Cara Menggabungkan File PDF di HP Android

Menggabungkan File PDF di HP Penggunaan file dengan format PDF saat ini terus meningkat. Apalagi banyak aplikasi yang memudahkan user untuk pembuatan file pdf. Fitur konversi dari word ke pdf juga bisa digunakan dengan mudah tanpa kendala.

Ini membuat user bisa mendapatkan lebih banyak file  dengan format pdf. Fungsional file dengan format seperti ini justru memberikan kemudahan dalam penggunaan jangka panjang hingga dukungan multiperangkat.

Namun, user yang memiliki banyak file PDF kadang harus melakukan penggabungan. Hal ini sering dilakukan untuk memudahkan proses penggunaan file.

Selain itu, cara penggabungan justru membuat satu file PDF bisa memiliki topik atau tema pembahasan yang sama. Ini memberikan kenyamanan bagi user yang ingin menggunakan file itu.

Metode yang paling mudah dengan penggabungan file tentu saja dengan mengakses situs tertentu. Selain itu, user juga bisa  mencoba untuk melakukan penggabungan dengan aplikasi.

Menggabungkan file PDF di HP biasannya diminta untuk institusi atau perusahaan pada saat mengumpulkan berkas pendaftaran atau melamar pekerjaan.

Tujuannya menggabungkan file PDF di HP adalah agar memudahkan petugas dalam pengecekan berkas.

Daftar Isi

Cara Menggabungkan File PDF di HP Android

Menggabungkan File PDF di HP
Menggabungkan File PDF di HP

Sebenarnya user bisa langsung menggunakan perangkat android untuk melakukan penggabungan file pdf. Metode seperti ini juga sangat mudah dilakukan.

Selain itu, banyak aplikasi atau situs yang bisa diakses langsung dengan android. Semakin banyak pilihan aplikasi yang tersedia justru akan mempercepat proses penggabungan.

Jangan khawatir berbagai pilihan cara yang tersedia justru dianggap sangat aman. Rekomendasi pilihan cara yang paling mudah untuk penggabungan file android seperti:

1. PDF Utils

PDF Utils merupakan aplikasi untuk mengompres ukuran, menyusun, memisahkan hingga menggabungkan file PDF di HP.

Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan memiliki rating 4,5 dari lima dan telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna.

Fitur penting yang tersedia dari aplikasi ini adalah PDF Merger, Image to PDF Converter, PDF Compressor, dan fitur-fitur lainnya.

Untuk menggunakannya, pengguna juga tidak perlu melakukan pendaftaran atau login. Metode penggabungan pdf di aplikasi ini seperti:

  1. Download aplikasi PDF Utils di Play Store (Android)
  2. Pilih menu “Merge PDF/Images”
  3. Pilih file PDF pertama yang ingin digabungkan
  4. Untuk menambahkan file kedua klik ikon tiga garis vertikal dengan tanda “+” di pojok kanan atas
  5. Setelah memilih file tambahan untuk digabungkan klik ikon centang
  6. Beri nama file PDF yang sudah digabungkan klik “Simpan”

Selanjutnya akan tampil file PDF yang telah digabungkan. Anda dapat langsung membagikannya ke beberapa media seperti Gmail atau WhatsApp

2. Combine PDF Files

Combine PDF Files menjadi rekomendasi lain dari aplikasi untuk mengedit PDF salah satunya menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

User android bisa langsung download dan install aplikasi dari Playstore. Aplikasi ini memiliki rating 4,8 dari lima dan telah diunduh lebih dari 10.000 pengguna.

User tidak perlu akses login untuk menggunakan aplikasi ini. Metode yang diberlakukan adalah:

  1. Download aplikasi Merge PDF di Play Store (Android)
  2. Klik ikon plus di pojok kanan bawah (+)
  3. Pilih dokumen PDF yang ingin digabungkan
  4. Setelah itu klik simpan dengan klik ikon folder di pojok kanan atas

3. SmallPDF

User bisa mencoba menggabungkan file PDF di HP dengan memanfaatkan situs atau web dari smallpdf. Cara yang dilakukan juga mudah yaitu:

  1. Buka situs smallpdf.com
  2. Klik menu “Menggabungkan PDF” Klik “Pilih file”
  3. Pilih beberapa file PDF user yang berada di folder ponsel
  4. Klik “Gabungkan file”
  5. Pilih “Gabungkan PDF”

Tunggu hingga file PDF digabungkan dan klik “Unduh File” untuk mengunduh hasil PDF yang telah berhasil digabungkan.