Cara Mudah Buat Formulir Online Menggunakan Google Form

Cara Menggunakan Google Form

Cara Menggunakan Google Form – Google Form merupakan salah satu layanan dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat formulir online dengan mudah dan praktis.

Dengan Google Form, Anda dapat membuat survei, mengumpulkan data, mengatur jadwal acara, dan berbagai keperluan lainnya.

Cara Manggunakan Google Form

Cara Menggunakan Google Form

Artikel ini akan membahas cara menggunakan Google Form dan langkah-langkah untuk membuat, mengedit, dan berbagi formulir Anda. Mari kita mulai!

1. Membuat Formulir

Pertama-tama, buka akun Google Anda dan kunjungi Google Drive. Di Google Drive, klik tombol “+ Baru” di sudut kiri atas layar dan pilih “Formulir Google” dari menu dropdown. Anda akan dibawa ke editor Google Form.

2. Mengedit Formulir

Setelah Anda masuk ke editor Google Form, Anda dapat mulai mengedit formulir sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah judul formulir, menambahkan pertanyaan, dan memilih jenis tanggapan yang diinginkan, seperti teks, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan bagian baru untuk mengelompokkan pertanyaan sesuai dengan topik atau tema tertentu.

3. Mengatur Pengaturan Formulir

Setelah Anda selesai mengedit pertanyaan dan tanggapan, Anda dapat mengatur pengaturan formulir. Klik ikon roda gigi di pojok kanan atas untuk membuka pengaturan. Di sini, Anda dapat mengatur batasan waktu, mengaktifkan verifikasi email, membatasi tanggapan, atau mengatur pengalihan otomatis setelah pengisian formulir.

4. Menyesuaikan Tampilan Formulir

Anda juga dapat menyesuaikan tampilan formulir sesuai dengan preferensi Anda. Di bagian tema, Anda dapat memilih tema yang telah disediakan atau mengunggah gambar latar belakang khusus. Anda juga dapat mengatur warna teks, latar belakang, dan elemen desain lainnya. Hal ini membantu meningkatkan tampilan formulir dan membuatnya sesuai dengan branding atau gaya yang diinginkan.

BACA JUGA:  6 Perbedaan WA Android dan iPhone

5. Mengatur Notifikasi dan Konfirmasi

Google Form juga memungkinkan Anda mengatur notifikasi dan konfirmasi. Anda dapat memilih untuk menerima pemberitahuan melalui email setiap kali seseorang mengisi formulir Anda. Selain itu, Anda dapat mengatur pesan konfirmasi yang akan ditampilkan kepada responden setelah mereka mengirimkan tanggapan mereka. Ini berguna untuk memberikan umpan balik atau instruksi lebih lanjut kepada responden.

6. Berbagi Formulir

Setelah Anda selesai membuat dan mengedit formulir, saatnya untuk membagikannya dengan orang lain. Di pojok kanan atas editor, klik tombol “Bagikan”. Anda akan melihat beberapa opsi berbagi. Anda dapat mengirimkan tautan formulir melalui email, membagikannya melalui media sosial, atau menanamkannya di situs web atau blog Anda.

7. Mengumpulkan dan Menganalisis Tanggapan

Setelah formulir Anda dibagikan, Anda akan mulai mengumpulkan tanggapan dari responden. Setiap kali seseorang mengisi formulir Anda, tanggapannya akan secara otomatis tersimpan dalam Google Spreadsheet terkait. Anda dapat mengakses spreadsheet ini untuk melihat dan menganalisis data yang terkumpul.

Dalam spreadsheet, Anda dapat menggunakan berbagai fitur analisis data yang disediakan oleh Google Sheets. Anda dapat membuat grafik, menerapkan filter, atau menggunakan rumus untuk menghitung statistik yang relevan. Hal ini membantu Anda mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang tanggapan yang Anda terima.

Berbagai Fitur Unggulan

Selain itu, Google Form juga menyediakan opsi untuk mengintegrasikan tanggapan dengan layanan lain. Misalnya, Anda dapat menghubungkan formulir Anda dengan Google Analytics untuk melacak penggunaan formulir secara lebih rinci. Anda juga dapat menghubungkannya dengan Google Calendar untuk mengatur jadwal berdasarkan tanggapan yang diterima.

Untuk memastikan keamanan data, Google Form menyediakan pengaturan privasi yang dapat Anda atur. Anda dapat memilih untuk membatasi akses ke formulir hanya kepada orang-orang tertentu atau memungkinkan akses publik. Selain itu, Anda juga dapat mengatur izin akses untuk mengedit atau melihat tanggapan.

BACA JUGA:  Google Play Protect, Lindungi HP Android Anda

Dalam menggunakan Google Form, ada beberapa tips dan trik yang mungkin berguna:

  1. Gunakan pertanyaan wajib di formulir jika Anda membutuhkan semua responden untuk menjawab pertanyaan tertentu.
  2. Anda dapat menggunakan opsi pratinjau untuk melihat bagaimana formulir akan terlihat dan berfungsi sebelum membagikannya dengan responden.
  3. Manfaatkan fitur logika cabang untuk membuat pertanyaan berikutnya berdasarkan tanggapan sebelumnya. Ini membantu mengarahkan responden ke pertanyaan yang relevan berdasarkan jawaban mereka.
  4. Jangan takut untuk bereksperimen dengan format dan desain formulir Anda. Google Form menyediakan berbagai pilihan untuk mempersonalisasi tampilan formulir sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Selalu uji formulir Anda sebelum membagikannya secara luas. Pastikan bahwa semua pertanyaan berfungsi dengan baik dan tanggapan terkumpul dengan benar.

Dalam menggunakan Google Form, Anda akan menemukan bahwa ini adalah alat yang sangat berguna dan fleksibel untuk membuat dan mengumpulkan data dengan mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat membuat formulir yang efektif dan memperoleh tanggapan yang berharga dari responden.

Jadi, jangan ragu untuk mulai menggunakan Google Form untuk keperluan Anda sendiri dan lihat betapa efisien dan bermanfaatnya alat ini dalam mengelola data dan informasi.