5 Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Panggilan Darurat

1. Restart HP untuk Ganti Pola

Selain cara membuka pola HP yang lupa dengan panggilan darurat, ada trik mudah lainnya yang bisa kamu coba. Setelah proses booting HP, kamu bisa langsung masuk ke menu HP karena fitur kunci layar masih dalam proses.

Jadi intinya, kamu hanya perlu merestart atau menyalakan ulang HP saja. Setelah proses booting HP selesai, segera buka menu pengaturan dan akses fitur keamanan.

Tapi cara ini mungkin tidak bisa bekerja di semua perangkat HP. Untuk HP yang memiliki performa baik dan kencang, HP langsung akan terkunci setelah proses booting. Mungkin jadi salah satu kelemahan kalau kamu punya HP bagus, kamu tidak bisa pakai trik ini.

2. Factory Reset HP yang Lupa Pola dengan Fitur Google

Mereset HP juga menjadi salah satu solusi yang paling sering digunakan untuk membuka pola HP yang lupa. Memang, diperlukan keahlian dan bahkan beberapa perangkat lain seperti komputer untuk menghapus data lewat flashing. Flash HP juga akan lebih sulit kalau kondisi HP mati total.

Yap, kalau ingin menghapus data atau factory reset HP yang terkunci satu-satunya cara adalah dengan flash. Karena kalau dengan fitur reset yang ada di pengaturan tentu tidak bisa, karena HP nya saja terkunci.

Tidak bisa flash HP? Tidak punya perangkat komputer atau laptop? Tenang, kamu masih bisa mereset HP yang terkunci kok. Caranya adalah dengan fitur Find My Device dari Google. Sangat mudah kok, tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Akses situs Find My Device di browser, https://myaccount.google.com/intro/find-your-phone?hl=id
  • Bisa juga download aplikasinya di Playstore
  • Setelah itu, log in dengan email yang ada di HP terkunci
  • Kamu akan menemukan fitur “Hapus Perangkat”
  • Tinggal pilih saja dan tunggu prosesnya
  • Data HP akan terhapus dan ter-reset

Ini sebenarnya bukan hanya cara membuka pola HP yang lupa dengan panggilan darurat saja, tapi juga salah satu cara untuk melacak HP yang hilang. Jadi kamu juga bisa cek detailnya di artikel “Cara Melacak No HP yang Hilang“.

3. Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Aplikasi tanpa Hapus Data

Tidak mau kehilangan data untuk membuka pola HP yang lupa? Tenang, kamu bisa menggunakan cara lainnya kok. Tidak cuma cara membuka pola HP yang lupa dengan panggilan darurat, ada aplikasi yang bisa melakukan hal sama tanpa menghapus data di HP.

Dr. Fone – Screen Unlock adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka pola HP tanpa menghapus data yang ada di HP. Sayangnya, aplikasi besutan Wondershare ini tidak bisa kamu dapatkan di Playstore. Hanya ada aplikasi untuk recovery data dari developer yang sama di Playstore.

Tapi tenang, kamu bisa mengunduh aplikasi yang dimaksud langsung dari situs resminya kok. Kamu bisa langsung klik Dr. Fone – Screen Unlock untuk download aplikasinya. Sebelumnya perlu kamu ketahui, layanan dari aplikasi ini berbayar ya. Jadi untuk menggunakan semua fiturnya termasuk membuka pola HP yang lupa kamu harus berlangganan.

Seperti cara membuka pola HP yang lupa dengan panggilan darurat, caranya mudah kok, aplikasi ini bisa membuka pola HP yang lupa semua merk. Mulai dari Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, Realme, dan sebagainya. Kalau sudah download dan berlangganan, langsung saja buka kunci HP dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi yang sudah kamu unduh
  • Kemudian pilih “Screen Unlock”
  • Hubungkan HP yang terkunci dengan USB
  • Selanjutnya pilih “Unlock Android Screen”
  • Pilih tipe HP yang sesuai
  • Masuk ke mode fastboot, dengan menekan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan
  • Tunggu hingga muncul logo Android
  • Setelah itu di pilih “Remove”
  • Tunggu prosesnya
  • Selesai, HP sudah terbuka

Bagaimana Cara Membuka HP Jika Lupa Pola?

Cara yang paling efektif ketika kita lupa dengan pola, sandi, ataupun password HP adalah dengan flash atau paling tidak reset HP tersebut. Tapi untuk flashing sendiri tidak dianjurkan untuk orang yang tidak memiliki keahlian. Karena kalau salah langkah bisa mengakibatkan HP bootloop hingga hardbrick.

Untuk itu, lebih disarankan untuk menggunakan solusi yang lebih aman. Seperti cara membuka pola HP yang lupa dengan panggilan darurat mungkin? Atau yang lebih baik adalah membawanya ke service center atau tempat reparasi HP.

Kebanyakan HP sekarang memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Sehingga jika pola HP dibuka secara “paksa” kamu akan diminta verifikasi akun. Seperti Gmail, Micloud, atau yang lainnya. Kamu bisa cek penjelasan lebih lanjut di Cara Melewati Verifikasi Akun Google FRP.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