IMEI Kemenperin itu Apa sih?

IMEI Kemenperin itu Apa
IMEI Kemenperin itu Apa

Baru-baru ini sedang viral pertanyaan tentang IMEI Kemenperin itu Apa. Memang, sebelumnya kedua hal ini tidak ada keterkaitannya. IMEI masuk dalam bidang teknologi, sedangkan Kemenperin sendiri merupakan kementrian yang membidangi urusan perindustrian.

Tapi memang beberapa fenomena yang terjadi belakangan ini membuat keduanya saling berkaitan. Salah satunya masalah iPhone Hanya bisa Smartfren. Dan beberapa kejadian lain yang menyebabkan perangkat HP terutama iPhone tidak keluar sinyal disebabkan IMEI nya diblokir Kemenperin. Kok bisa?

IMEI Kemenperin itu Apa?

jagoangadget.com sendiri sudah membahas berbagai topik mengenai fenomena ini. Bagi Sobat Gadget yang penasaran bisa cek di tag IMEI. Di sana banyak artikel yang membahas mengenai pemblokiran IMEI iPhone yang dilakukan Kemenperin.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai IMEI Kemenperin itu apa, kita akan bahas terlebih dahulu pengertian masing-masing dari kedua hal tersebut. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang dalam bahasa Indonesia mungkin bisa dimaknai sebagai identitas perangkat mobile internasional. IMEI merupakan rangkaian angka yang berjumlah 16 digit, yang menjadi identitas sebuah device mobile.

Pernah beli HP dong? Pasti ada nomor IMEI nya dong? Nah, itu adalah nomor yang menjadi identitas dari perangkat HP atau smartphone tersebut.

IMEI sendiri memiliki berbagai fungsi. Salah satunya untuk mendapatkan jaringan dari penyedia atau provider seluler. Kalau diblokir, tentu perangkat tidak bisa mendapatkan sinyal.

Apa itu Kemenperin?

Kemenperin adalah Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, yang biasanya juga disebut dengan Kemenperin RI. Lembaga ini memiliki kewenangan di bidang perindustrian dan manufaktur.

BACA JUGA:  5 Ciri Khas Desain Rumah Bali Modern yang Perlu Kamu Ketahui

Pada tahun 2020, Kemenperin menerapkan sebuah kebijakan untuk membatasi peredaran perangkat HP ilegal di pasar Indonesia. HP-HP yang masuk ke Indonesia tanpa melalui prosedur yang ada.

Tentang Istilah “IMEI Kemenperin”

Saat terjadi fenomena yang menyebabkan banyak perangkat HP hilang sinyal karena IMEI nya tak terdaftar di database Kemenperin dan diblokir, muncul lah istilah IMEI Kemenperin. Istilah ini juga sering digunakan pada jasa-jasa yang menawarkan solusi untuk mengatasi masalah IMEI diblokir.