Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data

Bingung cari cara mengatasi pinjol ilegal sebar data? Memang sih, kalau di aplikasi yang tidak resmi/terdaftar di OJK, ketika tidak ada pembayaran saat jatuh tempo pasti langsung akan diteror DC. Salah satunya ya sebar data pribadi.

Sebenarnya, tindakan sebar data ini sebuah pelanggaran hukum. Siapapun tidak bisa menyebarkan data pribadi seseorang tanpa persetujuan pemiliknya. Ini sudah diatur dalam undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

Tentunya kalau fintech alias aplikasi pinjol resmi yang resmi dan berizin tidak akan melakukan sebar data. Karena memang seluruh kegiatannya diawasi sekaligus harus mematuhi peraturan sesuai yang dibuat oleh OJK selaku lembaga negara terkait jasa keuangan. Tentunya tindakan yang melanggar hukum tidak diperbolehkan, termasuk sebar data.

Beda cerita dengan pinjol ilegal yang tentunya tidak diawasi OJK. Mereka melakukan berbagai cara untuk menagih nasabanya. Ancaman dan teror tidak jarang mereka lakukan. Sebar data termasuk tindakan untuk menekan nasabah agar segera membayar tagihannya.

Apa itu Sebar Data?

Pinjol Sebar Data
cara mengatasi pinjol ilegal sebar data

Sebelum masuk lebih lanjut untuk membahas cara mengatasi pinjol ilegal sebar data, kita akan bahas secara detail dahulu terkait tindakan ini. Mungkin ada Sobat yang belum tahu tentang sebar data?

Sebar data adalah tindakan menyebarluaskan data pribadi ke berbagai platform digital, seperti media sosial atau semacamnya, tanpa izin dari pemilik data tersebut. Dalam dunia digital, tindakan ini juga sering disebut dengan doxing.

Pada kasus pinjol ilegal ini, doxing alias sebar data ini sering menjadi senjata utama untuk mengancam. Biasanya oknum pinjol juga akan menambahkan narasi-narasi negatif untuk membuat pemilik data (nasabah yang nunggak) merasa tertekan. Seperti misalnya “tukang tipu”, “dicari, orang yang belum bayar hutang”, dan lainnya yang bisa membuat malu dan tertekan.

Pastinya akan sangat memalukan jika data pribadi kita disebar-sebar. Apalagi kalau sampai ada narasi negatif ataupun fitnah. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara mengatasi pinjol ilegal sebar data.

Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data

Nah, untuk membahas cara mengatasi pinjol ilegal sebar data ini sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu kondisinya. Apakah memang sudah mengalami doxing atau penyebaran data? Apa masih hanya mendapat ancaman-ancaman saja? Atau bahkan belum melakukan pinjaman tapi khawatir karena banyak isu tentang pinjol ilegal sebar data?

Untuk memberikan solusi dan cara yang efektif, kita harus tahu dulu bagaimana kondisinya. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi penyebaran data yang dilakukan pinjol ilegal beserta penjelasannya.

1. Jangan Hutang di Pinjol Ilegal

Bagi Sobat Gadget yang belum meminjam di aplikasi pinjol tapi punya rencana, jagoangadget.com sarankan jangan pernah pinjam di aplikasi Ilegal. Alasan utamanya sudah jelas, karena tidak diawasi dan juga tidak menaati peraturan OJK bagi fintech (aplikasi pinjol).

Dalam aturan yang dibuat, untuk suku bunga, denda, dan berbagai hal terkait pinjaman sudah diatur sedemikian rupa. Peraturan tersebut dibuat agar tidak ada yang dirugikan satu sama lain, baik peminjam maupun pemberi pinjaman.

Untuk informasi lebih detail bisa cek di laman resmi https://www.ojk.go.id/

Dari bunga pinjaman saja, pinjol ilegal sudah menerapkan angka yang lebih tinggi dari yang diperbolehkan. Dengan kata lain, bunga dari aplikasi pinjol ilegal sangat tinggi dan menyulitkan peminjam untuk melunasi hutang. Hal ini yang menyebabkan peminjam tidak bisa membayar dan akan mengalami ancaman sebar data. Kalau sudah begitu, tentu akan bingung cari cara mengatasi pinjol ilegal sebar data.

Apalagi kalau sudah melewati waktu jatuh tempo tapi tagihan belum terbayar, akan lebih sulit untuk melunasinya. Karena denda keterlambatan yang diterapkan sangat tinggi. Semakin lama kamu telat bayar, tagihan akan semakin mustahil terbayarkan.

