Email  

Jangan Lewatkan! Cara Forward Email Secara Otomatis di Gmail!

Forward Email Secara Otomatis
Forward Email Secara Otomatis

Jika Anda sering menerima banyak email di akun Gmail Anda dan ingin mengatur agar beberapa pesan masuk bisa diteruskan ke alamat lain secara otomatis, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mudah tentang cara meneruskan email secara otomatis di Gmail, sehingga Anda dapat mengelola kotak masuk dengan lebih efisien.

Cara Forward Email Secara Otomatis di Gmail
Cara Forward Email Secara Otomatis di Gmail

 

Cara Forward Email Secara Otomatis di Gmail

1. Mengaktifkan Fitur Forwarding di Gmail

Langkah pertama dalam mengatur penerusan email otomatis adalah dengan mengaktifkan fitur forwarding di akun Gmail Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Gmail dan login ke akun Anda.
  2. Klik pada Gear Icon di pojok kanan atas dan pilih “See all settings” (Lihat semua pengaturan).

 

2. Pilih Menu “Forwarding and POP/IMAP”

Setelah Anda mengklik “See all settings”, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan Gmail. Di sini, pilih opsi “Forwarding and POP/IMAP” dari daftar tab di atas.

 

3. Aktifkan Penerusan

Di bagian “Forwarding”, klik pada tombol “Add a forwarding address” untuk menambahkan alamat email tujuan di mana Anda ingin meneruskan pesan masuk.

 

4. Verifikasi Alamat Email Tujuan

Setelah menambahkan alamat email tujuan, Gmail akan mengirimkan email verifikasi ke alamat tersebut. Buka email tersebut dan klik tautan verifikasi untuk mengonfirmasi alamat email.

 

5. Pilih Opsi Penerusan

Setelah alamat email tujuan diverifikasi, kembali ke pengaturan “Forwarding” di Gmail. Aktifkan opsi “Forward a copy of incoming mail to” dan pilih alamat email yang baru saja Anda verifikasi dari menu dropdown.

 

6. Pilih Opsi “Keep Gmail’s copy in the Inbox” (Opsional)

Jika Anda ingin menyimpan salinan email di kotak masuk Gmail setelah diteruskan, pastikan Anda memilih opsi “Keep Gmail’s copy in the Inbox”. Jika tidak, pilih opsi “Archive Gmail’s copy” atau “Delete Gmail’s copy” sesuai preferensi Anda.

 

7. Simpan Perubahan

Setelah Anda mengatur penerusan email di Gmail dan melakukan semua pengaturan yang diperlukan, langkah terakhir yang sangat penting adalah menyimpan perubahan yang telah Anda buat. Dengan menyimpan perubahan, semua pengaturan penerusan email yang Anda atur akan diaktifkan dan berlaku untuk akun Gmail Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyimpan perubahan:

  1. Periksa Kembali Pengaturan
    • Pastikan Anda telah mengatur alamat email tujuan dengan benar dan memilih opsi penerusan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Klik Tombol “Save Changes”
    • Setelah Anda selesai mengatur pengaturan penerusan, gulir ke bagian bawah halaman “Forwarding and POP/IMAP” di pengaturan Gmail.
    • Klik pada tombol “Save Changes” untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.
  3. Tunggu Hingga Perubahan Tersimpan
    • Setelah Anda mengklik tombol “Save Changes”, Gmail akan menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
    • Tunggu sejenak hingga perubahan disimpan dan dikonfirmasi oleh Gmail.
  4. Verifikasi Pengaturan
    • Setelah perubahan tersimpan, pastikan untuk memverifikasi bahwa pengaturan penerusan email telah berlaku dengan benar.
    • Anda dapat melakukan penerimaan pesan uji atau memastikan bahwa pengaturan penerusan yang Anda atur sudah berjalan sesuai yang diharapkan.
  5. Edit Jika Diperlukan
    • Jika ada kesalahan atau perubahan yang perlu dilakukan, Anda dapat kembali ke pengaturan “Forwarding and POP/IMAP” dan melakukan perubahan sesuai kebutuhan.
    • Jangan lupa untuk menyimpan perubahan setelah Anda melakukan edit.
BACA JUGA:  Mau Lamar Kerja? Ini Dia Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

 

8. Penerimaan Pesan Uji (Opsional)

Setelah Anda mengatur penerusan email di Gmail, sangat dianjurkan untuk melakukan penerimaan pesan uji atau tes untuk memastikan bahwa penerusan email berfungsi dengan benar. Dengan mengirimkan pesan uji, Anda dapat memastikan bahwa email dari akun Gmail Anda berhasil diteruskan ke alamat tujuan yang telah Anda tentukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan penerimaan pesan uji:

