Email  

Mau Lamar Kerja? Ini Dia Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

Dalam era digital saat ini, melamar pekerjaan sudah menjadi hal yang umum dilakukan melalui email. Proses ini memudahkan para pencari kerja untuk mengirimkan berkas lamaran tanpa harus datang ke perusahaan secara fisik. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengirim lamaran kerja via email di perangkat Android.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

 

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

Langkah 1: Persiapkan Berkas Lamaran

Sebelum Anda mulai mengirim lamaran kerja, pastikan Anda telah menyiapkan semua berkas yang diperlukan. Ini biasanya meliputi CV, surat lamaran, portofolio (jika diperlukan), dan dokumen pendukung lainnya. Pastikan berkas-berkas tersebut sudah disimpan dalam format digital yang sesuai, seperti PDF atau Word.

 

Langkah 2: Buka Aplikasi Email

Buka aplikasi email di perangkat Android Anda. Biasanya, perangkat Android sudah dilengkapi dengan aplikasi email bawaan seperti Gmail. Namun, Anda juga dapat menggunakan aplikasi email pihak ketiga jika Anda lebih nyaman dengan yang lain.

 

Langkah 3: Tulis Email Lamaran

Klik tombol “Tulis” atau “Compose” dalam aplikasi email Anda. Ini akan membuka jendela untuk menulis email baru. Pada tahap ini, pastikan Anda telah memasukkan alamat email perusahaan yang dituju pada kolom “Kepada” (To).

 

Langkah 4: Subjek Email yang Menarik

Buat subjek email yang menarik dan mencerminkan isi email Anda. Subjek email adalah yang pertama kali dilihat oleh penerima, jadi pastikan ini mencerminkan lamaran pekerjaan Anda. Sebagai contoh: “Lamaran Kerja – [Nama Pekerjaan] – [Nama Anda].”

 

Langkah 5: Isi Konten Email

Di dalam isi email, mulailah dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Halo” atau “Selamat pagi/sore.” Selanjutnya, sampaikan niat Anda untuk melamar pekerjaan dan sertakan informasi singkat mengenai diri Anda, seperti pengalaman kerja dan pendidikan.

Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan perusahaan tersebut. Jelaskan bagaimana keahlian dan pengalaman Anda relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan profesional.

 

Langkah 6: Lampirkan Berkas Lamaran

Setelah Anda menulis isi email lamaran dengan baik, langkah selanjutnya adalah melampirkan berkas lamaran yang diperlukan. Ini termasuk CV, surat lamaran, portofolio (jika diperlukan), dan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh perusahaan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

BACA JUGA:  Wow, Terungkap! Cara Rahasia Forward Email di Gmail dengan Mudah!

a. Klik pada Tombol Lampiran: Pada aplikasi email di perangkat Android Anda, biasanya ada sebuah tombol atau ikon yang menandakan untuk melampirkan berkas. Ini bisa berbentuk ikon kertas atau ikon penjepit kertas. Ketuk atau klik tombol ini.

b. Pilih Berkas yang Akan Dilampirkan: Setelah Anda mengklik tombol lampiran, Anda akan diberikan opsi untuk memilih berkas dari penyimpanan perangkat Anda. Pilih berkas-berkas yang sesuai dengan apa yang diminta oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan akan menginginkan CV dan surat lamaran.

c. Pastikan Format Berkas Sesuai: Periksa format berkas yang akan Anda lampirkan. Sebagian besar perusahaan meminta berkas dalam format PDF atau Word. Pastikan berkas-berkas tersebut telah disimpan dalam format yang sesuai.

d. Tambahkan Keterangan (Opsional): Beberapa aplikasi email memungkinkan Anda untuk menambahkan keterangan singkat pada setiap berkas yang Anda lampirkan. Ini bisa berupa deskripsi singkat tentang berkas tersebut. Ini berguna jika Anda ingin menjelaskan isi dari berkas lamaran Anda.

e. Lampirkan Berkas: Setelah Anda memilih berkas dan memastikan semuanya sesuai, klik tombol “Lampirkan” atau “Attachment.” Berkas-berkas tersebut akan terlampir pada email Anda.

f. Periksa Kembali Lampiran: Pastikan lampiran Anda telah terlampir dengan benar. Anda dapat melihatnya sebagai ikon atau nama berkas di dalam email. Pastikan berkas-berkas tersebut tidak terlalu besar, sehingga email dapat terkirim dengan lancar.

g. Pratinjau Email: Sebelum mengirim email, pratinjau isi email Anda untuk memastikan bahwa berkas-berkas tersebut terlampir dengan benar dan sesuai dengan lamaran Anda.

h. Lanjutkan dengan Kirim Email: Jika semuanya sudah sesuai, Anda dapat melanjutkan dengan mengklik tombol “Kirim” untuk mengirimkan lamaran kerja Anda beserta berkas-berkas yang telah dilampirkan.

