Cara Mudah Scan Barcode di HP OPPO tanpa Aplikasi

Scan Barcode di HP OPPO
Scan Barcode di HP OPPO

Scan Barcode di HP OPPO sering kali berguna untuk berbagai kebutuhan dengan perangkat smartphone kita. Misal seperti untuk pembayaran digital, menyambungkan jaringan Wifi, dan sebagainya.

Pemindaian barcode atau kode batang ini pastinya bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan loh. Meski memang ada banyak aplikasi yang menawarkan fungsi pemindaian barcode.

Scan Barcode di HP OPPO bisa dilakukan langsung menggunakan fitur kamera yang ada di HP. Dengan beberapa cara, kita bisa memindai barcode tanpa aplikasi di HP OPPO.

Apa itu Barcode?

Barcode adalah sebuah kumpulan data yang bisa dibaca dengan menggunakan perangkat optik, seperti salah satunya kamera HP.

Teknologi yang juga disebut dengan QR Code atau Kode QR ini merupakan kumpulan data yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Kita ambil contoh saja penggunaannya pada supermarket atau pusat perbelanjaan lainnya. Tentu kita akan melihat kasir atau pegawai akan memindai barang belanjaan kita untuk bisa mengetahui harganya.

Pemindaian tersebut merupakan pengidentifikasian barang yang kita beli, sehingga perangkat atau mesin kasir bisa tahu harga barang yang datanya sudah diinput sebelumnya.

Fungsi Barcode

Selain kebutuhan untuk kasir mengidentifikasi barang belanjaan pelanggan sebagaimana yang sering kita temui setiap hari, ada fungsi lain yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya.

• Membuka Tautan (Website)

Cara scan barcode di HP OPPO dan juga ponsel lainnya sering dimanfaatkan untuk membagikan link situs website. Barcode mengandung informasi link tersebut, sehingga ketika dipindai perangkat akan mendeteksi bahwa barcode yang dipindah merupakan data link website.

BACA JUGA:  Bagusan Xiaomi atau OPPO sih? Ini Perbandingannya

Jadi, ketika dipindai pengguna bisa langsung menuju halaman website dalam barcode tersebut. Tidak perlu lagi repot-repot ketik ataupun copy-paste alamat website jika ingin membagikannya.

• Menghubungkan Wifi tanpa Password

Seperti yang di bahas pada hprealme.com pada artikel Cara Scan Barcode Wifi di HP realme, fungsi dari barcode lainnya adalah bisa menghubungkan perangkat ke sebuah jaringan Wifi tanpa password alias sandi.

Jadi, pengguna hanya perlu memindai jaringan Wifi saja maka perangkat secara otomatis bisa tersambung langsung ke jaringan tanpa kata sandi.

• Pembayaran Digital

Fungsi memindai barcode di HP OPPO yang terakhir adalah untuk pembayaran digital. Pengguna bisa melakukan pembayaran ataupun transfer secara digital hanya dengan memindai barcode.

Jadi tidak perlu memasukkan kode pembayaran ataupun nomor rekening. Tinggal scan saja untuk proses pembayaran yang lebih mudah dan Cepat.

Cara Scan Barcode di HP OPPO tanpa Aplikasi

Scan Barcode di HP OPPO
Scan Barcode di HP OPPO

Seperti yang sudah kita bahas di awal, untuk melakukan memindai barcode di HP OPPO sangatlah mudah. Bisa dilakukan tanpa menginstal aplikasi tambahan yang tersedia di Google Play Store.

Scan Barcode di HP OPPO bisa langsung dilakukan dengan memanfaatkan fitur kamera bawaan yang ada di perangkat. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Scan Barcode di HP OPPO
Cara Scan Barcode di HP OPPO
  1. Buka kamera yang ada di HP OPPO
  2. Setelah itu, ketuk ikon dengan gambar garis tiga
  3. Lanjut pilih ‘Google Lens’
  4. Untuk beberapa perangkat dengan sistem operasi lebih tinggi mungkin tidak perlu tahap ini
  5. Kemudian, arahkan kamera ke barcode untuk memulai pemindaian
  6. Tunggu hingga informasi dari barcode tampil
  7. Selesai

Setelah selesai memindai barcode, proses selanjutnya tergantung dari informasi barcode itu sendiri. Karena setiap barcode berisi informasi yang berbeda.

Misal, yang scan barcode di HP realme dilakukan pada barcode yang berisi informasi alamat situs, maka Anda akan langsung di arahkan ke situs tersebut.

BACA JUGA:  Kamera Mirrorless Terbaik untuk Fotografi Perjalanan

Contoh lainnya jika Anda memindai barcode pembayaran digital, maka Anda akan langsung mengarah ke aplikasi dompet digital atau e-wallet untuk melakukan pembayaran.

Kesimpulan

Sebenarnya sangat mudah untuk memindai barcode di HP OPPO ataupun perangkat lainnya. Kita tinggal membuka kamera di HP dan mengarahkannya kepada barcode untuk dipindai.

Akan tetapi memang terkadang ada kendala dalam pemindaian barcode. Berikut ada beberapa tips agar scan barcode atau QR Code di HP OPPO bisa berhasil.

Pertama, kendala yang terjadi sering diakibatkan karena perangkat tidak stabil alias goyang saat melakukan pemindaian. Jadi, usahakan Anda memegang lebih stabil ketika melakukan scanning.

Kedua, posisi barcode yang kurang pas di kamera membuat barcode gagal dipindai dan tidak terdeteksi. Jadi, pastikan Anda mengatur jarak dan posisi ketika memindai sehingga barcode bisa terlihat pas di kamera.

Terakhir, pastikan pencahayaan cukup ketika memindai barcode dengan HP OPPO. Sehingga barcode bisa tampak jelas di kamera.