  1. Mintalah Seseorang untuk Mengirimkan Pesan Uji
    • Hubungi teman atau kolega Anda dan mintalah mereka untuk mengirimkan pesan uji ke akun Gmail Anda.
    • Pastikan pesan uji tersebut dikirimkan dari alamat email yang berbeda dengan akun Gmail Anda agar Anda dapat melihat penerusan yang berfungsi dengan benar.
  2. Periksa Penerimaan Pesan Uji
    • Buka akun Gmail Anda dan periksa kotak masuk. Pesan uji yang dikirimkan oleh teman atau kolega Anda seharusnya muncul di kotak masuk Gmail Anda.
  3. Pastikan Pesan Diteruskan dengan Benar
    • Setelah menerima pesan uji, periksa apakah pesan tersebut telah diteruskan ke alamat email tujuan yang telah Anda tentukan.
    • Pastikan bahwa alamat email tujuan yang Anda verifikasi sebelumnya menerima pesan uji tersebut dengan sukses.
  4. Verifikasi Konten Pesan
    • Selain memastikan bahwa pesan diteruskan dengan benar, pastikan untuk memeriksa konten pesan yang diteruskan.
    • Pastikan bahwa konten pesan, termasuk lampiran dan format teks, tidak mengalami perubahan atau kesalahan dalam proses penerusan.
  5. Perbaiki Jika Diperlukan
    • Jika ada masalah dengan penerusan pesan uji, periksa kembali pengaturan penerusan di Gmail Anda.
    • Pastikan bahwa alamat email tujuan telah diverifikasi dengan benar dan pengaturan penerusan telah diaktifkan.
  6. Konsultasikan Jika Perlu
    • Jika Anda menghadapi kesulitan atau masalah yang tidak dapat Anda selesaikan, jangan ragu untuk mencari bantuan atau berkonsultasi dengan tim dukungan Gmail.

 

9. Edit atau Nonaktifkan Penerusan (Opsional)

Setelah Anda mengatur penerusan email di Gmail, ada kemungkinan Anda perlu mengedit pengaturan atau bahkan menghentikan penerusan tersebut di masa mendatang. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan edit atau nonaktifkan penerusan email:

  1. Edit Pengaturan Penerusan
    • Buka Gmail dan login ke akun Anda.
    • Klik pada Gear Icon di pojok kanan atas dan pilih “See all settings” (Lihat semua pengaturan).
    • Pilih tab “Forwarding and POP/IMAP” dari daftar tab di atas.
    • Di bagian “Forwarding”, klik pada alamat email tujuan yang telah Anda tambahkan sebelumnya.
    • Edit alamat email tujuan sesuai kebutuhan Anda, dan pastikan untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol “Save Changes” di bagian bawah halaman.
  2. Nonaktifkan Penerusan Email
    • Buka Gmail dan login ke akun Anda.
    • Klik pada Gear Icon di pojok kanan atas dan pilih “See all settings” (Lihat semua pengaturan).
    • Pilih tab “Forwarding and POP/IMAP” dari daftar tab di atas.
    • Di bagian “Forwarding”, hilangkan centang pada opsi “Forward a copy of incoming mail to”.
    • Pastikan untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol “Save Changes” di bagian bawah halaman.
BACA JUGA:  Wow, Terungkap! Cara Rahasia Forward Email di Gmail dengan Mudah!

Jika Anda mengedit pengaturan penerusan email, pastikan untuk memverifikasi alamat email tujuan yang baru, terutama jika Anda mengganti dengan alamat yang belum pernah diverifikasi sebelumnya.

 

10. Mengelola Penerusan Email

Setelah mengatur Forward Email Secara Otomatis di Gmail, penting untuk tetap mengelola pengaturan tersebut agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola penerusan email dengan efisien:

