Kenapa HP di Cas Tapi Tidak Mengisi
Kenapa HP di Cas Tapi Tidak Mengisi

Kenapa HP Di Cas Tapi Tidak Mengisi?

Kenapa HP di cas tapi tidak mengisi? Apa sih yang jadi penyebabnya? Ini memang kendala yang sering dialami pengguna. Batre HP tidak terisi walapun dilakukan pengisian daya.

Tentu akan merepotkan kalau sampai HP tidak bisa di cas. Apalagi zaman sekarang hampir semua HP smartphone pakai teknologi batre tanam. Batre tidak bisa dilepas dan diganti dengan mudah.

Seperti yang kita bahas di artikel sebelumnya, Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam, memang ada beberapa yang menjadi penyebabnya.

Kenapa HP Di Cas Tapi Tidak Mengisi?

Ada penyebab HP tidak bisa dicas. Biasanya ada kendala pada port atau konetkor charger, sehingga daya tidak bisa masuk saat proses charging. Kalau untuk kendala ini, solusinya ya ganti port USB charger.

Tapi tidak menutup kemungkinan, penyebab HP tidak bisa d cas adalah masalah pada komponen batrenya. Ada beberapa penyebab kenapa HP di cas tapi tidak mengisi atau penyebab yang membuat HP tidak bisa di cas karena kerusakan batre.

Kenapa HP di Cas Tapi Tidak Mengisi
Kenapa HP di Cas Tapi Tidak Mengisi

• Usia Baterai

Alasan kenapa HP di cas tapi tidak mengisi yang pertama, penyebab batre rusak hingga tidak bisa di cas adalah karena faktor umur alias usia. Rata-rata, perangkat smartphone memiliki usia 5 tahun sebelum mengalami beberapa kendala kerusakan. Kalau sudah lebih dari itu, biasanya ada saja kendala termasuk pada batre.

Tapi usia juga tidak bisa menjadi patokan utama ya gaes. Cara penggunaan dan perawatan HP juga mempengaruhi kesehatan batre. Seperti main game terlalu lama sambil di cas, selain menyebabkan HP Cepat Panas, ini juga bisa mengurangi kondisi baterai.

Karena itu, cukup penting untuk menggunakan HP secara bijak. Cek di Cara Merawat HP yang Baik.

• Kepala Charger dan Kabel Rusak

Alasan lainnya kenapa HP di Cas tapi tidak mengisi adalah adanya kerusakan pada perangkat charger. Baik kepala maupun kabel charger yang rusak, tentu tidak bisa digunakan untuk mengisi daya baterai HP dengan baik.

Hal ini terkait penggunaan dan cara menyimpan juga yang membuat barang cepat rusak. Jadi kamu perlu memperhatikan cara penggunaan dan menyimpan charger, terutama kabelnya. Jangan sampai kabel tertekuk, hal ini bisa membuat kabel bagian dalamnya putus dan tidak bisa digunakan untuk cas HP.

Kualitas barang juga berpengaruh terhadap keawetannya. Gunakan produk ori atau asli agar bisa tahan lama. Tak hanya itu, menggunakan charger abal-abal juga bisa merusak HP loh.

• Kerusakan pada Komponen HP

Ada berbagai komponen yang berkaitan dengan pengisian daya batre HP. Mulai dari port charger, IC, hingga batre itu sendiri. Kebanyakan kerusakan terjadi karena penggunaan yang kurang tepat. Faktor kecelakaan juga bisa jadi penyebabnya. Seperti HP jatuh maupun kena air.

Kalau untuk kendala ini, solusi terbaiknya adalah di bawa ke tempat service. Kalau HP masih dalam garansi akan lebih mudah, bahkan tidak perlu ada biaya yang keluar.

• Sistem Error atau Bug

Penyebab kenapa HP di cas tapi tidak mengisi lainnya adalah masalah pada software. Masalah ini sendiri juga bisa disebabkan berbagai hal. Seperti:

  • Virus
  • Malware
  • Bug
  • dan sebagainya

Hal ini menyebabkan sistem error, sehingga sistem tidak bisa mendeteksi pengisian daya yang terjadi. Meskipun di cas, indikator tidak menunjukan adanya pengisian daya.

Untuk mengatasi hal ini, tentunya kamu harus menghilangkan virus atau malware yang ada. Kalau pun murni karena kesalahan sistem, reset factory jadi salah satu cara yang paling ampuh.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa penyebab kenapa HP di cas tapi tidak mengisi. Ada kendala pada hardware seperti port atau colokan cas, komponen IC terkait pengisian daya, dan juga kerusakan pada baterai itu sendiri. Ada juga yang disebabkan karena kerusakan software.

Untuk kerusakan software terutama yang dikarenakan virus ataupun malware, untuk cara mengatasinya lebih mudah. Sebenarnya perangkat tetap terisi dayanya, hanya saja sistem dimanipulasi sehingga tidak menunjukkannya pada indikator. Solusi paling tepat adalah menghilangkan virus atau malware itu sendiri. Reset ulang HP bisa jadi cara yang paling mudah sekaligus ampuh.