Cara Mengatasi IMEI Sinyal Ada tapi IMEI Hilang
Cara Mengatasi IMEI Sinyal Ada tapi IMEI Hilang

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tapi IMEI Ada

Cari cara mengatasi sinyal hilang tapi IMEI ada? Sinyal dan IMEI memang saling berkaitan. Jika ada masalah pada IMEI, bisa mengakibatkan gangguan pada sinyal, salah satunya hilang. Tentu HP tidak akan bisa dipakai dong kalau sinyal hilang.

IMEI menjadi identitas yang digunakan provider atau operator seluler untuk mengidentifikasi sebuah perangkat elektronik. Ketika IMEI bermasalah, tentu provider tidak bisa mengidentifikasi dan menyebabkan sinyal hilang.

Bagaimana cara mengatasi IMEI ada tapi sinyal hilang? Sebelum jagoangadget.com melanjutkan pembahasan tutorial ini, pastikan dulu IMEI perangkat aman. Caranya dengan dial atau lakukan panggilan dengan nomor *#06#. Pastikan IMEI muncul sesuai dengan yang ada pada box.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang tapi IMEI Ada

Kalau pada saat pengecekan IMEI tidak muncul, bisa jadi ada permasalahan pada software atau perangkat lunak. Solusi terbaik adalah membawanya ke service center atau tempat reparasi HP.

Tapi kalau ternyata IMEI muncul tapi sinyal tidak muncul, kendala ada pada bagian lain. Bisa jadi karena kerusakan hardware dan bisa jadi juga IMEI diblokir Kemenperin. Hal ini terkait kebijakan pemerintah terkait pemblokiran IMEI HP ilegal.

Kalau masalah ada pada hardware nya, jelas solusinya adalah diperbaiki di tempat service HP. Tapi sebelumnya akan lebih baik kamu cek terlebih dahulu. Mungkin masalahnya adalah IMEI diblokir dan tidak ada masalah pada hardware.

Cara Mengatasi IMEI Sinyal Ada tapi IMEI Hilang
Cara Mengatasi IMEI Sinyal Ada tapi IMEI Hilang

Cara Cek IMEI Terblokir atau Tidak

Untuk mengetahui apakah IMEI terblokir ada atau tidak, caranya sangat mudah kok. Detailnya sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Di “Cara Cek IMEI Terblokir atau Tidak

Intinya, kamu harus melakukan pengecekan di situs resmi Kemenperin. Untuk link situsnya, ada artikel sebelumnya ya, Sob.

Pada laman tersebut, kamu tinggal masukkan nomor IMEI HP kamu. Jika muncul, maka IMEI sudah terdaftar di database kemenperin. Sebaliknya, jika tidak muncul maka IMEI belum terdaftar sehingga diblokir.

Untuk mengatasinya kamu bisa cek artikel “Cara Mengatasi IMEI Diblokir Semua Merk HP

Mengatasi Sinyal Hilang tapi IMEI Ada

Untuk cara mengatasi sinyal hilang tapi IMEI ada, kamu bisa lakukan trik berikut ini. Pastikan terlebih dahulu apa penyebabnya.

  • Aktifkan “Mode Pesawat”
  • Dengan begitu semua konektivitas akan mati, termasuk sinyal alia jaringan
  • Biarkan HP dalam mode ini untuk beberapa saat
  • Mungkin kurang lebih 1-3 menit, matikan “Mode Pesawat”
  • Perangkat akan otomatis memindai jaringan
  • Nyalakan ulang atau restart HP
  • Tunggu hingga HP kembali menyala

Jika ternyata sinyal muncul, kemungkinan ada bug sehingga jaringan tidak terdeteksi. Tapi kalau tidak muncul, kamu bisa coba trik atau cara mengatasi sinyal hilang tapi IMEI ada berikut ini.

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Kemudian akses bagian jaringan
  • Coba ganti jenis jaringan
  • Coba semua, mulai dari 2G, 3G, 4G, ataupun 5G
  • Ketika mengganti jenis jaringan, tunggu beberapa saat untuk memastikan perangkat benar-benar memindai jaringan

Kalau di salah satu jenis jaringan muncul, bisa jadi ada gangguan dari pihak provider. Tapi kalau tidak muncul sama sekali kemungkinan kendala ada pada salah satu penyebab yang kita bahas tadi.

Oh iya, cara mengatasi sinyal hilang tapi IMEI ada yang terakhir adalah coba ganti dengan kartu SIM lain. Kemungkinan kartu yang kamu pakai mengalami kerusakan, sehingga perangkat tidak bisa memindai jaringan.

Akhir Kata

Nah, jadi itu dia ya Sobat cara mengatasi sinyal hilang tapi IMEI ada. Solusi yang paling efektif memang membawa perangkat ke ahlinya (tukang service) ketika ada kendala terjadi. Kalau masih garansi, kamu bisa membawanya ke service center untuk perbaikan tanpa biaya.

Tapi, sebelum membawanya ke tempat service, kamu bisa cek dengan beberapa cara di atas untuk mengetahui penyebabnya. Apalagi kalau kamu berencana untuk bawa HP ke tempat service.

Akan lebih baik kalau kamu mengetahui kemungkinan penyebab terjadinya kerusakan pada HP. Hal ini untuk menghindari oknum-oknum service HP yang melakukan kecurangan. Memang lebih aman kalau ke service center resmi ya, Gaes.

Cara mengatasi sinyal hilang tapi IMEI ada ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan apa yang jadi penyebab kerusakan.

Cek juga kendala terkait lainnya di kategori: IMEI