Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

7 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam – Hampir semua HP yang sekarang berevolusi jadi smartphone sudah menggunakan teknologi baterai tanam. Jadi tidak seperti HP dulu, baterai bisa dibongkar sesuka hati. Memang jadi lebih simpel dan praktis.

Tapi ada kekurangan dari teknologi batre tanam ini loh. Ketika HP mengalami kendala mati atau tidak bisa di cas dengan indikasi kerusakan baterai. Kalau HP zaman dulu mengalami masalah, tinggal ganti batrenya saja, tidak usah repot-repot bawa ke tukang servis ataupun service center.

Karena batre tertanam, jadi sedikit repot kalau ada masalah pada batre. Perlu keahlihan untuk membongkar HP sehingga batrenya bisa dilepas. Banyak sih tutorialnya di YouTube, tapi kalau tidak berpengalaman Jagoan Gadget menyarankan agar kamu tidak melakukan hal itu.

Kenapa HP Di Cas Tapi Tidak Mengisi?

Ada penyebab HP tidak bisa dicas. Biasanya ada kendala pada port atau konetkor charger, sehingga daya tidak bisa masuk saat proses charging. Kalau untuk kendala ini, solusinya ya tukang servis HP untuk ganti port nya.

Tapi tidak menutup kemungkinan, penyebab HP tidak bisa d cas adalah masalah pada komponen batrenya. Ada beberapa penyebab yang membuat HP tidak bisa di cas karena kerusakan batre.

  • Usia batre
  • Charger rusak
  • Kerusakan port atau kontektor charger
  • Kerusakan komponen IC
  • Batre mengalami kerusakan

Untuk bisa memilih cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang tepat, kamu harus mengetahui apa yang jadi penyebabnya terlebih dahulu. Untuk bisa mengetahui apa penyebabnya, kamu bisa cek di “Kenapa HP di Cas tapi Tidak Mengisi?“.

Untuk tahu lebih lanjut, mari simak bersama pembahasan mengenai 6 cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam untuk semua merek HP Android.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Nah, kalau kamu sudah tahu penyebabnya jadi kamu bisa ambil langkah yang tepat untuk mengatasi HP tidak bisa di cas.

Berikut ini jagoangadget.com telah merangkum beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Mimin sarankan untuk coba cara yang sederhana terlebih dahulu ya, gaes. Sebelum kamu membawa HP ke ahlinya untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Baterai Tanam Bongkar
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

1. Coba Charger Lain

Hal yang pertama kamu perlu lakukan untuk cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam adalah coba charger lain. Karena kalau charger rusak kamu pakai, tentu tidak akan bisa mengisi batre HP.

Coba dengan beberapa charger, terutama yang bisa dipakai dengan normal di HP lain. Disarankan juga untuk pakai charger yang ori alias asli ya. Karena ini juga bisa jadi Cara Merawat HP agar Awet. Charger abal-abal bisa menjadi penyebab rusaknya batre HP.

Kalau masih tidak bisa padahal charger bisa mengisi HP lain, kamu lanjut ke langkah berikutnya.

2. Coba Kabel Charger Lain

Bukan cuma batok atau kepala charger, kalau kabel USB rusak tentu tidak bisa dipakai untuk ngecas HP juga. Coba beberapa kabel yang berbeda, kombinasikan dengan beberapa charger tadi.

Sama seperti charger, disarankan juga pakai kabel USB yang ori. Meskipun bukan bawaan merk HP, yang penting asli. Karena banyak brand aksesoris HP yang juga bagus kualitasnya. Seperti Vivan, Robot, dan sebagainya. Kamu juga bisa pakai ini.

3. Periksa Port Charger

Ketika mengalami kendala HP tidak bisa di cas, cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang perlu kamu lakukan adalah periksa port charger. Lihat apakah terlihat kondisinya baik-baik saja. Karena kerusakan port biasanya juga bisa dilihat dari kondisi fisiknya.

Kalau port terlihat baik-baik saja, coba bersihkan port charger dengan sikat halus. Biasanya kotoran menumpuk juga bisa menghalangi daya masuk ke perangkat. Bisa pakai sikat gigi atau sejenisnya, tapi pastikan benar-benar halus ya.

Kamu juga bisa pakai bensin untuk membersihkannya dengan sikat. Karena selain kotoran, karat juga membuat HP tidak mengisi saat di cas. Jangan pakai air atau cairan apapun, karena justru itu bisa menimbulkan konslet.

