Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet? Ini penyebab dan Solusinya

 Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet – Salah satu provider Internet rumah yang populer adalah IndiHome. Yap, Telkom memiliki jaringan kabel optic yang cukup luas. Sehingga mampu mengjangkau lebih banyak pelanggan. Karena itu IndiHome cukup populer dan mungkin provider Wifi yang paling banyak digunakan pengguna Indonesia.

Meskipun begitu, ada beberapa pengguna yang kurang puas dengan layanan Wifi IndiHome. Sebenarnya IndiHome menawarkan beberapa paket kecepatan internet yang cukup variatif yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Stabilitas jaringan juga bisa dibilang bagus. Akan tetapi, beberapa kendala gangguan sering dialami pengguna. Salah satunya Wifi IndiHome Tidak Ada Internet.

Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet?

Kondisi Wifi IndiHome tidak ada internet adalah kondisi di mana modem masih memancarkan sinyal dan perangkat masih bisa terhubung dengan baik dengan jaringan Wifi. Tapi, karena kendala tertentu tidak ada akses internet pada jaringan tersebut. Maka, jangan heran kalau sinyal Wifi bagus tapi tidak bisa dipakai internetan.

Internet lemot saja sudah bikin jengkel, apalagi kalau tidak ada akses internet sama sekali. Sebenarnya sih tidak hanya pada Wifi IndiHome saja, ISP (Internet Service Provider) lainnya juga bisa mengalami kendala tidak ada internet.

Tapi, pada kali ini JagoanGadget.com akan mengajak Sobat sekalian untuk membahas kendala Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet. Selain mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya, kita juga akan mencari solusi untuk mengatasi kendala ini.

Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet

Penyebab Wifi IndiHome Tidak Ada Internet

Berbagai hal bisa menyebabkan Wifi IndiHome mengalami kendala Tidak Ada Internet. Dengan mengenali dan mempelajari apa yang jadi penyebabnya, kita bisa memilih solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Karena itu, sebelum membahas cara mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet, kita simak dulu penjelasan penyebab kendala ini.

1. Cuaca Buruk

Cuaca buruk seperti hujan lebat hingga badai, bisa mempengaruhi jaringan loh. Partikel air yang ada di udara bisa melemahkan, memblokir, ataupun membelokan sinyal satelit dengan begitu sinyal akan jadi tidak jelas atau lemah. 

Hal ini bisa membuat kecepatan internet jadi melambat alias lemot, bahkan sampai terputus. Jadi, terkadang kamu terhubung dengan jaringan Wifi, tapi kamu tidak bisa pakai internet karena memang akses internetnya terputus.

2. Perawatan atau Pemeliharaan (Maintenance)

Perlu dilakukan perawatan atau pemeliharaan pada suatu layanan. Hal ini bermaksud untuk memeriksa segala sesuatunya agar layanan bisa tetap berjalan dengan baik.

Begitu juga pada layanan Wifi IndiHome, yang secara berkala melakukan pemeliharaan pada sistem layanannya. Akan tetapi, memang terkadang layanan akan terganggu ketika dilakukan pemeliharan. Biasanya internet jadi lemot atau bahkan sampai terputus.

Jadi, saat kamu mengalami Wifi IndiHome Lemot atau bahkan sampai terputus, bisa jadi karena memang sedang terjadi pemeliharaan. Prosesnya biasanya tidak memakan waktu lama, kecuali memang ada kerusakan atau hal yang harus diperbaiki.

2. Kendala pada Perangkat

Penyebab Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet adalah kendala yang terjadi pada perangkat. Misal ada kerusakan pada router alias modem Wifi, atau juga bisa perangkat HP, laptop, atau komputer kamu yang mengalami kerusakan sehingga Wifi IndiHome Bermasalah.

Untuk kerusakan ada modem, cara untuk ceknya sangat mudah. Pastikan lampu indikator menyala dengan normal. Lampu indikator “Wifi” dan “Internet” pada modem wajib menyala jika memang kondisi normal. Misal kamu pakai kabel untuk menghubungkan internet dengan komputer, lampu indikator “LAN” juga seharusnya menyala.