Maka dari itu, jika memang belum punya tunggakan cara mengatasi pinjol ilegal sebar data adalah dengan tidak meminjam uang. Akan lebih baik kamu gunakan aplikasi pinjol resmi OJK, bisa cek di:

2. Segera Bayar Tagihan

Yap, cara mengatasi pinjol ilegal sebar data adalah kondisi ketika kamu belum mengambil pinjaman. Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur? Solusi terbaiknya adalah segera lunasi hutang tersebut. Ya meskipun mungkin terasa berat.

Hampir semua aplikasi pinjol ilegal menerapkan bunga yang sangat tinggi. Mungkin dirincian pinjaman atau yang ada di iklan presentasinya sedikit. Tapi biasanya ada biaya-biaya lain yang dibebankan kepada peminjam. Meskipun tertulis bunga yang tidak begitu besar, biasanya peminjam akan menerima dana yang sudah dipotong, potongannya cukup besar loh.

Intinya, selisih uang yang diterima dan harus dikembalikan sangat besar. Mungkin kalau dihitung secara kasar bisa 2x lipat alias 100%. Misal kamu mengajukan pinjaman 500 ribu, dengan bunga yang tertera 100 ribu, tapi uang yang kamu terima hanya 300 ribu. Yang artinya kamu harus melunasi sebesar 600 ribu walaupun yang kamu terima 300 ribu.

Belum lagi kalau sampai telat, denda keterlambatan yang tinggi akan bertambah terus setiap harinya tanpa ada batas. Padahal ada aturan maksimal denda, jika sudah mencapai batas maka denda akan berhenti.

Oleh karena itu, sebelum jatuh tempo akan lebih baik segera melunasi hutang tersebut. Ini pilihan terbaik dibandingkan kamu harus repot cari cara mengatasi pinjol ilegal sebar data.

3. “Kabur”

Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data yang terakhir adalah dengan “kabur”. Opsi ini menjadi pilihan terbaik ketika kamu sudah terjerat pinjaman online ilegal. Ketika sudah lewat jatuh tempo, denda yang berjalan tentu memperbesar nominal tagihan. Semakin lama terlambat, maka akan sulit untuk dilunasi sehingga solusi satu-satunya adalah kabur.

Untuk pembahasan ini sudah kita bahas lengkap di artikle “Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal“. Apakah aman kalau kabur? Apa nggak dikejar-kejar kalau tidak membayar? Apa bisa terjerat hukum juga? Nah, pertanyaan-pertanyaan ini bisa terjawab jika kamu membaca artikel tersebut.

Secara garis besar, ada beberapa langkah untuk kabur sebagai cara mengatasi pinjol ilegal sebar data. Di antarany:

  • Kondisikan Orang yang Ada di Kontak HP
  • Ganti Nomer HP
  • Kuatkan Mental
  • Jangan Takut Ancaman
  • Laporkan Pencemaran Nama Baik

Intinya, kamu harus menghadapi segala resiko dan konsekuensi jika kabur dari pinjaman online ilegal. Mulai dari ancaman, teror, hingga sebar data memanglah sudah menjadi resikonya.

Adapun beberapa langkah diatas hanya membantu Sobat menghadapi semuanya. Misal seperti ganti nomor HP, langkah yang penting agar DC Pinjol tidak membuat kita tertekan dengan teror-terornya.

Kalau urusan hukum, tidak perli khawatir. Namanya juga ilegal, kegiatan jasa keuangan semacam ini saja sudah melanggar hukum. Jadi kamu tidak perlu takut dilaporkan karena tidak bayar pinjaman online ilegal.

Tidak percaya? Bahkan ada statmen dari KOMINFO jika masyarakat dihimbau untuk mengambil pinjaman sebanyak-banyaknya di fintech (pinjol) ilegal tanpa perlu dikembalikan. Cek di “KOMINFO: Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar“.

Kesimpulan “Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data”

Pada dasarnya, hutang tetaplah hutang. Bagaimanapun hutang tetap harus dibayar. Akan tetapi pada kasus pinjol ilegal ini mungkin berbeda. Karena pinjol ilegal termasuk “lintah darat” yang menghisap darah (memeras) peminjam lewat penerapan bunga yang tinggi.

Cara penagihan pinjol ilegal juga tidak sesuai dengan aturan yang ada. Berbagai cara dilakukan termasuk mengancam, meneror, hingga sebar data untuk membuat orang tertekan dan mau bayar hutang.

Lalu bagaimana cara mengatasi pinjol ilegal sebar data? Solusi terbaiknya adalah jangan pernah menggunakan aplikasi pinjol ilegal. Kalau sudah terlanjur? Bayar saja meskipun mungkin berat, sebelum tagihan lebih tinggi karena denda keterlambatan. Kalau tagihannya sudah sangat membengkak? Ya mau tidak mau kabur menjadi solusi terbaik.

Baca juga artikel terkait lainnya di kategori: Pinjol