Kalau kamu coba pakai bensin, pastikan benar-benar kering setelah disikat sebelum kamu mencobanya. Alasan kenapa mimin menyarankan pakai bensin adalah selain bisa menghilangkan karat, bensin juga cepat kering.

Apakah aman menyikat port charger pakai bensin? Aman kok, asal jangan pakai terlalu banyak dan tunggu benar-benar kering sebelum coba di cas.

4. Kalibrasi Baterai HP

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, ataupun merek lainnya juga bisa dilakukan dengan kalibrasi baterai HP. Ini langkah yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah pada sistem batre.

Bisa saja sebenarnya HP terisi saat di cas, akan tetapi sistem tidak membaca sehingga presentase indikator batre tidak menunjukkan apapun. Ini dikarenakan error pada sistem baterai meter.

Untuk kalibrasi, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Calibrator Pro. Tenang, aplikasi ini aman kok. Kamu bisa langsung unduh di PlayStore.

5. Lepas SIM Tray (Memory Eksternal)

Selanjutnya, kamu bisa coba lepas SIM Tray, terutama kalau kamu pakai memori eksternal (MicroSD). Apa ada pengaruhnya?

Bisa saja ada, kemungkinan penyebab HP tidak bisa di cas adalah masalah pada sistem seperti cara sebelumnya. Nah, mungkin bug atau kendala yang terjadi disebabkan karena file yang ada pada MicroSD.

Jadi kamu bisa coba lepas saja. Toh mudah dan tidak ada ruginya kan cuma lepas memory eksternal? Ini cara sederhana yang bisa kamu coba sebelum coba cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam berikutnya.

6. Pastikan Tidak Ada Aplikasi yang “Aneh”

Kalau masalah hardware (charger dan kabel) masih belum bisa mengatasi masalah, kita kini beralih ke software. Karena HP yang tidak terisi saat di cas juga bisa disebabkan oleh masalah software.

Pastikan tidak ada aplikasi aneh yang kamu unduh. Apalagi kendala HP tidak bisa di cas ini terjadi setelah kamu mengunduh file atau aplikasi diluar PlayStore, kemungkinan ada malware yang jadi penyebabnya.

Kalau memang ada aplikasi yang dimaksud, penanganan pertama adalah hapus file atau aplikasi tersebut.

7. Reset Factory atau Setel Ulang Pabrik

Terkait permasalahan software, reset ulang HP adalah bisa jadi cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam selanjutnya. Kalau sekedar menghapus aplikasi atau file yang diindikasi virus tidak berhasil, reset jadi satu-satunya pilihan. Bisa jadi malware atau virus sudah menyusup ke dalam sistem.

Tapi perlu diingat, mereset HP akan menghapus semua data yang ada. Kamu perlu mencadangkan data-data penting kalau tidak mau hilang. Seperti media (gambar, video, musik), kontak, dan data penting lainnya.

8. Bawa ke Tempat Servis

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam terakhir adalah dengan menyerahkannya kepada ahlinya, tukang servis HP. Ini sebenarnya bisa jadi opsi pertama kalau kamu tidak mau ribet. Kalau HP rusak ya perbaiki saja ke tempat service.

Syukur kalau HP masih ada garansinya. Kamu tidak perlu melakukan langkah-langkah di atas, langsung bawa saja ke service center untuk mendapatkan penanganan gratis.

Akhir Kata

Jadi itu beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Kalau mimin pribadi menyarankan untuk langsung bawa saja ke orang yang tepat untuk diperbaiki.

Tapi kalau kamu tipikal orang yang suka bereksperimen dan coba-coba, bisa lakukan langkah-langkah di atas. Selain bisa mengatasi masalah, ini juga bisa menambah ilmu tentang masalah HP.

Sebenarnya untuk cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam juga bisa dilakukan dengan pergantian batre, kalau memang penyebabnya ada di batre. Untuk mengganti batre bisa kamu lakukan sendiri loh.

Caranya pun mudah, kamu tinggal bongkar backdoor atau cashing belakang HP, copot batrenya, ganti dengan yang baru. Alatnya juga sederhana kok, kamu cuma perlu obeng HP, harganya mulai 10 ribuan di Shopee. Tutorialnya pun banyak di Youtube.

Tapi mimin kurang menyarankan hal ini kalau kamu pun merasa ragu. Meskipun tidak perlu membongkar HP secara keseluruhan, tapi kalau mau ganti batre sendiri diperlukan ketelitian.