Xiaomi  

Ini Dia Trik Tersembunyi Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi!

Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi
Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi

Penggunaan smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satu produsen smartphone yang populer di dunia adalah Xiaomi. HP Xiaomi menawarkan banyak fitur dan pengaturan yang dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi pengguna. Salah satunya adalah mengatur kontras dan warna layar. Dalam artikel ini, kita akan membahas Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi agar Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi
Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi

 

Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi

1. Mengakses Pengaturan Layar

Pertama-tama, buka menu Pengaturan di HP Xiaomi Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggesekkan layar dari atas ke bawah dan mengetuk ikon roda gigi (Settings).

 

2. Pilih Display & Brightness

Di dalam menu Pengaturan, cari opsi “Display & Brightness” atau “Tampilan & Kecerahan” dan ketuk untuk masuk ke dalamnya.

 

3. Atur Tingkat Kecerahan

Pada halaman Display & Brightness, Anda akan melihat slider atau tombol untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Geser slider ke kiri atau kanan sesuai dengan preferensi Anda. Perhatikan bahwa mengurangi kecerahan layar dapat membantu menghemat baterai, sementara meningkatkannya akan membuat tampilan lebih terang.

 

4. Pilih Mode Warna

Di bawah pengaturan kecerahan, Anda akan menemukan opsi “Color Scheme” atau “Mode Warna”. Xiaomi menyediakan beberapa pilihan mode warna yang dapat Anda pilih. Berikut adalah beberapa di antaranya:

a. Default

Mode ini adalah pengaturan warna standar pabrik untuk layar HP Xiaomi. Ini biasanya akan memberikan tampilan warna yang seimbang dan alami.

b. Warm

Mode ini akan memberikan sentuhan warna yang lebih hangat pada layar. Warna-warna akan terlihat lebih kuning dan lebih lembut.

BACA JUGA:  Redmi Note Review Untuk Penggemar Gadget Canggih Harga Miring

c. Cool

Mode ini cenderung memberikan tampilan warna yang lebih dingin, dengan sentuhan biru lebih menonjol.

d. Saturated

Jika Anda menyukai warna-warna yang jenuh dan hidup, mode ini bisa menjadi pilihan Anda. Warna akan terlihat lebih tajam dan cerah.

 

5. Atur Kontras

Selain mode warna, Anda juga dapat mengatur tingkat kontras layar. Kembali ke menu “Display & Brightness” dan cari opsi “Contrast” atau “Kontras”. Geser slider ke kiri atau kanan sesuai dengan preferensi Anda. Menambah kontras dapat membuat perbedaan antara warna menjadi lebih jelas dan tajam.

 

6. Menyesuaikan Tingkat Kecerahan Otomatis

Selain mengatur tingkat kecerahan secara manual, HP Xiaomi juga menawarkan fitur tingkat kecerahan otomatis. Fitur ini memungkinkan smartphone untuk secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan lingkungan pencahayaan di sekitarnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, kembali ke menu “Display & Brightness” dan aktifkan opsi “Auto-Brightness” atau “Kecerahan Otomatis”.

 

7. Mode Malam (Night Mode)

Fitur “Mode Malam” atau “Night Mode” adalah fitur yang berguna untuk mengurangi cahaya biru pada layar HP Xiaomi saat digunakan di malam hari. Cahaya biru dapat menyebabkan ketegangan mata dan gangguan tidur. Dengan mengaktifkan Mode Malam, layar akan menghasilkan warna yang lebih hangat dan nyaman bagi mata. Untuk mengaktifkan fitur ini, cari opsi “Night Mode” pada menu “Display & Brightness” dan aktifkan sesuai keinginan Anda.

 

8. Pengaturan Kontras Tambahan

Selain menggunakan pengaturan kontras bawaan, HP Xiaomi juga menyediakan beberapa opsi kontras tambahan yang dapat disesuaikan. Anda dapat menemukannya dengan masuk ke menu “Additional Settings” atau “Pengaturan Tambahan”, lalu pilih opsi “Contrast & Colors” atau “Kontras & Warna”. Di sini, Anda dapat menyesuaikan tingkat kontras lebih lanjut dan mengakses fitur-fitur lain terkait tampilan layar.

