iPhone  

Cara Mudah Cek IMEI iPhone Internasional

Cek IMEI iPhone Internasional
Cek IMEI iPhone Internasional

Cek IMEI iPhone Internasional perlu dilakukan untuk mengetahui status apakah diblokir atau tidak. Karena belakangan ini banyak pengguna yang mengalami tiba-tiba iPhone Tidak Ada Layanan atau hanya bisa pakai kartu operator tertentu. Salah satu contohnya, iPhone hanya bisa Smartfren.

Hal ini terkait kebijakan pemerintah 2 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 5 September 2020. Kemenperin, selaku lembaga yang berwenang melakukan penertiban pada peredaran perangkat smartphone di Indonesia. Penertiban ini berupa pemblokiran IMEI terhadap HP ilegal.

Akibat pemblokiran ini, beberapa perangkat smartphone tidak bisa mendapatkan layanan operator lokal alias tidak dapat sinyal. Termasuk iPhone dari luar Indonesia yang masuk tanpa melalui proses yang ada. Oleh karena itu, cek IMEI iPhone Internasional dilakukan oleh beberapa pengguna.

Cek IMEI iPhone Internasional

Kamu pengguna iPhone? Coba di periksa deh apakah IMEI iPhone terdaftar atau tidak. Karena pemblokiran sendiri dilakukan secara bertahap. Sejak 2020, sudah ada beberapa perangkat iPhone yang mengalami sinyal hilang akibat IMEI diblokir.

Apakah HP yang kamu pakai ilegal? Mungkin saja, karena banyak sekali HP semacam itu yang beredar dipasaran dengan berbagai nama. Kalau dulu, mungkin lebih akrab dengan sebutan barang Blackmarket.

Contohnya seperti iPhone garansi Internasional atau HP garansi Distributor. HP seperti ini memang memiliki garansi, tapi dianggap ilegal karena tidak melalui prosedur yang ada. Sehingga IMEI pun tidak terdaftar di data base Kemenperin dan diblokir.

Apa itu iPhone Internasional?

iPhone Internasional merupakan sebuah istilah yang sering dipakai seller atau penjual. Ini merupakan barang (iPhone) yang berasal dari luar Indonesia. Bukannya memang iPhone dari Amerika Serikat? Maksud istilah “Internasional” disini adalah barang ilegal.

BACA JUGA:  Cara Cek IMEI Terblokir atau Tidak Terbaru

Yap, iPhone masuk tidak melalui distributor resmi, sehingga tentunya tidak terdaftar. Meskipun ada garansi yang diberikan, tapi bukan berasal dari distibutor resminya. Mungkin kamu pernah dengar TAM, Erafone, atau di perangkat Apple ada iBox. Itu adalah distribusi resmi untuk perangkat gadget.

Ada juga yang menggunakan istilah iPhone ex Internasional. Yakni iPhone kondisi second atau bekas yang berasal dari luar negeri. Barang-barang ini masuk ke Indoneisa tanpa izin dan bisa ditemui di beberapa e-commerce. Karena tanpa izin, tentunya tidak terdaftar. Jadi tak heran kalau IMEI iPhone semacam ini diblokir karena dianggap ilegal.

iPhone Internasional yang menjadi sebutan untuk perangkat yang dibeli secara individu di luar Indonesia. Misal kamu melancong ke luar negeri dan beli iPhone di sana, setelah itu tentunya kamu akan membawanya ke Indonesia dong. Nah, iPhone seperti ini juga bisa disebut sebagai iPhone Internasional.

iPhone Internasional semacam ini bisa diblokir IMEI nya kalau kamu tidak mendaftarkan IMEI melalui bea cukai. IMEI tidak terdaftar di data base Kemenperin akan dianggap ilegal dan diblokir. Untuk mendaftarkan IMEI yang kamu beli cukup mudah kok, cek langkah-langkahnya di “Daftarkan IMEI HP Luar Negeri“.

Cara Cek IMEI iPhone Internasional

Banyak yang tak sadar bahwa perangkat iPhone yang dimilikinya adalah termasuk barang yang ilegal. Sehingga mereka kaget ketika IMEI diblokir dan iPhonenya tidak bisa mendapat jaringan dari provider Indonesia lagi.

Oleh karena itu, kamu perlu cek IMEI iPhone Internasinoal. Apalagi kalau kamu beli iPhone kondisi bekas dan tidak ada kelengkapannya, tentu sulit mengetahui asal usulnya.

Untuk melakukan pengecekan IMEI cukup mudah kok, kamu bisa melakukannya langsung di situs resmi Kemenperin https://imei.kemenperin.go.id/. Klik saja tautannya, nanti kamu langsung mengarah ke halaman cek IMEI iPhone Internasional Kemenperin.

BACA JUGA:  Sinyal iPhone 7 Tidak Ada Layanan? Ini Solusinya

Setelah itu, kamu isi saja nomor IMEI dari perangkat kamu. Jika muncul, berarti IMEI kamu sudah terdaftar dan tidak perlu khawatir akan diblokir.

Cara Melihat IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone Internasional
Cara Cek IMEI iPhone Internasional

Sebelum cek IMEI iPhone Internasional, tentu kamu harus mengetahui nomor IMEI dari perangkat tersebut. Caranya mudah kok, nomor IMEI tertulis dibelakang box atau kardus HP.

Box nya tidak ada? Tenang, kamu masih bisa melihat nomor IMEI dari sticker yang menempel dibagian belakang HP. Ada sticker yang berisi informasi mengenai IMEI perangkat tertempel di bagian belakang.

Stickernya sudah kamu lepas? Tulisannya sudah tidak terlihat? Jangan khawatir, masih ada cara untuk cek IMEI iPhone Internasional. Untuk mengetahui nomor IMEI sebuah perangkat, kamu bisa melakukan dial atau panggilan dengan kode *#06#. Nanti informasi IMEI akan muncul di layar.

Ada cara lain untuk mengetahui nomor IMEI di perangkat iPhone, yakni melalui menu pengaturan. Di sana ada informasi mengenai perangkat termasuk nomor IMEI. Caranya mudah kok:

  • Buka Pengaturan > Umum, lalu ketuk Mengenai.
  • Cari┬ánomor serinya. Anda mungkin perlu menggulir ke bawah untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID.
  • Untuk menempelkan informasi ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, sentuh dan tahan nomor yang akan disalin.

Selengkapnya, kamu juga bisa cek di https://support.apple.com/

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya cara cek IMEI iPhone Internasional. Seperti yang kita sudah bahas tadi, iPhone Internasional adalah istilah untuk beberapa barang terkait legalitasnya. Kalau yang iPhone ilegal, tentu akan terdampak pemblokiran IMEI.

Mimin sarankan untuk beli perangkat iPhone resmi. Meskipun sedikit mahal, tapi tentunya lebih aman terutama dari peraturan blokir IMEI Kemenperin.