Gaji UMR? Tetap Bisa Kredit Mobil dengan Trik Ini!

Kredit Mobil
Kredit Mobil

Kredit Mobil – Saat ini, harga mobil Avanza sangat bervariasi, mulai dari 200an juta rupiah sampai hampir menyentuh 300 juta rupiah. Nilai itu cukup besar bagi sebagian orang, mungkin kalangan yang memiliki gaji UMR pun berpendapat demikian.

Tips Kredit Mobil dengan Gaji UMR

Kredit Mobil
Kredit Mobil

Sayangnya, pemakaian mobil pun menjadi kebutuhan penting bagi sejumlah individu. Meskipun di kota-kota besar membutuhkan biaya banyak untuk tempat tinggal, makan, dan lainnya, kendaraan pribadi merupakan opsi terbaik untuk bepergian dibanding transportasi umum.

1. Mengelola Keuangan

Pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan metode 50-30-20; 50% untuk keperluan harian, 30% untuk hutang atau cicilan, dan 20% untuk tabungan. Setelah itu, target alokasi tabungan digunakan untuk membayar DP atau uang muka kredit mobil.

Perhatikan kembali berapa nominal 30% yang berhasil dikumpulan untuk membayar cicilan. Cari kredit yang nominal cicilannya tidak lebih dari persenan khusus untuk cicilan dari besar gaji.

2. Melakukan Pekerjaan Sampingan

Pekerjaan sampingan yang ringan dan cocok untuk dicoba adalah menjual snack atau jajanan kecil atau menjadi seorang reseller. Menjadi freelancer atau pekerja lepas juga direkomendasikan, terlbih perusahaan yang bergerak di bidang kreatif sering membuka lowongan untuk freelancer.

3. Harga Mobil Sesuai Budget

Mungkin target pembelian adalah mobil Avanza. Karena itu, pilihlah harga mobil Avanza yang akan dibayar dengan sistem kredit yang sesuai dengan kondisi finansial. Pilih harga yang terjangkau atau lebih murah dibanding harga yang pas-pasan.

BACA JUGA:  Cara Aktivasi Aplikasi MyBCA Paling Mudah

Selain itu, mobil baru tidak harus menjadi pilihan utama karena gengsi. Banyak mobil Avanza bekas yang kondisinya masih bagus. Namun memang, keseluruhan mobil harus diperiksa, termasuk bagian mesin serta surat-suratnya.

4. Menyiapkan Uang Muka

Sebelum mulai mengajukan kredit, siapkan dahulu uang muka atau DP sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Biasanya, DP ini wajib dilunasi sebesar minimal 25-30 persen dari harga mobil Avanza yang sesungguhnya.

Misalnya, mobil dijual seharga Rp230.000.000. Maka DP yang wajib disiapkan ialah sebesar Rp57.500.000 sampai Rp69.000.000. Gunakan uang dari tabungan 20% dari gaji yang sudah dialokasikan pada tips sebelumnya.

5. Memilih Tenor Panjang

Berikutnya, ambil tenor panjang saat mengajukan kredit mobil. Ini akan membuat nominal cicilan lebih ringan. Risikonya, semakin panjang tenor, maka semakin tinggi pula bunga yang harus dibayarkan bersama cicilan.

Solusinya adalah, pilih masa tenor yang cukup ideal, yakni empat atau lima tahun agar bunga pun tidak terlalu membludak. Ini dikarenakan mobil Avanza pun memerlukan perawatan seiring waktu berjalan, dan membutuhkan biaya juga untuk membayarnya.

6. Biaya Perawatan dan Pajak Mobil

Sesudah selesai dengan urusan cicilan dan harga mobil Avanza, persiapan selanjutnya adalah pajak tahunan dan biaya asuransi mobil. Bukan cuma itu, biaya bahan bakar dan perawatan juga harus masuk ke dalam alokasi dana.

Pengajuan kredit mobil Avanza memang perlu pertimbangan penuh, khususnya jika gaji masih di level UMR. Atasi kebingungan dan cegah kesalahan dalam mengajukan kredit dengan SEVA, solusi permasalahan terkait kredit mobil para penggunanya.