Cara Mengizinkan Share Screen di Zoom Terbaru 2022

 Cara Mengizinkan Share Screen di Zoom – Karena adanya pandemi COVID-19, kita harus beradaptasi dengan mengurangi kegiatan yang bisa menimbulkan fisik dengan orang lain. Jаdі kegiatan dі luаr rumаh ѕереrtі kegiatan ѕеkоlаh, bekerja dan lаіnnуа harus dіlаkukаn dі rumаh demi mеmаtuhі рrоtоkоl kesehatan. 

Cara Mudah Mengizinkan Share Screen di Zoom Terbaru 2022

Karena itulah, kehadiran Aplikasi Zoom Meeting ini adalah menjadi solusi agar kita tetap bisa melakukan kegiatan di masa Pandemi. Kegiatan belajar-mengajar, kerja, kebutuhan rapat, dan sebagainya masih tetap bisa dilakukan meskipun dari rumah.

Kegiatan WFH (Work From Home) ini menjadi solusi terbaik untuk kita bisa tetap produktif meskipun berada di rumah. Aplikasi Zoom Meeting ini memungkinkan kita berbicara dengan menampilkan video, yang tentu lebih efektifi dibandingkan telepon konvensional. Apalagi, teknologi ini memungkinkan untuk video call conference, di mana kita bisa melakukan video call dengan jumlah anggota lebih dari 1.

Cara Mengizinkan Share Screen di Zoom 2022 

Tidak hanya sekedar video call saja, berbagai fitur ditawarkan pada layanan ini. Fitur yang bisa menunjang berbagai aktivitas daring. Karena itu, Aplikasi Zoom Meeting ini lebih banyak digunakan dibandingkan yang lain. Meskipun banyak juga aplikasi serupa yang lain, Zoom menjadi salah satu yang terpopuler.

Salah satu aplikasi seperti Zoom Meeting adalah Google Meet. Cek di Apa itu Google Meet?

Beberapa kelebihan Aplikasi Zoom Meeting adalah desain tampilan atau UI (User Interface) yang tergolong mudah untuk diakses meskipun untuk pengguna baru. Aplikasi ini juga mampu menampilkan kualitas video yang sangat baik, namun tetap irit kuota. Jadi aman, meskipun kamu pakai paket mobile data.

Dan yang paling penting, Aplikasi Zoom Meeting ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Jadi cocok untuk kegiatan belajar mengajar, yang mana dengan Zoom tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk kegiatan Daring. Ya, mungkin cuma butuh akses internet saja. Untuk kegiatan bekerja (professional) Zoom juga menawarkan langganan berbayar yang bisa memberikan fitur lebih untuk menunjang kegiatan bekerja itu sendiri.

Apa itu Share Screen Zoom?

Fitur Share Screen merupakan sebuah fitur yang bisa menampilkan tampilan layar pada komputer/laptop ataupun HP ke pada anggota meeting lainnya. Yap, kalau tanya apakah pakai HP bisa Share Screen? Jawabannya bisa.

Kamu tidak perlu berlangganan Zoom untuk fitur ini, bisa didapat meskipun kamu menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Gratis.

Share Screen menjadi solusi untuk bagaimana cara menampilkan presentasi di Zoom? Sebuah kebutuhan yang sering ditemui baik ada kegiatan bekerja maupun sekolah.

Bagaimana Cara Mengizinkan Peserta Zoom Share Screen?

JagoanGadget.com akan membagi 2 cara untuk mengizinkan Share Screen pada Aplikasi Zoom. Sebagai berikut:

1. Cara Mengizinkan Share Screen kepada Peserta

Agar bisa menampilkan sebuah tampilan dengan fitur Share Screen, admin harus mengizinkan peserta untuk bisa menggunakan fitur ini.

Cara untuk mengizinkan peserta menggunakan fitur Share Screen: 

  • Buka Aplikasi Zoom Meeting
  • Pilih “More” di pojok kanan bawah
  • Pilih “Setting
  • Klik “Share Screen” agar menjadi “Allow Participants to”
  • Selesai, peserta bisa melakukan Share Screen

Ingat, untuk melakukan ini kamu harus menjadi atau memiliki akses sebagai admin.

2. Cara Mengizinkan Share Screen di Zoom dengan Laptop

Selain dari HP, mengizinkan Share Sceen di laptop atau komputer. Bukan melalui Aplikasi, tapi layanan Zoom Meeting bisa diakses melalui browser pada PC seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Mozila Firefox, dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengizinkan Share Screen kepada peserta melalui laptop/komputer: 

  • Buka browser
  • Akses situs Zoom
  • Klik tanda pada sebelah menu “Share Screen”
  • Pilih “Advanced Sharing Option”
  • Pada menu “Who can share”, kamu bisa pilih “All Participants”
  • Itu untuk mengizinkan semua peserta, kamu juga bisa hanya pilih beberapa saja
  • Pilih “Multiple participants can share simultaneously”
  • Kemudian “How many participants can share at the same time?”
  • Kamu bisa atur semua disitu

Akhіr Kаtа 

Cukup mudah bukan? Kalau sudah tahu sih. Untuk Sobat yang belum tahu caranya, mungkin informasi Cara Mengizinkan Share Screen di Zoom Terbaru 2022 ini akan sangat berguna.

Peserta harus mendapat izin dari admin untuk melakukan Share Screen. Nah, langkah di atas merupakan cara untuk memberikan izin pada peserta. Jika sudah diaktifkan, maka peserta bisa menampilkan tampilan layar dari perangkat miliknya.

Untuk kebutuhan presentasi, fitur ini sangat bermanfaat. Izinkan peserta yang ingin mempresentasikan sesuatu melalui layar miliknya dengan fitur Share Screen Zoom Meeting.