Cara Mengatasi HP Ngeblank 1
Cara Mengatasi HP Ngeblank 1

8 Cara Mengatasi HP Ngeblank Baterai Tanam

Diposting pada

Sering mengalami HP ngelag bahkan sampai macet alias freeze? Cara mengatasi HP ngeblank mungkin jadi solusi yang kamu cari. Memang perlu langkah khusus ketika HP dalam kondisi lag parah bahkan sampai blank.

HP ngeblank adalah kondisi di mana HP tidak bisa dioperasikan sama sekali. Biasanya layar hanya menyala dan tidak menampilkan gambar apapun. Terkadang juga layar menampilkan gambar, tapi sama sekali tidak bisa digerakkan.

Bahkan ngeblank juga bisa ditandai dengan matinya layar namun kondisi HP tetap menyala. Ini terjadi ketika ada notifikasi ata getaran pada HP namun layar tidak menunjukkan apapun.

Penyebab HP Ngeblank

Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penybab terjadinya ngeblank pada HP. Penyebab yang berbeda juga perlu cara mengatasi HP ngeblank yang berbeda pula. Oleh karena itu, mungkin sangat penting untuk mengetahui apa yang jadi penyebabnya.

  • Kinerja HP terlalu berat
  • HP terlalu panas
  • Kapasitas penyimpanan terlalu penuh
  • Ada error pada sistem
  • Terlalu banyak aplikasi berjalan
  • Kerusakan komponen hardware HP

Kalau kamu penasaran dengan detail dari penyebab yang membuat HP ngeblank, bisa cek di artikel “Penyebab HP Ngeblank“. Dengan mengetahui lebih lanjut terkait penyebabnya, kamu bisa menggunakan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Adapun faktor yang sering penyebab HP ngelag adalah masalah pada software atau perangkat lunaknya. Kebanyakan kinerja yang terlalu berat sering kali membuat HP jadi ngelag hingga ngeblank.

Intinya HP dipaksa kerja terlalu berat, sehingga spesifikasi yang dimilikinya tak mampu mengerjakan perintah. Misal seperti game yang terlalu berat, terlalu banyak membuka aplikasi berjalan, dan semacamnya.

Bisa juga karena kesalahan sistem, bug, bahkan virus atau malware yang membuat perangkat lunak tidak bekerja dengan baik. Sehingga HP mengalami ngeblank dan tidak bisa digunakan.

Beberapa faktor kerusakan hardware. Seperti komponen-komponen mesin HP yang rusak, bahkan hingga kerusakan layar. Kalau kerusakan layar sebenarnya bukan ngeblank, layar memang tidak menampilkan gambar karena rusak. Akan tetapi banyak yang menyebut ini sebagai HP ngeblank.

Cara Mengatasi HP Ngeblank
Cara Mengatasi HP Ngeblank

Cara Mengatasi HP Ngeblank

Kalau dulu, HP ada masalah tinggal restart saja. Kalau tidak bisa tinggal lepas baterai dan memasangnya kembali untuk dinyalakan. Masalahnya semua HP zaman sekarang sudah pakai sistem baterai tanam, jadi perlu cara berbeda untuk mengatasi masalah. Contohnya seperti Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam.

Oke, di sini kita anggap semua HP sudah pakai baterai tanam ya. Nah, untuk cara mengatasi HP ngeblank baterai tanam kamu bisa gunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Force Restart

Restart atau menyalakan ulang HP secara paksa menjadi cara mengatasi HP ngeblank paling ampuh. Seperti yang kita singgung tadi, untuk HP jadul lebih mudah karena restart paksa bisa dilakukan dengan hanya melepas baterai. Bagaimana kalau HP nya pakai baterai tanam?

Ada beberapa trik untuk melakukan force restart di smartphone tanpa lepas baterai. Untuk beberapa tipe baik perangkat Android ataupun iPhone memiliki cara yang berbeda.

  • Tekan tombol power selama 10 detik
  • Tekan tombol power + volume down secara bersamaan
  • Tekan tombol power + home secara bersamaan (iPhone 8 ke bawah)

Beberapa perangkat Android, force restart atau restart paksa bisa dilakukan dengan cara menekan tombol power selama 10 detik. Setelah tombol dilepas, maka perangkat akan memulai kembali atau menyala ulang.

Sedangkan beberapa tipe Android lainnya, bisa menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan selama 10 detik. Tunggu hingga perangkat ada indikasi menyala, baru lepaskan tombol.

2. Flash HP

Kalau force restart tidak bekerja, cara mengatasi HP ngeblank berikutnya adalah dengan flash HP. Flashing adalah tindakan melakukan instal ulang sistem pada perangkat smartphone. Kalau di komputer mungkin kamu pernah dengar tentang instal windows.

Flashing menjadi alternatif ketika HP ngeblank dan sama sekali tidak bisa dioperasikan. Sayangnya, kalau kamu flash HP kamu maka semua data yang ada pada perangkat akan hilang. Kalau sudah blank tentu pencadangan atau back up tidak mungkin dilakukan.

