Fitur Split Screen, Buat Layar HP jadi 2 Bagian

Fitur Split Screen
Fitur Split Screen

Fitur Split Screen adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagi layar monitor menjadi beberapa area yang berbeda, sehingga dapat menampilkan beberapa aplikasi atau dokumen dalam waktu yang sama.

Yap, Teknologi dimana layar smartphone samsung dapat dibagi menjadi 2 bagian yang bisa berjalan secara bersama adalah fitur Split Screen.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan fitur yang bisa membuat layar jadi 2 bagian:

  • Meningkatkan produktivitas: Dengan menggunakannya, pengguna dapat dengan mudah melihat beberapa aplikasi atau dokumen dalam waktu yang sama, tanpa perlu beralih di antara mereka. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.
  • Memperbaiki multitasking: Dalam dunia yang semakin sibuk ini, multitasking menjadi semakin penting. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menjalankan beberapa tugas sekaligus atau bahkan membagi tugas dengan rekan kerja dalam waktu yang sama.
  • Menghemat waktu: Dalam beberapa kasus, pengguna harus melihat beberapa dokumen atau aplikasi dalam waktu yang bersamaan untuk membuat keputusan atau merancang suatu strategi. Dengan menggunakan fitur Split Screen, pengguna dapat menghemat waktu dengan melihat beberapa dokumen atau aplikasi dalam waktu yang sama.
  • Meningkatkan fokus: Pengguna dapat menggunakan fitur satu ini untuk membagi layar monitor menjadi dua atau lebih area yang berbeda, agar dapat fokus pada tugas yang sedang dilakukan. Misalnya, pengguna dapat membagi layar untuk mengedit dokumen di satu sisi dan untuk mengakses catatan di sisi lainnya.

Dengan menggunakan fitur pemisah layar, pengguna dapat melakukan multitasking dengan lebih efektif dan cepat, meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, dan fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.

Oleh karena itu, fitur ini sangat dianjurkan bagi seseorang yang menggunakan banyak aplikasi atau dokumen dalam pekerjaannya sehari-hari.

BACA JUGA:  Harga Xiaomi 12 Lite Termurah, Spesifikasi dan Review

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen Pada Android

Fitur Split Screen
Fitur Split Screen

Cara Mengaktifkan Fitur Split Screen Pada Android memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dengan tampilan layar yang terpisah menjadi dua bagian. Dengan fitur ini, pengguna dapat lebih mudah melakukan multitasking dan memaksimalkan penggunaan layar yang ada.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pertama-tama buka aplikasi yang ingin digunakan sebagai aplikasi pertama, lalu tahan tombol navigasi terbaru (menu navigasi) pada perangkat Android Kamu selama beberapa detik.

Setelah itu, akan muncul opsi untuk menggunakan fitur pemisah layar. Pilih aplikasi kedua yang ingin digunakan, dan secara otomatis tampilan layar akan terbagi menjadi dua bagian. Kamu dapat menyesuaikan ukuran tampilan pada masing-masing bagian dengan cara menggeser garis pembatas antara kedua aplikasi.

Dengan fitur yang memisahkan layar, pengguna dapat lebih produktif dan efisien dalam melakukan berbagai tugas di perangkat Android mereka.

Melalui Tombol Recent Apps

Melalui tombol Recent Apps, Kamu dapat melihat daftar aplikasi yang terakhir digunakan di ponsel Kamu. Tombol ini biasanya terletak di dekat tombol Home pada ponsel Android. Dengan menekan tombol Recent Apps, Kamu dapat dengan mudah beralih antara aplikasi yang terbuka dan melanjutkan aktivitas yang terputus sebelumnya.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan lebih efisien dan menjaga produktivitas mereka. Selain itu, tombol Recent Apps juga dapat membantu pengguna dalam mengelola dan menutup aplikasi yang terbuka secara berlebihan, yang dapat memperpanjang umur baterai dan meningkatkan kinerja ponsel secara keseluruhan.

Melalui Menu Settings

Anda dapat membuat sebuah paragraf dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman atau dokumen tempat Kamu ingin menambahkan paragraf tersebut.
  2. Pada menu utama, klik atau buka menu Settings.
  3. Setelah masuk ke menu Settings, klik pada opsi Paragraph.
  4. Kamu akan melihat beberapa opsi pengaturan pada kotak dialog Paragraph, termasuk pengaturan untuk indentation, spacing, alignment, dan lain-lain.
  5. Untuk membuat paragraf utama, cukup mulai mengetik pada baris kosong. Untuk membuat paragraf selanjutnya, tekan tombol Enter di keyboard.
  6. Setelah selesai mengetik, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah Kamu buat.
BACA JUGA:  Smartphone dengan Refresh Rate Tinggi untuk Main Game

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu dapat membuat paragraf baru melalui menu Settings dalam dokumen Kamu.