 

9. Penggunaan Mode Reading (Mode Baca)

Mode Reading atau Mode Baca adalah fitur yang sangat bermanfaat bagi para pengguna HP Xiaomi yang gemar membaca konten teks, seperti buku elektronik atau artikel panjang di perangkat mereka. Dengan mengaktifkan Mode Reading, pengalaman membaca Anda akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Mengurangi Ketegangan Mata

Salah satu manfaat utama dari Mode Reading adalah kemampuannya untuk mengurangi ketegangan mata saat membaca dalam jangka waktu yang lama. Mode ini secara otomatis mengatur tingkat kecerahan dan kontras layar agar lebih sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar dan mengurangi cahaya biru yang dapat menyebabkan kelelahan mata.

Tampilan Warna yang Lebih Nyaman

Dalam Mode Reading, tampilan warna pada layar akan disesuaikan untuk menciptakan suasana baca yang lebih nyaman. Cahaya biru yang terlalu kuat akan diredam sehingga Anda tidak akan merasa silau atau terganggu saat membaca dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Meningkatkan Konsentrasi

Dengan tampilan teks yang lebih lembut dan nyaman bagi mata, Mode Reading membantu meningkatkan konsentrasi Anda saat membaca. Anda dapat lebih fokus pada isi konten tanpa merasa terganggu oleh cahaya yang terlalu terang atau warna yang mencolok.

BACA JUGA:  Ulasan Lengkap Redmi 3 Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan | Hybrid, Pilih Dual SIM atau Memory Eksternal

Pengaturan Manual

Selain mode otomatis, pengguna HP Xiaomi juga dapat memilih pengaturan manual untuk Mode Reading. Anda dapat menyesuaikan tingkat kecerahan, suhu warna, dan kontras sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menciptakan suasana baca yang sesuai dengan selera visual Anda.

Aktifkan Mode Reading

Untuk mengaktifkan Mode Reading di HP Xiaomi Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan (Settings) di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi “Display & Brightness” atau “Tampilan & Kecerahan”.
  3. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat opsi “Reading Mode” atau “Mode Baca”.
  4. Aktifkan Mode Reading dengan menggeser tombol ke posisi ON.
  5. Jika Anda ingin mengatur pengaturan lebih lanjut, ketuk opsi “Customize Reading Mode” atau “Sesuaikan Mode Baca”.
  6. Sesuaikan tingkat kecerahan, suhu warna, dan kontras sesuai dengan preferensi Anda.
  7. Sekarang Mode Reading telah diaktifkan dan siap digunakan saat Anda membaca konten teks di HP Xiaomi Anda.

 

10. Menerapkan Tema Kustom

Selain mengatur kontras dan warna secara manual, Anda juga dapat mengubah tampilan layar HP Xiaomi dengan menerapkan tema kustom. Tema kustom akan memberikan sentuhan pribadi pada tampilan layar dan dapat mengubah ikon, wallpaper, dan warna sistem. Pengguna HP Xiaomi dapat dengan mudah mengunduh tema-tema menarik dari toko tema Xiaomi atau melalui situs resmi Xiaomi.

Untuk mulai menerapkan tema kustom, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi Tema: Akses aplikasi Tema yang sudah terpasang di HP Xiaomi Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan ikon Tema di layar beranda atau dalam folder aplikasi.
  2. Telusuri dan Pilih Tema: Setelah membuka aplikasi Tema, Anda akan disajikan dengan berbagai pilihan tema menarik. Telusuri dan pilih tema yang Anda inginkan dengan mengklik gambar tema tersebut.
  3. Detail Tema: Ketika Anda mengklik tema yang diinginkan, Anda akan diarahkan ke halaman detail tema. Di sini, Anda dapat melihat screenshot tampilan tema, ikon-ikon yang akan digunakan, serta warna-warna yang akan diaplikasikan pada sistem.
  4. Unduh Tema: Jika Anda menyukai tema tersebut, klik tombol “Unduh” yang biasanya terletak di bagian bawah halaman detail tema. Proses unduhan akan dimulai, dan tema akan disimpan di HP Xiaomi Anda.
  5. Terapkan Tema: Setelah tema berhasil diunduh, Anda akan diminta untuk menerapkan tema. Klik tombol “Terapkan” dan HP Xiaomi Anda akan otomatis menerapkan tema kustom tersebut.
  6. Tunggu Sebentar: Proses penerapan tema mungkin membutuhkan beberapa saat tergantung pada kompleksitas tema dan kecepatan HP Anda. Bersabarlah sejenak hingga tema diterapkan secara sempurna.
  7. Nikmati Tema Kustom: Setelah tema berhasil diterapkan, Anda dapat langsung melihat perubahan pada tampilan layar HP Xiaomi Anda. Ikonya berubah, wallpaper tergantikan, dan warna sistem mengikuti tema yang telah Anda pilih.
  8. Kustomisasi Tambahan: Beberapa tema kustom juga menyediakan pengaturan tambahan yang dapat disesuaikan, seperti mengubah jenis font, gaya jam, atau efek transisi. Anda dapat mengakses pengaturan tambahan ini melalui aplikasi Tema.
  9. Penerapan Tema Secara Berkala: Anda dapat mengganti tema kustom sesuai dengan selera dan suasana hati Anda. Penerapan tema yang berbeda dapat memberikan tampilan yang segar dan menarik pada HP Xiaomi Anda.
  10. Bagikan Tema Kustom: Jika Anda telah menyesuaikan tema Anda dengan sangat unik, Anda juga dapat membagikan tema tersebut dengan teman atau anggota komunitas pengguna Xiaomi lainnya. Membagikan tema Anda dapat memberikan inspirasi dan menghadirkan suasana baru pada perangkat Xiaomi mereka.
BACA JUGA:  Spesifikasi Xiaomi Mi4i, Smartphone Premium Canggih Harga Murah

Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi adalah cara yang menyenangkan untuk memberikan sentuhan personal pada perangkat Anda. Dengan berbagai pilihan tema menarik yang tersedia, Anda dapat menyesuaikan tampilan HP sesuai dengan kepribadian dan selera visual Anda. Jadi, mulailah menjelajahi dan eksplorasi berbagai tema kustom yang dapat memberikan nuansa baru pada pengalaman menggunakan HP Xiaomi Anda!

Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi
Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi

 

FAQ – Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi

1. Apakah mengatur kecerahan layar dapat menghemat baterai?

Ya, mengurangi kecerahan layar dapat membantu menghemat baterai karena layar biasanya adalah salah satu konsumen daya terbesar pada smartphone.

2. Bagaimana cara mengembalikan pengaturan layar ke mode default?

Anda dapat mengembalikan pengaturan layar ke mode default dengan memilih opsi “Default” pada menu “Color Scheme” atau “Mode Warna”.

3. Apakah mengubah tingkat kontras dapat merusak layar HP?

Tidak, mengubah tingkat kontras biasanya aman dan tidak akan merusak layar HP. Namun, disarankan untuk tidak meningkatkan kontras terlalu tinggi agar tidak menyebabkan ketidakseimbangan warna.

4. Apakah semua model Xiaomi memiliki opsi pengaturan kontras dan warna layar?

Sebagian besar model Xiaomi menyediakan opsi pengaturan kontras dan warna layar, tetapi beberapa model mungkin memiliki tampilan pengaturan yang sedikit berbeda.

5. Apakah mode warna Saturated berpengaruh pada kualitas gambar?

Mode warna Saturated dapat membuat gambar terlihat lebih cerah dan hidup, tetapi tergantung pada preferensi masing-masing individu. Beberapa orang mungkin menyukai tampilan yang lebih alami, sementara yang lain mungkin menyukai tampilan yang lebih berwarna.

6. Apakah pengaturan kontras berlaku untuk semua aplikasi?

Ya, pengaturan kontras yang Anda tentukan akan berlaku untuk semua aplikasi dan layar di HP Xiaomi Anda.

7. Apakah saya dapat menggunakan mode warna Warm untuk mengurangi ketegangan mata?

Ya, mode warna Warm dapat membantu mengurangi ketegangan mata, terutama ketika Anda menggunakan smartphone dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

8. Bagaimana cara mengakses menu Pengaturan di HP Xiaomi?

Anda dapat mengakses menu Pengaturan dengan menggesekkan layar dari atas ke bawah dan mengetuk ikon roda gigi (Settings).

9. Apakah saya perlu merestart HP setelah mengubah pengaturan kontras dan warna?

Tidak, Anda tidak perlu merestart HP setelah mengubah pengaturan kontras dan warna layar. Perubahan tersebut akan langsung terlihat setelah Anda mengatur nilainya.

10. Bagaimana cara mengatur warna layar agar sesuai dengan preferensi warna saya?

Anda dapat mencoba mengatur mode warna dan kontras hingga Anda mendapatkan kombinasi warna yang sesuai dengan preferensi Anda. Coba eksplorasi setiap opsi dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda.

 

Kesimpulan

Mengatur kontras dan warna layar di HP Xiaomi dapat meningkatkan kualitas visual pengalaman pengguna Anda. Dengan mengikuti Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi di atas, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan layar smartphone Xiaomi Anda sesuai dengan preferensi visual Anda sendiri.