5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android dengan Mudah! Cara Jitu yang Wajib Kamu Coba!

5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android dengan Mudah! Cara Jitu yang Wajib Kamu Coba!
5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android dengan Mudah! Cara Jitu yang Wajib Kamu Coba!

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di seluruh dunia. Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, TikTok menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan kreatif bagi para penggunanya. Namun, seperti semua aplikasi, TikTok juga dapat menghadapi masalah teknis dari waktu ke waktu. Jika Anda menggunakan TikTok di perangkat Android dan mengalami masalah seperti error, lag, atau tidak berfungsi dengan baik, artikel ini akan memberikan solusi untuk mengatasinya. Berikut adalah 5 cara mengatasi TikTok error di Android.

5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android
5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android

 

5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android

1. Perbarui Aplikasi TikTok

Perbarui Aplikasi TikTok adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin Anda alami saat menggunakan aplikasi. Pengembang secara teratur merilis pembaruan untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, dan menambahkan fitur baru. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui aplikasi TikTok:

a. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

b. Di bagian atas layar, ketuk ikon “Menu” (tiga garis horizontal) untuk membuka menu dropdown.

c. Pilih “My apps & games” (Apl saya & game) dari menu dropdown.

d. Akan muncul daftar semua aplikasi yang terpasang di perangkat Anda. Cari dan pilih “TikTok” dari daftar tersebut.

e. Jika ada pembaruan yang tersedia untuk TikTok, Anda akan melihat tombol “Update” (Perbarui) di samping nama aplikasi. Ketuk tombol tersebut untuk mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru.

f. Tunggu hingga pembaruan selesai diunduh dan diinstal di perangkat Anda.

g. Setelah pembaruan selesai, buka aplikasi TikTok dan periksa apakah masalah yang Anda alami sudah teratasi.

Selalu pastikan untuk menggunakan versi terbaru dari aplikasi TikTok agar Anda dapat menikmati pengalaman penggunaan yang lancar dan berbagai fitur terbaru yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Tips Tambahan: Selain memperbarui aplikasi TikTok secara manual, Anda juga dapat mengaktifkan fitur pembaruan otomatis di Google Play Store. Dengan cara ini, aplikasi akan secara otomatis diperbarui ke versi terbaru tanpa harus Anda lakukan secara manual. Untuk mengaktifkan fitur pembaruan otomatis, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Ketuk ikon “Menu” (tiga garis horizontal) di bagian atas layar.
  3. Pilih “Settings” (Pengaturan) dari menu dropdown.
  4. Gulir ke bawah dan pilih “Auto-update apps” (Pembaruan otomatis aplikasi).
  5. Pilih salah satu opsi pembaruan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat memilih “Over any network” (Di atas jaringan apa pun) untuk mengaktifkan pembaruan otomatis di jaringan seluler atau “Over Wi-Fi only” (Hanya di atas Wi-Fi) untuk membatasi pembaruan hanya saat terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  6. Setelah memilih opsi yang diinginkan, aplikasi di perangkat Anda akan secara otomatis diperbarui ke versi terbaru setiap kali pembaruan tersedia.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memastikan aplikasi TikTok selalu diperbarui ke versi terbaru tanpa repot-repot mencari pembaruan secara manual di Google Play Store. Dengan aplikasi yang selalu terbarui, Anda dapat menghindari masalah yang mungkin terjadi akibat versi lama dan menikmati pengalaman TikTok yang lebih lancar dan menyenangkan.

 

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Bersihkan cache aplikasi adalah langkah lain yang dapat membantu mengatasi masalah yang terkait dengan TikTok. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu muat dan membantu dalam pengalaman penggunaan yang lebih lancar. Namun, terkadang cache yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah, seperti lag, lemot, atau kesalahan dalam aplikasi. Untuk membersihkan cache TikTok, ikuti langkah-langkah berikut:

BACA JUGA:  Jangan Hapus Akun Anda! Cara Logout LINE di Android Tanpa Menghapus Akun!