Kalau kamu mengalami kendala pada koneksi Wifi IndiHome pada suatu perangkat, kamu bisa coba perangkat lainnya. Kalau di perangkat lain internet normal dan tidak ada masalah, mungkin ada kerusakan perangkat yang mengalami kendala.

Ada juga kendala yang mungkin terjadi, yakni kendala pada jaringan kabel optic milik IndiHome. Tentu hal ini di luar jangkauan pengguna. Kalau kamu sudah lakukan 2 saran di atas tapi tidak menemukan penyebab kenapa tidak ada internet, lebih baik minta bantuan teknisi IndiHome untuk melakukan pengecekan.

3. Terlalu Banyak Pengguna

Setiap jaringan Wifi memiliki batas maksimal pengguna yang bisa terhubung. Kapasitas tergantung pada model router atau modemnya. Standart yang digunakan pada Wifi IndiHome adalah modem dengan batas maksimal pengguna 32 orang. Namun, untuk kecepatan yang maksimal biasanya modem disetel batas maksimalnya hanya untuk 9 orang.

Meskipun bisa lebih, tapi memang disarankan untuk meminimalisir jumlah pengguna yang terhubung dengan jaringan Wifi. Hal ini bermaksud agar setiap pengguna bisa menikmati koneksi internet dengan cepat dan nyaman. Kalau terlalu banyak bisa menimbulkan kendala loh, salah satunya Wifi Terhubung tapi Tidak Ada Internet.

Tapi, seperti yang di bahas pada artikel “Cara Bobol Wifi IndiHome“, biasanya ada orang iseng yang menyusup ke dalam jaringan wifi milik kita dan menggunakan internet. Membuat pengguna Wifi jadi bertambah dan bisa menimbulkan kendala. Artikel “Cara Mengatasi Wifi Dibobol” mungkin bisa bermanfaat untuk kamu.

4. Belum Bayar Tagihan IndiHome

Pernah lupa bayar tagihan Wifi IndiHome? Saat kita lupa tidak membayar tagihan, IndiHome akan menghentikan akses internet meskipun kita masih bisa terhubung dengan jaringan Wifi. Jadi, belum bayar tagihan bisa menjadi penyebab Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet.

Tanggal jatuh tempo Wifi IndiHome adalah pada tanggal 21 setiap bulannya. Jadi, usahakan kamu bayar sebelum waktu jatuh tempo agar Internet bisa terus digunakan dengan lancar.

Cara Mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Wifi Internet Tidak Ada Internet? Nah, kalau sudah tahu apa saja yang jadi penyebabnya kita akan lebih mudah mencari solusi dan cara mengatasinya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Restart Modem atau Router Wifi

Cara yang dianggap paling ampuh oleh Customer Service ISP saat ada pelanggan yang komplain adalah restart modem atau internet. Ketika kamu komplain karena ada kendala pada Wifi IndiHome, 99% hal yang ditanyakan CS adalah “Apakah sudah coba restart modem?.”

Tidak salah sih, memang cara ini cukup ampuh untuk kendala-kendala kecil pada Wifi. Misal, saat hujan lebat tiba-tiba Wifi IndiHome Lemot, ketika hujan berhenti internet tetap lemot. Nah, saat kondisi seperti ini restart modem kebanyakan berhasil untuk mengatasi masalah.

Tidak ada salahnya kamu coba restart modem ketika mengalami kendala pada Wifi. Toh mudah kok, kamu tinggal matikan modem, tunggu selama 5-10 detik, lalu nyalakan lagi. Tapi tenang, kalau tidak berhasil kamu bisa coba Cara Mengatasi Wifi IndiHome Tidak Ada Internet berikutnya.

2. Cek Perangkat

Seperti pada penjelasan masalah Wifi IndiHome yang disebabkan kendala pada perangkat, kamu perlu melalukan pengecekan pada semua perangkat apakah memang bekerja dengan normal.

