Cara Mudah Menonaktifkan IG Sementara dan Mengaktifkan Kembali

 Cara Menonaktifkan IG Sementara – Zaman sekarang siapa sih yang nggak punya Instagram? Instagram menjadi salah satu sosial media terpopuler saat ini. Di Indonesia, tercatat pada 2021 lalu ada 90 juta lebih pengguna aktif Instagram.

Main Instagram memang asik, bisa berbagi dan mengeksplor konten-konten menarik. Tapi terlalu sering main IG bisa membuat kita lalai dan menghabiskan waktu karena terlalu asik.

Menonaktifkan IG Sementara

Solusi agar kita tidak terus-terusan main IG dan menghabiskan waktu kita adalah dengan tidak membuka aplikasinya. Tapi kalau masih ada aplikasi IG di HP kita, pasti tangan rasanya gatal ingin buka.

Solusi lainnya adalah dengan menghapus aplikasinya sekalian. Lebih bagus lagi, kalau kita menonaktifkan juga akun IG kita. Karena, perlu kamu ketahui, akun yang tidak terhubung (log in) dengan perangkat akan lebih mudah diretas alias dihack. Jadi lebih aman kalau dinonaktifkan ya, Sob.

Cara Menonaktifkan IG Sementara

Tapi, kalau kamu masih butuh akun tersebut jangan dinonaktifkan permanen. Karena kalau permanen, kamu tidak akan pernah bisa mengakses akun yang sudah dinonaktifkan.

Jadi, cara menonaktifkan IG sementara bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin tidak main IG untuk sementara waktu saja. Berikut caranya:

  • Buka browser
  • Akses situs https://www.instagram.com
  • Masuk/Log in akun yang ingin dinonaktifkan
  • Masuk ke halaman profil
  • Cari menu “Edit Profil”
  • Setelah itu, scroll ke bawah sampai ketemu pilihan “Temporarily Disable My Account”
  • Kamu akan diminta alasan kenapa ingin menonaktifkan IG sementara
  • Masukkan password
  • Klik/ketuk “Temporarly Disable Account”

Ingat, Cara Menonaktifkan IG Sementara hanya bisa dilakukan pada situs Instagram melalui browser (tidak bisa lewat aplikasi).

Ada kendala atau bingung di mana letak penonaktifan akun? Coba cek di artikel “Cara Menghapus Instagram Permanen“.

Kalau lewat browser di HP, biasanya kamu akan diarahkan untuk mengakses Instagram melalui aplikasi. Jadi lebih disarankan pakai PC (Laptop/Komputer) untuk menonaktifkan akun IG sementara.

Cara Menonaktifkan IG Sementara

Beberapa pertanyaan dan hal yang perlu kamu ketahui mengenai penonaktifkan akun IG sementara:

• Bagaimana Cara Mengembalikan IG yang Dinonaktifkan Sementara?

Untuk bisa membuka kembali akun IG yang sudah dinonaktifkan sementara cukup mudah. Kamu tinggal masuk atau log in akun saja. Bisa melalui Aplikasi maupun situs Instagram.

Tapi perlu kamu ketahui juga, jeda waktu agar bisa menonaktifkan sementara lagi adalah 1 minggu atau 7 hari. Jadi, setelah membuka kembali akun IG kamu harus menunggu jeda waktu jika ingin mengulangi cara menonaktifkan IG sementara.

• Apakah IG yang Dinonaktifkan Sementara akan Hilang/Dihapus?

Akun IG yang dinonaktifkan sementara akan dihapus jika tidak diaktifkan kembali selama 90 hari. Jadi, selama kamu membukanya sebelum 90 hari, akun IG kamu tidak akan hilang atau dihapus. Kalau masih butuh akun IGnya, jangan lupa aktifkan kembali sebelum melewati batas waktu.

• Apakah Postingan (konten) akan Hilang jika IG Dinonaktifkan Sementara?

Akun IG akan kembali seperti semula ketika di aktifkan kembali. Jadi postingan atau konten yang sudah diunggah tidak akan hilang.

• Apa Dampak dari Menonaktifkan IG Sementara?

Akun tidak akan bisa ditemukan pengguna lain selama penonaktifkan. Tidak ada dampak lain dari penonaktifkan sementara ini. Mulai dari konten, follower, following, sampai kotak masuk (DM) semua masih tersimpan hingga batas waktu (90 hari) dan akan muncul kembali ketika akun diaktifkan.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