 

Langkah 7: Penutup

Setelah Anda menjelaskan mengenai diri Anda dan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan yang Anda lamar, saatnya untuk menutup email lamaran Anda dengan kalimat penutup yang sopan dan meyakinkan. Penutup ini akan memberikan kesan terakhir kepada penerima email dan meninggalkan kesan yang positif. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Ungkapkan Terima Kasih: Mulailah dengan mengungkapkan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan oleh penerima dalam membaca email Anda. Ini adalah ungkapan sopan dan menghargai.

b. Tampilkan Antusiasme: Sampaikan antusiasme Anda terhadap peluang ini. Tunjukkan bahwa Anda sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan dan berkontribusi pada tim.

c. Tinggalkan Pernyataan Tindak Lanjut: Jangan lupa menyebutkan bahwa Anda siap untuk menjawab pertanyaan atau informasi tambahan yang mungkin mereka butuhkan. Ini menunjukkan bahwa Anda responsif dan berkomunikasi dengan baik.

d. Sopan dan Hormat: Pastikan bahwa penutup Anda tetap sopan dan hormat. Hindari menggunakan kata-kata yang terlalu informal atau santai, seperti “Salam hangat” atau “Cheers,” kecuali Anda tahu perusahaan tersebut menerima gaya tersebut.

e. Tandatangan: Akhiri email dengan tanda tangan Anda, termasuk nama lengkap dan informasi kontak yang relevan, seperti nomor telepon. Ini memudahkan perusahaan untuk menghubungi Anda jika mereka ingin mengatur wawancara atau berkomunikasi lebih lanjut.

BACA JUGA:  Terbaru & Terlengkap! Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android!

Contoh Penutup yang Baik:

Terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca lamaran saya. Saya sangat berharap untuk kesempatan wawancara lebih lanjut dan mendiskusikan lebih lanjut bagaimana saya dapat berkontribusi pada [nama perusahaan]. Saya siap untuk menjawab pertanyaan atau informasi tambahan yang mungkin Anda butuhkan.

Terima kasih sekali lagi atas perhatian Anda.

Salam hormat, [Nama Anda] [Nomor Telepon Anda]

Penutup yang baik akan meninggalkan kesan positif pada penerima dan menambah profesionalisme pada lamaran kerja Anda. Pastikan untuk merinci informasi kontak Anda dengan jelas dan sopan.

 

Langkah 8: Periksa dan Koreksi

Sebelum mengirim email lamaran Anda, langkah ini sangat penting untuk memastikan kesan profesional dan kesalahan yang tidak diinginkan dapat dihindari. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

a. Periksa Tata Bahasa dan Ejaan: Pastikan tata bahasa dan ejaan dalam email Anda benar. Periksa penggunaan tanda baca, seperti koma dan titik, serta pastikan kata-kata ditulis dengan benar. Kesalahan tata bahasa atau ejaan dapat memberikan kesan kurang profesional.

b. Cek Nama Perusahaan dan Penerima: Pastikan Anda telah menyebutkan nama perusahaan dan penerima dengan benar. Ini adalah bagian yang sangat penting karena menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan perhatian terhadap detail.

c. Verifikasi Lampiran: Pastikan bahwa semua lampiran yang Anda sertakan dapat diakses dan dibuka dengan lancar. Jika Anda mengirimkan CV, pastikan CV tersebut dapat dibuka dengan mudah oleh penerima.

d. Periksa Format: Pastikan email Anda memiliki format yang bersih dan rapi. Gunakan font dan ukuran huruf yang konsisten untuk memastikan email mudah dibaca.

e. Teliti Isi Email: Baca kembali isi email Anda dengan cermat. Pastikan semua informasi yang Anda sampaikan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar dan bahwa Anda telah menjawab pertanyaan atau permintaan yang mungkin diajukan oleh perusahaan.

f. Tautan (Jika Ada): Jika Anda menyertakan tautan ke portofolio online atau situs web pribadi, pastikan tautan tersebut berfungsi dengan baik dan mengarah ke halaman yang relevan.

g. Cek Lampiran Ganda: Pastikan Anda tidak secara tidak sengaja melampirkan berkas yang sama dua kali. Ini dapat membingungkan penerima dan membuat lamaran Anda terlihat kurang profesional.

h. Revisi Kesalahan Gramatikal: Jika ada kalimat atau frase yang terdengar aneh atau tidak tepat, perbaiki kesalahan tersebut. Pastikan email Anda memiliki alur yang lancar dan jelas.

i. Gunakan Bahasa yang Resmi: Pastikan email Anda menggunakan bahasa yang resmi dan sopan. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau informal, kecuali jika perusahaan yang Anda lamar mengizinkan hal tersebut.

j. Preview Sebelum Mengirim: Terakhir, sebelum mengklik tombol “Kirim,” lihatlah pratinjau email Anda satu kali lagi untuk memastikan semuanya tampak sempurna.

