Cara Mengatasi IMEI Diblokir Semua Merk HP 2022

Cara Mengatasi IMEI Diblokir – Pernah beli HP second dan ternyata tidak ada kendala sinyal hilang? Selain ada kemungkinan terjadi kerusakan pada HP baik hardware ataupun software, kendala HP tidak ada sinyal juga bisa disebabkan karena IMEI yang Diblokir loh.

Pada pertengahan tahun 2020 lalu, Kemenperin (Kementerian Perindustrian) resmi memberlakukan sebuah peraturan yang berdampak pada HP yang beredar di Indonesia.

Aturan tersebut adalah validasi IMEI. Setiap HP yang ada di Indonesia wajib IMEI nya terdaftar di database Kemenperin.

Hal ini diharapkan bisa menghentikan peredaran HP BM (Black Market) alias ilegal di Indonesia. Memang HP BM harganya relatif lebih murah dari pasaran.

Namun juga beresiko karena tidak adanya garansi resmi. Selain itu, HP BM juga berpotensi merugikan negara.

Jadi Intinya, HP yang IMEI nya tidak terdaftar akan diblokir sehingga tidak bisa menggunakan semua layanan jaringan komunikasi di Indonesia.

Dengan diblokirnya IMEI, HP tidak mendapatkan layanan sinyal jadi tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, dibutuhkan cara mengatasi IMEI diblokir yang akan kita bahas berikut ini.

Cara Mengatasi IMEI Diblokir

Lalu bagaimana jika sebelumnya kita menggunakan HP luar negeri yang tidak terdaftar IMEI nya? Jika HP sudah digunakan sebelum peraturan tersebut diberlakukan, IMEI akan otomatis terdaftar dan tetap bisa digunakan seperti biasa.

Semisal Sobat jalan-jalan ke luar negeri dan membeli HP di luar negeri dan ingin membawanya ke Indonesia, Sobat tetap bisa menggunakan HP tersebut.

Yakni dengan mendaftarkan IMEI nya terlebih dahulu. Ini juga termasuk salah satu cara mengatasi IMEI diblokir.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