Pada Perangkat Android:

  1. Buka Pengaturan (Settings) di perangkat Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari “Apps” atau “Aplikasi”, lalu ketuk untuk membuka daftar aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.
  3. Cari dan pilih “TikTok” dari daftar aplikasi.
  4. Di halaman informasi TikTok, Anda akan melihat beberapa opsi, termasuk “Storage” (Penyimpanan). Ketuk “Storage” untuk melihat detail penggunaan penyimpanan oleh aplikasi.
  5. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat tombol “Clear Cache” (Hapus Cache). Ketuk tombol ini untuk menghapus cache TikTok.
  6. Konfirmasi tindakan Anda dengan menekan “OK” ketika diminta.

Pada Perangkat iOS (iPhone/iPad):

  1. Buka Pengaturan (Settings) di perangkat iOS Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari “TikTok” dalam daftar aplikasi.
  3. Ketuk “TikTok” untuk membuka halaman pengaturan aplikasi.
  4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Clear Cache” (Hapus Cache). Ketuk opsi ini untuk menghapus cache TikTok.
  5. Konfirmasi tindakan Anda dengan menekan “Clear Cache” (Hapus Cache) ketika diminta.

Setelah membersihkan cache TikTok, buka kembali aplikasi dan periksa apakah masalah yang Anda alami sudah teratasi. Membersihkan cache secara teratur adalah praktik yang baik untuk menjaga kinerja aplikasi tetap optimal dan mengurangi kemungkinan terjadinya masalah.

Catatan: Meskipun membersihkan cache bisa membantu mengatasi beberapa masalah, tetapi jika masalah yang Anda hadapi masih berlanjut, Anda mungkin juga ingin mencoba langkah-langkah lain seperti memperbarui aplikasi, memeriksa koneksi internet, atau menghubungi dukungan pelanggan TikTok jika masalah yang Anda hadapi lebih kompleks.

 

3. Periksa Koneksi Internet Anda

Salah satu penyebab umum masalah dalam menggunakan TikTok adalah koneksi internet yang lemah atau tidak stabil. Jika Anda mengalami masalah dalam memuat konten, video terputus-putus, atau pesan kesalahan yang menunjukkan masalah koneksi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa dan memperbaiki masalah koneksi internet:

1. Pastikan Anda Terhubung ke Jaringan Wi-Fi atau Seluler yang Stabil

Periksa apakah perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil atau koneksi seluler yang baik. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, pastikan perangkat Anda berada dalam jangkauan sinyal Wi-Fi yang kuat. Jika Anda menggunakan koneksi seluler, pastikan Anda memiliki sinyal yang cukup untuk mendukung streaming video dan akses internet.

2. Restart Router Wi-Fi dan Perangkat Seluler Anda

Jika Anda mengalami masalah koneksi dengan Wi-Fi, coba restart router Wi-Fi Anda. Matikan router, tunggu beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Setelah router menyala kembali, coba sambungkan perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi lagi.

Selain itu, restart perangkat seluler Anda juga bisa membantu mengatasi masalah koneksi. Matikan perangkat seluler Anda, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali.

3. Periksa Kecepatan Internet Anda

Anda dapat menggunakan aplikasi uji kecepatan internet atau mengunjungi situs web uji kecepatan seperti speedtest.net untuk memeriksa kecepatan internet Anda. Pastikan kecepatan unduh dan unggah mencukupi untuk streaming video dengan lancar. Jika kecepatan internet Anda terlalu lambat, Anda mungkin ingin menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk mendapatkan bantuan.

4. Tutup Aplikasi Lain yang Menggunakan Banyak Data

Jika Anda menggunakan koneksi seluler, pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan banyak data secara bersamaan dengan TikTok. Tutup aplikasi yang tidak diperlukan atau matikan fitur sinkronisasi otomatis yang memakan banyak data.

5. Gunakan Mode Pesawat

Jika Anda memiliki masalah koneksi yang terus-menerus saat menggunakan koneksi seluler, Anda dapat mencoba mengaktifkan Mode Pesawat selama beberapa detik dan kemudian menonaktifkannya kembali. Hal ini dapat membantu memperbarui koneksi seluler Anda.

BACA JUGA:  Tolak Takdir! 7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi di HP Android!

