Fitur Audio Hi-Res, Bikin Denger Musik jadi Lebih Seru!

Ada banyak sekali fitur audio yang bisa membuat pengalaman audio jadi lebih baik. Fitur semacam ini sangat cocok digunakan ketika dengerin lagu baik melalui speaker aktif ataupun Headset.

Terkadang memang file audio memiliki kualitas yang buruk, terutama kalau kamu dapatnya dari link download situs bajakan.

Kurang nyaman sih dengerinnya kalau file audio kurang maksimal. Meski tetap bisa didengar, tapi tetap saja kerasa ada yang kurang.

Nah, fitur-fitur audio ini bisa memperbaiki kualitas audio sehingga bisa lebih nyaman untuk didengarkan.

Apa itu Fitur Audio Hi-Res?

Hi-Res adalah salah satu fitur audio yang dapat memperbaiki kualitas audio. Hi-Res sendiri, merupakan singkatan dari High-Resolustion.

Ya, mungkin kalau di bidang visual kita mengenal istilah HD atau HD+ yang kurang lebih mirip yakni sebuah singkatan dari High Definision. Yakni sebuah istilah untuk kualitas visual yang baik.

Secara umum, fitur audio ini merujuk pada proses atau format digital untuk memproduksi audio dengan tingkat pengambilan sampel lebih tinggi daripada Compact Disc alias CD.

Tidak semua file audio dan perangkat bisa mendukung Hi-res. Minimal pemutaran musik dengan frekuensi sampling lebih dari 44,1kHz dan kedalaman bit lebih dari 16-bit, baru mendukung fitur ini.

Tapi itu minimalnya ya, kalau idealnya beda lagi. Yakni di 96kHZ/24-bit atau yang lebih tinggi 192kHz/24-bit.

Tingkat sampling yang lebih tinggi bisa memproses data audio lebih banyak. Kurva dari sinyal digital juga bisa lebih rapat.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