapa format, misal format derajat, menit, dan detik (DMS).

Titik koordinat di Google Maps biasanya juga ditampilkan dengan format derajat desimal atau sering juga disebut dengan DD.

Biasanya rincian dari format seperti itu bisa ditemukan saat ketika user mengakses GMaps dan membuka  rincian lokasi pada satu titik.

BACA JUGA:  10 Langkah Mudah untuk Menggunakan Google Meet

Rincin itu yang kemudian akan digunakan untuk data alamat digital. Semakin lengkap rincian yang diberikan maka titik koordinat alaman akan semakin baik.

Ini juga memudahkan user lain untuk melakukan pencarian dengan mudah dan cepat.

User juga bisa memeriksa rincian dari peta wilayah dengan menempatkan titik. Biasanya ini dilakukan dengan memeriksa kembali lingkungan sekitar dari titik yang ditempatkan.

Pastikan lokasi jalan hingga denah yang tersedia memberikan rincian dengan baik. Beberapa metode lain juga biasanya akan menyesuaikan lokasi perangkat dengan mengaktifkan fitur navigasi.

Namun, metode ini harus menempatkan perangkat sesuai dengan titik koordinat pada lokasi yang diinginkan.

Cara Cari titik Longitude dan Latitude Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel.
  2. Pilih atau cari lokasi yang ingin ditemukan titik koordinatnya.
  3. Setelah lokasi ditemukan, buka drop down menu yang tertera di bawah tampilan peta.
  4. Scroll ke bagian bawah hingga menemukan deretan angka yang tersusun sesuai dengan format titik koordinat, sebagaimana telah diterangkan sebelumnya.
  5. Tap bagian titik koordinat tersebut dan aplikasi bakal otomatis membuatkan salinannya
  6. Silakan copy dan paste titik koordinat tersebut pada kolom pengisian data alamat bila dibutuhkan.

Keuntungan Menyesuaikan Lokasi Titik Longitude dan Latitude Google Maps

Sebenarnya ada banyak keuntungan dan keunggulan yang tersedia dari penyesuaian titik melalui Gmaps.

Apalagi hal ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, akses yang tersedia membantu user untuk  mendapatkan lokasi yang sesuai.

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan tentu saja memudahkan pencarian alamat melalui Google hingga aplikasi lain. Metode ini juga membantu sinkronisasi dengan penunjuk jalan seperti Gmaps.

Hal penting lain yang menjadi pertimbangan tentu saja membantu pencarian bisnis hingga perusahaan hanya dengan memasukkan kata kunci tertentu.

BACA JUGA:  Solusi Hemat Kuota Nonton YouTube! Download APK YouTube Go!

Hal ini justru memberikan kemudahan bagi user lain untuk melakukan pencarian lokasi. Posisi di mesin pencari seperti Google juga akan semakin baik. Ini akan membantu peningkatan bisnis melalui SEO.