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, coba buka kembali aplikasi TikTok dan periksa apakah masalah koneksi sudah teratasi. Jika Anda masih mengalami masalah, ada kemungkinan masalah tersebut berasal dari aplikasi TikTok itu sendiri atau ada masalah lain yang perlu ditangani oleh pihak TikTok. Dalam kasus seperti itu, Anda bisa mencari dukungan dari situs web resmi TikTok atau menghubungi tim dukungan pelanggan mereka untuk bantuan lebih lanjut.

 

4. Hapus Data Aplikasi

Jika Anda mengalami masalah pada aplikasi TikTok seperti crash berulang, masalah buffering, atau tampilan yang tidak normal, salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah menghapus data aplikasi. Hapus data aplikasi akan menghapus semua pengaturan, preferensi, dan data sementara yang disimpan oleh aplikasi. Namun, catatan penting bahwa langkah ini akan menghapus data pribadi, termasuk riwayat pencarian dan preferensi pengguna. Jadi, pastikan Anda telah melakukan backup data yang penting sebelum melakukan langkah ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus data aplikasi TikTok di perangkat Android:

  1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Aplikasi” atau “Kelola Aplikasi” (nama menu ini mungkin bervariasi tergantung pada ponsel Anda). Ketuk untuk membuka daftar aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.
  3. Cari dan ketuk “TikTok” dalam daftar aplikasi.
  4. Di halaman informasi aplikasi TikTok, Anda akan melihat beberapa opsi seperti “Bersihkan Data” dan “Bersihkan Cache.” Ketuk opsi “Bersihkan Data” untuk menghapus semua data aplikasi TikTok.
  5. Perangkat Anda akan menampilkan peringatan bahwa menghapus data aplikasi akan menghapus semua data pribadi. Jika Anda yakin ingin melanjutkan, ketuk “OK” atau “Hapus” untuk konfirmasi.
  6. Setelah selesai, tutup aplikasi TikTok (jika sudah berjalan) dan buka kembali. Anda akan diminta untuk masuk kembali dengan akun Anda seperti biasa.

Jika Anda menggunakan perangkat iOS, langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda. Untuk menghapus data aplikasi TikTok di perangkat iOS, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” pada perangkat iOS Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “TikTok” dalam daftar aplikasi yang terpasang.
  3. Ketuk “TikTok” untuk membuka halaman informasi aplikasi.
  4. Di bawah bagian “Penyimpanan,” Anda akan melihat opsi “Hapus Data Aplikasi” atau “Hapus Data dan Riwayat.” Ketuk opsi tersebut untuk menghapus data aplikasi TikTok.
  5. Konfirmasikan tindakan Anda dan tunggu proses penghapusan selesai.
  6. Buka kembali aplikasi TikTok dan masuk kembali dengan akun Anda.

Setelah Anda menghapus data aplikasi TikTok, coba jalankan aplikasi lagi dan periksa apakah masalah yang Anda alami sudah teratasi. Jika tidak, Anda mungkin perlu mencari solusi lain atau menghubungi tim dukungan TikTok untuk bantuan lebih lanjut. Selain itu, pastikan Anda selalu menggunakan versi aplikasi TikTok terbaru untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

 

5. Reinstall TikTok

Jika Anda mengalami masalah serius dengan aplikasi TikTok yang tidak dapat diatasi dengan menghapus data aplikasi, salah satu langkah yang dapat Anda coba adalah melakukan reinstall atau menginstal ulang aplikasi TikTok. Reinstalling TikTok akan menghapus semua file aplikasi yang sudah terinstal dan menggantinya dengan versi terbaru dari toko aplikasi resmi. Langkah ini dapat membantu mengatasi masalah yang terjadi akibat kesalahan instalasi atau file aplikasi yang rusak. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reinstall TikTok di perangkat Android dan iOS:

Reinstall TikTok di Perangkat Android:

  1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Aplikasi” atau “Kelola Aplikasi” (nama menu ini mungkin berbeda-beda tergantung pada ponsel Anda). Ketuk untuk membuka daftar aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.
  3. Cari dan ketuk “TikTok” dalam daftar aplikasi.
  4. Di halaman informasi aplikasi TikTok, ketuk opsi “Hapus” untuk menghapus aplikasi dari perangkat Anda.
  5. Konfirmasikan tindakan Anda dengan menekan “OK” atau “Hapus.”
  6. Setelah TikTok dihapus, buka toko aplikasi resmi seperti Google Play Store.
  7. Cari aplikasi TikTok dengan mengetikkan “TikTok” di kolom pencarian.
  8. Ketuk “Instal” atau “Unduh” untuk menginstal kembali aplikasi TikTok.
  9. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi TikTok dan masuk kembali dengan akun Anda.
BACA JUGA:  Cara Menggunakan Ruang Kedua di HP Android: Simak Trik Praktisnya!

Reinstall TikTok di Perangkat iOS (iPhone/iPad):

  1. Cari ikon TikTok di layar utama perangkat iOS Anda.
  2. Tahan jari Anda di ikon TikTok hingga ikon-ikon bergetar dan muncul tanda “X” di pojok ikon aplikasi.
  3. Ketuk tanda “X” di ikon TikTok untuk menghapus aplikasi dari perangkat Anda.
  4. Konfirmasikan tindakan Anda dengan menekan “Hapus.”
  5. Setelah TikTok dihapus, buka App Store dari layar utama.
  6. Cari aplikasi TikTok dengan mengetikkan “TikTok” di kolom pencarian.
  7. Ketuk “Dapatkan” untuk menginstal kembali aplikasi TikTok.
  8. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi TikTok dan masuk kembali dengan akun Anda.

Dengan melakukan reinstall TikTok, Anda akan mendapatkan versi terbaru dari aplikasi dan kemungkinan besar masalah yang Anda alami akan teratasi. Jika setelah reinstall masalah masih berlanjut, ada kemungkinan bahwa masalah tersebut bersifat server-side atau ada masalah dengan koneksi internet Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi TikTok di waktu yang berbeda atau menghubungi tim dukungan TikTok untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android
5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android

 

FAQ – 5 Cara Mengatasi TikTok Error di Android

1. TikTok sering crash atau force close, bagaimana mengatasinya?

Perbarui aplikasi TikTok ke versi terbaru.

Bersihkan cache aplikasi TikTok.

Hapus data aplikasi TikTok jika masalah berlanjut.

Reinstall TikTok jika perlu.

2. Video di TikTok buffering atau lambat diputar, apa solusinya?

Pastikan koneksi internet stabil dan cepat.

Tutup aplikasi atau proses latar belakang yang tidak perlu.

Hapus cache TikTok untuk meningkatkan kinerja.

3. Muncul pesan “Tidak dapat memutar video” di TikTok, bagaimana mengatasi?

Periksa koneksi internet dan muat ulang video.

Perbarui aplikasi TikTok ke versi terbaru.

4. TikTok error saat login atau tampil pesan kesalahan, apa yang harus dilakukan?

Coba restart perangkat Android Anda.

Periksa jaringan internet atau ganti ke koneksi yang berbeda.

Verifikasi kembali informasi akun TikTok Anda.

5. TikTok tidak dapat mengakses kamera atau mikrofon, bagaimana mengatasi?

Pastikan izin akses untuk kamera dan mikrofon diaktifkan.

Perbarui aplikasi TikTok ke versi terbaru.

Restart perangkat jika diperlukan.

 

Kesimpulan

TikTok adalah aplikasi yang menyenangkan untuk berbagi video kreatif, tetapi terkadang Anda mungkin mengalami masalah seperti error atau lag. Dalam artikel ini, kami telah memberikan 5 cara untuk mengatasi TikTok error di perangkat Android Anda. Mulai dari memperbarui aplikasi hingga menghapus cache dan data, langkah-langkah ini dapat membantu Anda mengatasi masalah yang Anda hadapi. Pastikan juga Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat saat menggunakan TikTok. Jika masalah terus berlanjut, Anda juga dapat mencari dukungan lebih lanjut dari tim TikTok atau mencoba menggunakan aplikasi di perangkat lain. Selamat bersenang-senang membuat dan menonton video di TikTok!