  • Pastikan untuk secara berkala memeriksa alamat email tujuan apakah masih aktif dan valid. Jika alamat email tersebut sudah tidak digunakan lagi, segera gantilah dengan alamat email yang aktif.
  • Jika Anda meneruskan email ke alamat lain untuk tujuan tertentu, pastikan untuk menyimpan salinan pesan tersebut di kotak masuk Gmail Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk tetap memiliki arsip pesan penting.
  • Jika Anda tidak ingin meneruskan email dari beberapa sumber, pastikan untuk mengatur filter untuk menghindari pesan-pesan yang tidak relevan diteruskan.
  • Selalu periksa folder “Sent” di kotak masuk Anda untuk memastikan bahwa pesan yang Anda harapkan untuk diteruskan telah terkirim dengan benar.
  • Gunakan fitur penerusan email dengan bijaksana dan hanya untuk tujuan yang benar-benar diperlukan. Terlalu banyak penerusan email dapat menyebabkan kotak masuk Anda menjadi berantakan dan sulit diatur.
  • Pastikan untuk memeriksa daftar alamat yang telah Anda tambahkan ke pengaturan penerusan email secara berkala. Jika ada alamat yang sudah tidak relevan atau perlu dihapus, lakukanlah penghapusan agar daftar tetap terorganisir.
  • Jangan lupa untuk melakukan uji coba penerusan email dengan mengirimkan pesan uji ke akun Gmail Anda. Pastikan bahwa pesan tersebut diteruskan dengan benar ke alamat tujuan yang telah Anda tentukan.
  • Jika Anda menghadapi masalah atau pertanyaan terkait penerusan email, kunjungi halaman Bantuan Gmail untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau solusi.
  • Lakukan evaluasi secara berkala terhadap penerusan email yang telah Anda atur. Jika ada kebutuhan baru atau perubahan dalam kebutuhan Anda, sesuaikan pengaturan penerusan email sesuai dengan situasi terkini.
  • Terakhir, tetap mengamati kotak masuk Gmail Anda secara berkala. Pastikan bahwa penerusan email berjalan lancar dan tidak ada masalah dalam prosesnya.
BACA JUGA:  Ini Dia Cara Mengganti Bahasa Gmail dalam Sekejap, Kamu Harus Tahu!
Cara Forward Email Secara Otomatis di Gmail
Cara Forward Email Secara Otomatis di Gmail

 

FAQ – Cara Forward Email Secara Otomatis di Gmail

  1. Apakah saya bisa Forward Email Secara Otomatis dari beberapa akun Gmail ke satu alamat tujuan? Ya, Anda bisa. Prosesnya sama dengan langkah-langkah di atas, tambahkan alamat email tujuan untuk setiap akun Gmail yang ingin Anda teruskan.
  2. Apakah saya bisa menghapus penerusan email di kemudian hari? Ya, Anda dapat kembali ke pengaturan “Forwarding” di Gmail dan nonaktifkan opsi penerusan atau mengedit alamat email tujuan sesuai kebutuhan.
  3. Apakah saya perlu mengunduh aplikasi atau ekstensi khusus untuk mengaktifkan penerusan email? Tidak perlu. Gmail memiliki fitur penerusan email built-in yang dapat diatur melalui pengaturan akun.
  4. Berapa lama pesan diteruskan setelah tiba di akun Gmail saya? Pesan akan langsung diteruskan ke alamat email tujuan setelah tiba di kotak masuk Gmail Anda, asalkan Anda memiliki koneksi internet aktif.
  5. Apakah saya bisa meneruskan email hanya berdasarkan kriteria tertentu, misalnya hanya email dari kontak tertentu? Saat ini, Gmail tidak memiliki opsi penerusan email berdasarkan kriteria tertentu secara bawaan. Namun, Anda dapat menggunakan fitur filter untuk mencapai tujuan tersebut.
  6. Apakah alamat email tujuan harus di dalam domain Gmail? Tidak, Anda dapat meneruskan email ke alamat email di luar domain Gmail, asalkan Anda dapat memverifikasi kepemilikan alamat tersebut.
  7. Bisakah saya meneruskan email ke lebih dari satu alamat tujuan sekaligus? Saat ini, Gmail hanya mendukung penerusan ke satu alamat tujuan. Jika Anda ingin meneruskan ke beberapa alamat, Anda perlu membuat pengaturan penerusan terpisah untuk setiap alamat.
  8. Apakah saya akan menerima notifikasi jika penerusan email gagal? Gmail biasanya tidak memberikan notifikasi khusus jika penerusan email gagal. Namun, Anda dapat memeriksa folder Sent (Terkirim) untuk memastikan bahwa pesan telah diteruskan dengan benar.
  9. Bisakah saya Forward Email Secara Otomatis hanya pada jam-jam tertentu atau hari-hari tertentu? Saat ini, Gmail tidak memiliki fitur penerusan terjadwal secara bawaan. Namun, Anda dapat menggunakan ekstensi atau aplikasi pihak ketiga untuk mencapai tujuan tersebut.
  10. Apakah saya dapat mengatur Forward Email Secara Otomatis untuk pesan yang telah saya baca sebelumnya? Ya, Anda dapat mengatur Forward Email Secara Otomatis untuk pesan yang sudah ada di kotak masuk Anda sebelum mengaktifkan fitur penerusan. Namun, pesan yang telah dibaca sebelumnya hanya akan diteruskan setelah Anda mengaktifkan penerusan.

 

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda sekarang dapat mengatur Forward Email Secara Otomatis di akun Gmail Anda. Fitur ini sangat membantu ketika Anda ingin mengelola email dari beberapa akun atau ketika Anda ingin segera mendapatkan salinan email di alamat lain. Ingatlah untuk selalu memverifikasi alamat email tujuan untuk memastikan bahwa email Anda diteruskan dengan sukses.