Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di iphone
Cara Menggunakan NFC di iphone

Cara menggunakan NFC di iPhone sangat mudah dan memiliki berbagai fungsi. Fungsi NFC pada iPhone memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran nirkontak dengan mudah, cepat dan aman.

NFC atau Near Field Communication adalah teknologi yang membuat transfer data wireless dapat terjadi dengan cepat hanya dengan mendekatkan dua perangkat yang berdekatan.

Meskipun NFC sudah ada di beberapa jenis ponsel pintar sejak lama, Apple baru memperkenalkannya pada iPhone 6 dan pada versi terbaru, banyak pengguna iPhone yang menggunakan fitur NFC untuk membayar di tempat-tempat tertentu.

Selain itu, fungsi NFC pada iPhone juga bisa digunakan untuk transfer data seperti gambar, video, dan berkas-berkas lainnya dengan mudah dan cepat. Dengan kecepatan transfer yang sangat tinggi dan kemudahan penggunaannya, tidak heran jika fungsi NFC pada iPhone semakin diminati oleh pengguna.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di iphone
Cara Menggunakan NFC di iphone

Untuk dapat menggunakan fitur NFC di iPhone, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Pertama, iPhone yang digunakan harus memiliki fitur NFC, yang tersedia mulai dari iPhone 7 ke atas. Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa fitur NFC telah diaktifkan di pengaturan iPhone.

Setelah itu, pengguna dapat menggunakan aplikasi yang mendukung NFC, seperti Apple Pay untuk melakukan pembayaran secara nirkabel atau membuka halaman web hanya dengan mengarahkan iPhone ke tag NFC. Pastikan juga bahwa penggunaan NFC dilakukan di area dengan jangkauan yang memadai dan tidak terhalang oleh benda-benda logam atau magnetik yang dapat menghalangi sinyal.

Dengan memenuhi persyaratan ini, pengguna iPhone dapat menikmati kemudahan teknologi NFC yang memudahkan dan mempercepat berbagai kegiatan.

BACA JUGA:  7 Fitur Google Maps yang Bermanfaat Saat Traveling

iPhone yang Mendukung NFC

Beberapa jenis iPhone yang mendukung teknologi near field communication (NFC) antara lain iPhone 6 , iPhone 6 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi pertama), dan iPhone SE (generasi kedua).

Teknologi NFC memungkinkan pengguna iPhone untuk melakukan transaksi non-tunai, membuka kunci pintu menggunakan fitur smart lock, serta berbagai aplikasi lainnya yang memanfaatkan teknologi ini. Dengan semakin banyaknya jenis iPhone yang mendukung NFC, maka semakin banyak juga pengguna yang bisa memanfaatkan teknologi ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Sistem Operasi Minimum yang Dibutuhkan

Sistem operasi minimum yang dibutuhkan tergantung pada aplikasi atau program yang ingin dijalankan. Namun, secara umum, sebagian besar aplikasi saat ini memerlukan sistem operasi dengan spesifikasi yang lebih tinggi, seperti Windows 10, macOS, atau Linux dengan kernel terbaru.

Sistem operasi yang lebih baru biasanya memiliki performa yang lebih baik dan kemampuan keamanan yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam menjalankan aplikasi. Namun, untuk aplikasi yang memerlukan sumber daya yang lebih rendah seperti program penulis dokumen atau program ringan lainnya, sistem operasi yang lebih lama seperti Windows 7 atau macOS yang lebih lama mungkin masih memadai.

Pemilihan sistem operasi harus disesuaikan dengan menyesuaikan dengan spesifikasi perangkat keras dan kebutuhan aplikasi yang akan dijalankan.

Aplikasi yang Dibutuhkan

Aplikasi yang dibutuhkan dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan. Beberapa aplikasi yang umumnya dibutuhkan dalam penggunaan komputer adalah:- Browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge, untuk browsing internet dan mengakses berbagai situs web.

  • Aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Google Docs, atau LibreOffice Writer, untuk membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen teks.- Aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel, Google Sheets, atau LibreOffice Calc, untuk membuat, mengedit, dan menyimpan spreadsheet atau lembar kerja.
  • Aplikasi pengolah presentasi seperti Microsoft PowerPoint, Google Slides, atau LibreOffice Impress, untuk membuat, mengedit, dan menyimpan presentasi multimedia.- Aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, untuk berinteraksi dengan orang lain dan membagikan informasi atau konten.
  • Aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, atau Line, untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan.Tentu saja, daftar di atas hanya beberapa contoh dan masih banyak aplikasi lain yang mungkin dibutuhkan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.
BACA JUGA:  Cara Unduh Video Tiktok Tanpa Watermark, Mudah dan Tanpa Ribet

Akhir Kata

NFC (Near Field Communication) adalah teknologi yang semakin populer akhir-akhir ini , dan penggunaannya sudah tersedia di perangkat iPhone. Cara menggunakan NFC di iPhone cukup mudah, Kamu hanya perlu membuka aplikasi Wallet dan mengetuk kartu atau tag NFC yang ingin Kamu baca.

Sedangkan untuk melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay, Kamu juga dapat membuka aplikasi Wallet dan mengetuk terminal pembayaran yang mendukung NFC. Selain itu, ada juga berbagai aplikasi dan perangkat pendukung lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan teknologi NFC di iPhone.

Dengan NFC, pengguna iPhone dapat dengan mudah memindai tag NFC, membuat pembayaran yang lebih mudah, ataupun melakukan koneksi dengan perangkat lain secara cepat dan mudah.