 

Langkah 9: Kirim Email

Setelah Anda yakin bahwa email lamaran Anda sudah siap, langkah terakhir adalah mengirimkannya. Di perangkat Android Anda, biasanya ada sebuah tombol atau ikon yang menandakan untuk mengirim email.

Pastikan untuk memeriksa kembali alamat email yang dituju untuk memastikan tidak ada kesalahan ketik. Salah mengirimkan email bisa menjadi hal yang mengganggu dan memengaruhi kesan profesional Anda.

BACA JUGA:  Ini Dia Cara Mengganti Bahasa Gmail dalam Sekejap, Kamu Harus Tahu!

Setelah Anda mengklik tombol “Kirim,” email lamaran Anda akan segera terkirim ke perusahaan yang Anda lamar. Pastikan Anda juga memeriksa folder “Terkirim” di aplikasi email Anda untuk memastikan bahwa email telah terkirim dengan sukses.

Sekarang Anda telah berhasil mengirimkan lamaran kerja Anda melalui email di perangkat Android Anda. Semoga sukses dalam proses melamar pekerjaan!

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android
Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

 

FAQ – Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

1. Apakah saya perlu mengirimkan lamaran kerja dalam format PDF atau Word?

Ideally, you should send your job application documents in PDF format. PDFs maintain the formatting and ensure that your documents appear the same on the recipient’s device as they do on yours. However, some employers may specify their preferred format, so it’s a good idea to check the job posting or company website for any specific instructions.

2. Apakah saya perlu menyebutkan gaji yang diharapkan dalam email lamaran kerja?

It’s generally not necessary to mention your salary expectations in your initial job application email. This information is usually discussed later in the hiring process, during interviews or follow-up conversations. Focus on highlighting your qualifications and interest in the position in your initial email.

3. Bagaimana jika saya tidak memiliki pengalaman kerja yang relevan?

Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang relevan, fokuslah pada keahlian, pendidikan, atau proyek-proyek yang dapat mendukung aplikasi Anda. Jelaskan bagaimana pengalaman dan pengetahuan Anda dapat diterapkan dalam peran yang Anda lamar.

4. Berapa lama saya harus menunggu sebelum mengikuti tindak lanjut?

Biasanya, Anda dapat menunggu sekitar satu hingga dua minggu sebelum melakukan tindak lanjut setelah mengirim lamaran kerja. Jika Anda tidak mendengar kabar dari perusahaan setelah waktu tersebut berlalu, Anda dapat mengirimkan email tindak lanjut yang sopan untuk mengecek status lamaran Anda.

5. Apakah saya harus menulis ulang surat lamaran setiap kali saya melamar pekerjaan yang berbeda?

Iya, disarankan untuk menyesuaikan surat lamaran Anda untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar. Ini memungkinkan Anda untuk menyoroti bagaimana kualifikasi dan minat Anda secara khusus cocok dengan posisi yang Anda lamar.

6. Bagaimana jika saya tidak memiliki aplikasi email di perangkat Android saya?

Jika Anda tidak memiliki aplikasi email di perangkat Android Anda, Anda dapat mengunduh aplikasi email dari Google Play Store atau menggunakan browser web untuk mengakses email melalui webmail, seperti Gmail melalui browser.

7. Haruskah saya mengirimkan lampiran dalam satu file atau beberapa file terpisah?

Ideally, you should send each document as a separate file attachment to ensure clarity and ease of access for the recipient. This makes it simpler for them to open and review your application materials.

8. Apakah saya perlu menambahkan tanda tangan digital pada email lamaran?

Menambahkan tanda tangan digital pada email lamaran bisa memberikan kesan profesional. Namun, ini bukanlah keharusan. Jika Anda memilih untuk melakukannya, pastikan tanda tangan Anda terlihat jelas dan rapi.

9. Bagaimana jika saya tidak mendapatkan balasan setelah mengirim lamaran?

Jika Anda tidak mendapatkan balasan dalam beberapa minggu setelah mengirim lamaran, Anda dapat mengirimkan tindak lanjut yang sopan untuk mengecek statusnya. Tapi ingatlah bahwa beberapa perusahaan mungkin tidak memberikan tanggapan kepada semua pelamar, jadi jangan terlalu terganggu jika Anda tidak mendengar kabar.

10. Apakah saya perlu memberikan informasi kontak lengkap dalam email?

Ya, pastikan email Anda mencakup informasi kontak lengkap Anda, seperti nomor telepon dan alamat email yang dapat dihubungi. Ini memudahkan perusahaan untuk menghubungi Anda jika mereka ingin mengatur wawancara atau berkomunikasi lebih lanjut.

 

Kesimpulan

Mengirimkan lamaran kerja via email di perangkat Android tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan seksama. Pastikan Anda memiliki semua berkas yang diperlukan, tulis email dengan sopan dan profesional, dan periksa kembali sebelum mengirimkannya. Semoga berhasil dalam mencari pekerjaan yang Anda inginkan!