Kecuali kalau penyebab HP ngeblack adalah rusaknya layar. Kamu bisa melakukan back up terlebih dahulu melalui perangkat PC ataupun laptop. Bahkan kalau yang rusak layar, kamu tak perlu melakukan flash, cukup ganti saja LCD nya dan data pun tetap aman.

3. Lepas Memori Eksternal

Cara mengatasi HP ngeblank yang palung mudah adalah dengan melepas memory external atau MicroSD. Mungkin sebenarnya ini cara sederhana yang perlu kamu coba sebelum melakukan 2 cara di atas.

Apakah ada pengaruhnya kalau lepas memori? Kalau penyebab ngeblank adalah data atau file yang ada di dalam memori eksternal, tentu ada pengaruhnya.

Bisa saja ada file yang rusak tersimpan di memory external, sehingga menyebabkan HP ngeblank. Untuk cara mengatasi HP ngeblank dengan penyebab ini, solusinya ya lepas saja memorinya.

Kalau mau menggunakan memory itu lagi, sebaiknya kamu format atau hapus semua data terlebih dahulu. Kalau ada data penting, pindahkan saja ke laptop.

4. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Setelah HP berhasil normal kembali, cara mengatasi HP Ngeblank agar tidak terulang kendala yang sama adalah dengan mengosongkan ruang penyimpanan. Apa harus dihapus semua? Tidak kok, kamu hanya perlu memastikan HP punya ruang penyimpanan yang penuh.

Karena salah satu penyebab HP blank adalah kapasitas penyimpanan memori yang terlalu penuh. Hapus semua data atau aplikasi yang tidak perlu, baik di memori internal maupun eksternal.

Ini juga bisa menjadi cara mengatasi HP lag dan lemot saat main game.

5. Bersihkan Cache

Selain file yang terlihat dan bisa dihapus, perangkat juga menyimpan cache. Yakni file-file yang tersimpan untuk memudahkan perangkat mengakses suatu layanan.

Misalnya di aplikasi YouTube, HP akan menyimpan beberapa data seperti gambar thumbnail dan lainnya. Sehingga ketika ingin membuka aplikai itu lagi, perangkat tidak perlu mengunduh data yang sudah disimpan dalam bentuk cache.

HP Android biasanya sudah dilengkapi dengan fitur bawaan untuk clear cache. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk membershikan cache atau file sampah. Kalau tidak mau pakai aplikasi tambahan, kamu harus bersihkan 1 per 1 cache di setiap aplikasi.

Untuk iPhone ada cara yang berbeda, cek di Cara Hapus Cache di iPhone.

6. Scan Malware dan Virus

Cara mengatasi HP ngeblank berikutnya adalah dengan memindai seluruh file yang ada di perangkat. Ini bisa menggunakan aplikasi anti virus yang banyak tersedia di PlayStore maupun AppStore.

Jika ditemukan file terindikasi virus ataupun malware, segera hapus. Karena ini bisa menyebabkan HP jadi ngeblank lagi. Biasanya file berbahaya seperti ini ikut pada saat kamu mengunduh file ilegal, seperti APK MOD.

Jadi, hindari mengunduh file ataupun aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Lebih baik menggunakan aplikasi ori dan resmi yang ada di app market.

7. Reset Factory atau Setel Pabrik HP

Kalau kamu ingin memastikan HP tidak akan ngeblank lagi, cara mengatasi HP ngeblank berikutnya adalah lakukan reset ulang. Dengan begitu semua file dan sistem akan terhapus dan kembali ke pengaturan seperti semula.

Ini sangat ampuh untuk mengatasi kendala software atau sistem. Dengan begitu, HP kembali ke pengaturan awal, semua file akan terhapus termasuk yang mungkin berbahaya.

8. Service Center

Cara mengatasi HP ngeblank yang paling tepat adalah dibawa ke service center resmi. Baik penyebab ngeblank karena kendala software ataupun hardware. Apalagi kalau HP masih dalam masa garansi, kendala apapun sebaiknya memang di bawa ke tempat service resmi.

Kalaupun harus ada komponen yang diganti, service center tentunya akan memberikan spare part yang ori alias asli. Meski kalau tidak termasuk dalam garansi, kamu memang harus membayar lebih mahal.

Akan tetapi, barang ori memang lebih disarankan. Baik dari segi kualitas dan ketahananya jauh lebih unggul dibandingkan yang KW alias abal-abal.

Kesimpulan Cara Mengatasi HP Ngeblank

Mengalami HP ngelag, freeze, bahkan sampai ngeblank? Kamu bisa mengatasinya dengan cara di atas. Selain mengatasi, mencegah memang lebih perlu dilakukan.

Gunakan HP dengan baik agar tidak ada kendala yang terjadi. Selengkapnya kamu bisa cek di Cara Merawat HP yang Tepat.