Kamu bisa cek kondisi router, apakah perangkat HP/laptop bisa berjalan lancar dengan jaringan Wifi lain, atau ada kerusakan pada kabel yang menghubungkan modem Wifi dan perangkat. Kalau memang ada kerusakan, solusinya adalah dengan mengganti perangkat baru.

Untuk modem, biasanya akan dicover ISP kalau ada kerusakan. Modem akan diganti baru asalkan kerusakan bukan diakibatkan human error.

2. Minta Bantuan Teknisi

Kenapa Wifi IndiHome akhir-akhir ini lemot? atau sampai tidak ada akses internet. Tentu ada hal yang menjadi penyebab terjadinya kendala tersebut. Kalau sudah melakukan cara 1 dan 2, kemungkinan kendala yang diluar kemampuan pelanggan untuk mengatasinya.

Kendala seperti ada kerusakan kabel optic atau masalah instalasi lainnya, tentu akan sulit mengatasinya sebagai pelanggan. Nah, untuk kendala ini lebih baik kamu meminta bantuan teknisi IndiHome yang memang sudah berpengalaman.

Kamu bisa menghubungi call center di 147 atau ke kantor Telkom terdekat untuk mengadukan kendala yang dialami. Atau kalau kamu masih punya kontak sales yang mengurus pemasangan Wifi IndiHome sebelumnya, kamu coba bisa konsultasikan kendala yang terjadi.

Bisa juga mengadukan masalah melalui Sosial Media seperti Twitter, Facebook, atau Instagram. Biasanya IndiHome memiliki Official Account untuk beberapa daerah. Nah, di sana kamu bisa melaporkan kendala melalui DM (Direct Message).

Aplikasi My IndiHome juga bisa menjadi media untuk mengadukan masalah. Kamu tinggal download aplikasinya dan buat akun. Kemudian, pilih menu “Bantuan” dan ceritakan masalah di “Lapor Gangguan”.

Sembari menunggu respon dari pihak IndiHome dan masalah teratasi, untuk gamer sementara kamu bisa main game yang offline dulu ya. Cek di 10 Game Offline Android Terbaik 2022.

3. Bayar Tagihan

Kalau masalah Wifi IndiHome Tidak Ada Internet disebabkan karena tagihan yang belum dibayar, tentu solusinya adalah dengan membayar. Kamu bisa melakukan pembayaran melalui berbagai metode. Bisa lewat minimarkte atau loket-loket yang tersedia. Bisa juga secara online melalui M-Banking, E-commerce, atau aplikasi yang menyediakan pembayaran digital lainnya.

Setelah dibayar, Internet bisa langsung aktif dalam hitungan menit Wifi IndiHome bisa digunakan secara normal.

4. Sabar (Ini Ujian)

Ada beberapa penyebab kendala Wifi IndiHome yang satu-satunya solusi adalah dengan bersabar hingga Internet bisa digunakan lagi. Seperti faktor cuaca dan adanya pemeliharaan atau perbaikan. Tentu tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu dengan sabar.

Sementara mungkin kamu bisa pakai internet dari paket mobile data yang ada di smartphone kamu. Meskipun mungkin tidak lebih stabil dan terbatas kuota, tapi ini menjadi solusi terbaik ketika Wifi IndiHome kamu sedang gangguan.

Mungkin kamu bisa pakai coba provider By.U yang harga paket internetnya cukup terjangkau. Apalagi jaringannya juga ok dipakai di manapun. Cek di Kekurangan dan Kelebihan By.u.

Akhir Kata

Kenapa Wifi IndiHome Tidak Ada Internet? Beberapa hal yang sudah kita bahas bisa menjadi penyebabnya. Karena itu, JagoanGadget.com memberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Coba cek apa yang menjadi penyebab kendala pada Wifi IndiHome. Jika memungkinkan, coba atasi sendiri. Kalau tidak bisa, minta bantuan teknisi yang sudah berpengalaman. Tapi kalau memang sedang ada gangguan atau cuaca sedang buruk, satu-satunya pilihan adalah kamu harus bersabar hingga Wifi kembali normal.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