Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengaktifkan SPinjam 2022

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengaktifkan SPinjam menjadi salah satu tutorial yang dicari pengguna Shopee. Karena memang SPinjam merupakan sebuah Pinjaman Online dengan bunga yang cukup ringan.

Apalagi, bagi pengguna Shopee sangat mudah Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam. Karena dengan data yang sudah terdaftar di akun Shopee nya, pengguna tinggal menambahkan beberapa informasi tambahan saja.

Tidak Bisa Mengaktifkan Shopee Pinjam

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengatasi Shopee Pinjam

Meskipun mudah, tapi ada beberapa kendala yang dialami pengguna Shopee. Baik pengguna lama maupun baru tidak jarang mendapatkan kesulitan untuk mengaktifkan Shopee Pinjam alias SPinjam ini.

Ketika melakukan pengajuan untuk mengaktifkan SPinjam, sering kali pengguna gagal dengan pemberitahuan “Sistem error. Silahkan coba lagi. [22]”. Apa sih penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya agar bisa mengaktifkan SPinjam?

Penyebab Gagal Mengaktifkan SPinjam

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi tidak bisa mengaktifkan SPinjam, akan lebih baik kita mengenal apa yang jadi penyebab gagal aktifkan Shopee Pinjam. Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab gagalnya pengaktifan Shopee Pinjam atau SPinjam ini. Di antaranya:

  • Layanan Google Play tidak/belum update
  • Koneksi internet buruk
  • Gagal saat proses verifikasi wajah
  • Ada kendala pada HP

Beberapa fitur pada aplikasi Shopee terintegrasi dengan layanan Google. Karena itu, jika Google Play Service atau Layanan Google Play tidak menggunakan yang versi terbaru, maka ada kemungkinan bisa menyebabkan tidak bisa mengaktifkan SPinjam.

Penyebab tidak bisa mengaktfikan Shopee Pinjam adalah koneksi yang kurang baik. Sehingga data-data tidak terunggah dengan baik ke server sistem Shopee.

Ketika verifikasi wajah, kamera harus bisa menangkap gambar wajah dengan baik dan jelas. Pengambilan gambar di kondisi yang kurang tepat, seperti tempat kurang cahaya bisa menyebabkan verifikasi gagal.

Terakhir, kemungkinan ada kendala pada HP yang menyebabkan aplikasi Shopee tidak berjalan dengan sempurna. Sehingga menyebabkan proses pengaktifan fitur SPinjam tidak berhasil.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengaktifkan SPinjam

Nah, kalau sudah mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab tidak bisa mengaktifkan Shopee Pinja, lebih mudah untuk cari solusi atau cara mengatasinya.

Langkah pertama untuk mengatasi kendala ini adalah cek semua pembaruan yang ada di HP. Jika ada pemberitahuan untuk update sistem atau aplikasi, segera lakukan. Termasuk layanan Google yang mungkin berhubungan dengan aplikasi Shopee.

Pastikan juga kamu menggunakan koneksi internet yang bagus. Agar aplikasi Shopee juga bisa berjalan dengan baik dan lancar termasuk ketika mengajukan pengaktifan Shopee Pinjam. Pakai Wifi mungkin bisa membantu untuk internet yang lebih stabil.

Saat proses verifikasi wajah, pastikan kamera bisa menangkap gambar wajah dengan baik. Lakukan ditempat yang terang dengan pencahayaan cukup. Pastikan juga seluruh wajah masuk dalam frame atau bingkai yang disediakan. Paling efektif untuk cara mengatasi tidak bisa mengaktifkan SPinjam.

Kalau belum berhasil, coba restart atau nyalakuan ulang HP. Bahkan jika memungkinkan, kamu bisa melakukan reset pabrik atau Factory Reset.

Apakah kendala tidak bisa mengaktifkan Shopee Pinjam karena data pribadi? Tidak, untuk kasus ini penolakan akan diinformasikan setelah pengajuan ditinjau. Misal Sobat memiliki kualitas kredit yang buruk, pernah nunggak Pinjol misalnya, maka pengajuan akan ditolak setelah peninjauan.

Nah, kalau kamu mengalami kasus seperti ini, bisa langsung coba cara mengatasi tidak bisa mengaktifkan SPinjam.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