Aplikasi yang Mendukung Fitur Split Screen pada Android

Aplikasi Android dengan fitur Split Screen semakin banyak diminati karena memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus di satu layar. Hal ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin multitasking dengan lebih efektif.

Fitur ini memungkinkan kita untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan, dengan membagi layar menjadi dua bagian yang sama besar atau tidak sama besar. Beberapa aplikasi yang mendukung fitur Split Screen di antaranya adalah Google Chrome , Google Maps, Facebook, Instagram, dan YouTube.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengakses dan menggunakan dua aplikasi sekaligus tanpa harus terus-menerus memindahkan keduanya dari satu layar ke layar yang lain.

Daftar Aplikasi yang Mendukung

Daftar aplikasi yang mendukung fitur split-screen semakin banyak dan semakin populer di kalangan pengguna perangkat yang memiliki tampilan layar besar. Salah satu contoh aplikasi yang mendukung fitur ini adalah Google Spreadsheet, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit spreadsheet secara online dengan fitur berbagi secara real-time yang aman .

Selain itu, ada juga aplikasi HTML editor yang memiliki fitur penting untuk membuat website yang ramah SEO . Adobe Premiere Pro juga merupakan contoh aplikasi editing video yang mendukung fitur ini. Pelajari juga cara menggunakan fitur split-screen pada Windows 10 dengan kombinasi tombol Ctrl + Shift + N atau Windows key + Tombol panah kanan untuk memindahkan aplikasi .

Semua fitur ini dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan lebih efektif pada perangkat yang mendukung fitur ini.

Cara Menggunakan Fitur Split Screen di Aplikasi-Aplikasi Tersebut

Cara Menggunakan Fitur Split Screen di Aplikasi-Aplikasi Tersebut dapat bervariasi tergantung pada jenis aplikasi yang digunakan. Beberapa aplikasi seperti Google Dokumen atau Canva sudah menyediakan fitur split screen secara native, yang memungkinkan pengguna untuk membagi layar dan menampilkan dua jendela aplikasi secara bersamaan .

BACA JUGA:  Referensi HP Gaming Second Dibawah 1 Juta

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu mengakses menu split screen dan memilih aplikasi yang ingin ditampilkan di setiap bagian layar yang dibagi. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, beberapa aplikasi lain seperti editor HTML juga menghadirkan fitur split screen untuk memudahkan pekerjaan saat mengedit kode .

Untuk aplikasi yang tidak menyediakan fitur split screen secara native, pengguna masih bisa menggunakan fitur serupa melalui aplikasi pihak ketiga atau dengan membagi layar secara manual. Dengan penggunaan fitur split screen, pengguna dapat memaksimalkan pengalaman multitasking di perangkat mereka dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja dengan aplikasi secara bersamaan.

Kelebihan

Mendapatkan pengalaman split screen yang lebih baik memiliki beberapa kelebihan. Dengan fitur ini, Kamu dapat bekerja lebih efisien dan produktif karena dapat melihat dan mengakses dua aplikasi atau dokumen secara bersamaan.

Dalam beberapa kasus, ini bahkan dapat menggantikan kebutuhan untuk memiliki beberapa monitor. Selain itu, fitur split screen juga dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus beralih antara aplikasi, menghemat waktu dan usaha Kamu.

Dengan demikian, penggunaan pengalaman split screen yang lebih baik dapat meningkatkan efisiensi Kamu dalam bekerja dan memberi Kamu fleksibilitas dalam menyesuaikan pengaturan tampilan untuk memenuhi kebutuhan Kamu.

Akhir Kata

Berikut adalah paragraf yang bisa dibuat dengan menggunakan kata-kata dari search results yang diberikan:”Berkaitan dengan fitur split screen pada perangkat Android, Akhir Kata kami adalah kemudahan dalam melakukan multitasking secara efektif.

Dengan fitur ini, Kamu dapat membuka dua aplikasi sekaligus untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dengan lebih efisien . Selain itu, efek garis bawah juga tersedia di Discord dan mudah diaktifkan dengan mengetik dua garis bawah di awal dan akhir pemilihan teks .

Semua ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik terhadap usability. Bagaimana pendapat Kamu?”