Cara Mengatasi Wifi Dibobol

Cara Mengatasi Wifi Dibobol – Punya jaringan wifi sendiri memang memudahkan kita untuk mengakses internet. Jaringan lebih stabil dan kita tidak perlu khawatir kehabisan kuota.

Tapi ada satu resiko yang mungkin sering dialami pemilik jaringan wifi. Yakni ada orang usil yang bobol wifi kita dan ikut menggunakannya.

Sebenarnya sih tidak masalah, selama penggunaan internet wajar dan tidak mengganggu. Tapi kalau penggunaan tidak wajar bisa bikin Wifi jadi lemot (download/upload berlebih). Selain itu, pakai barang orang (Wifi) tanpa izin juga bukan perbuatan yang benar ya Sobat.

Cara Mengatasi Wifi Dibobol

Pada artikel sebelumnya, mimin memang membagikan artikel “Cara Bobol Wifi Tetangga yang Dipassword“. Tapi mimin juga berpesan untuk menggunakan cara tersebut secara bijak dan bertanggung jawab.

Nah, kalau Sobat pemilik jaringan Wifi dan merasa terganggu dengan orang-orang usil yang membobol jaringan Wifi milik Sobat, kali ini JagoanGadget.com akan membagikan Cara Mengatasi Wifi Dibobol.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk mecegah jaringan Wifi Dibobol. Simak artikel ini sampai habis ya.

1. Ganti Password Berkala

Cara pertama yang paling mudah dan paling efektif untuk mengatasi Wifi Dibobol adalah dengan mengganti kata sandi alias password Wifi secara berkala. Bisa setiap minggu sekali, sebulan sekali, atau kalau Sobat berkenan ganti saja setiap hari password Wifinya.

Meskipun masih bisa dibobol, setidaknya mereka harus mengulangi prosedur “pembobolan Wifi” agar bisa terkoneksi dengan jaringan Wifi kalau passwordnya diganti. Jadi inilah cara efektif yang paling mudah untuk mengatasi Wifi Dibobol.

Tapi juga harus diingat, jangan sampai lupa dengan password baru yang diganti ya. Bisa-bisa malah Sobat tidak bisa mengakses jaringan Wifi sendiri. Bisa catat password setiap diganti untuk menghindari lupa.

Kalau tidak tahu bagaimana cara gantinya mimin sudah bagikan di artikel sebelumnya, cek aja di “Cara Mengganti Password Wifi lewat HP“.

2. Ganti Nama Wifi

Cara Mengatasi Wifi Dibobol yang kedua adalah mengganti SSID (Service Set IDentifier) atau nama jaringan Wifi Sobat.

Apakah dengan mengganti nama Wifi bisa melindungi dari pembobol Wifi? Sebenarnya tidak, tapi Sobat bisa mengirimkan pesan kepada mereka melalui SSID. Misalnya dengan mengganti nama Wifi dengan “Izin Dulu Boss kalau Mau Pakai”.

Selain itu, mengganti nama Wifi juga bisa membuat pembobol kebingunan mencari jaringan Wifi yang ingin dibobol. Jadi tidak hanya mengganti password Wifi, tapi juga nama jaringannya sekalian.

3. Menggunakan Proteksi WPA2 Atau WPA3

Kemudian kamu juga bisa menggunakan Proteksi WPA2 atau WPA3 untuk cara mengatasi Wifi Dibobol. WPA (Wifi Protected Access) merupakan sebuah sistem keamanan pada jaringan Wifi.

WPA bisa menjadi solusi untuk adanya celah pada sistem enskripsi. Sehingga hal ini bisa menjadi pengamanan untuk terjadinya pembobolan Wifi.

Tapi karena perangkat Wifi juga sudah canggih, sistem ini sudah terpasang dan aktif secara otomatis. Jika sebelumnya menggunakan WEP (Wired Equivalent Privacy) yakni sistem yang lebih lawas, sekarang hampir semua perangkat sudah menggunakan WPA.

4. Matikan Fitur WPS

Kamu juga bisa menonaktifkan WPS untuk mengatasi Wifi dibobol. Karena fitur ini juga memudahkan orang untuk membobol jaringan Wifi kita.

WPS atau Wifi Protected Setup merupakan fitur yang berfungsi untuk mengizinkan perangkat baru untuk terhubung ke jaringan Wifi kita. Sebenarnya fitur ini untuk memudahkan kita jika ada perangkat baru yang ingin kita sambungkan ke Wifi. Tapi justru ini juga yang memudahkan Wifi Dibobol.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan WPS cukup mudah, tinggal tekan tombol yang ada di router atau modem Wifi.

Sebenarnya kita juga bisa mengganti kode WPS melalui pengaturan modem. Tapi mematikan fitur ini akan membuat Sobat lebih aman dari para pembobol Wifi.

5. Filter MAC Address

Kemudian ada Filter MAC Address untuk mengatasi Wifi Dibobol. Biasanya, di setiap router tersedia fitur penyaring MAC Address untuk mengelola daftar perangkat yang boleh tersambung.

Dengan fitur ini kita bisa memfilter atau menyaring perangkat mana saja yang bisa tersambung dengan jaringan Wifi kita. Sehingga kita bisa memblokir perangkat yang tidak kita kenal, termasuk perangkat pembobol Wifi.

Dengan begitu, jaringan Wifi akan aman dari pembobol Wifi. Karena perangkatnya sudah kita blokir melalui fitur ini.

Kesimpulan untuk Cara Mengatasi Wifi Dibobol

Nah, mudah bukan Sobat bagaimana Cara Mengatasi Wifi Dibobol. Cara yang paling mudah kita lakukan adalah nomor 1 dan 2, akan tetapi sayangnya mungkin cara tersebut kurang efektif. Kalau tidak bekerja, kamu bisa coba cara lainnya yakni pada nomor 3, 4, dan 5.

Ada baiknya juga jika ada tetangga atau teman di sekitar yang ingin ikut menggunakan jaringan Wifi milik kita, tawarkan untuk ikut membayar biaya bulanannya. Kita juga bisa lebih ringan untuk tagihan karena akan dibagi bersama orang tersebut.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