Cara Membuat Linktree di Instagram

 Cara Membuat Linktree di Instagram – Banyak sekali para selebgram atau influencer yang menggunakan Linktree pada akun Instagramnya. Tidak hanya selebgram saja sih, pengguna lainnya juga banyak yang menggunakannya untuk kebutuhan tertentu.

Layanan Linktree ini berfungsi untuk mengumpulkan beberapa link alias tautan dalam satu link. Karena memang di Instagram sendiri kita hanya bisa menampilkan 1 link saja pada halaman profil.

Tidak ada “tempat” lain yang bisa digunakan untuk menampilkan link. Bisa sih lewat Instastory, untuk caranya bisa cek di “Cara Menambahkan Link di Story Instagram“. Tapi seperti yang kita ketahui, Story IG hanya bisa tampil selama 24 jam saja, setelah sehari akan hilang.

Cara Membuat Linktree di Instagram

Karena itulah Linktree menjadi solusi untuk pengguna IG yang butuh menampilkan link banyak pada akun Instagramnya.

Seperti selebgram atau influencer yang memiliki banyak pengikut misalnya. Mereka biasanya butuh untuk membagikan link pada bisnis endorse/paid promotednya. Dengan Linktree ini, mereka akan sangat terbantu karena bisa dengan mudah membuat beberapa link menjadi satu dan menampilkannya di profil.

Begitu juga dengan pengguna IG yang melakukan bisnis online. Baik pengguna yang berjualan jasa ataupun produk, perlu membagikan link di Instagramnya. Seperti link WA, Line, Website, e-Commerce, atau lainnya yang bisa memudahkan customer menjangkau bisnisnya.

Cara Menambahkan Linktree di Instagram

Langkah-langkah Membuat Linktree di Instagram

Untuk bisa membuat Linktree di Instagram langkah-langkahnya sangat mudah dan sederhana kok. Yang pertama harus dilakukan adalah dengan registrasi dan membuat akun Linktree.

Kamu cukup dengan buka situs https://linktr.ee/register dan melakukan registrasi akun. Bisa kan? tinggal isi data sekaligus verifikasi melalui e-mail. Data yang diminta adalah buat username baru (kalau gagal coba dengan username lain), isi alamat email, dan buat password untuk loh in nanti. Setelah verifikasi, kamu diharuskan melengkapi data lainnya yaitu nama dan kategori yang sesuai.

Registrasi bisa kamu lakukan gratis tanpa membayar. Tapi setelah baru membuat akun, kamu bisa memilih paket premium dengan membayar sejumlah biaya. Untuk lebih detailnya bisa cek di “Apa Beda Linktree Gratis dan Berbayar?“.

Setelah selesai semua, kamu akan langsung bisa melihat dashboard situs Linktree kamu. Disini kamu bisa melihat link dari Linktree kamu di sebelah pojok kanan atas, link inilah nanti yang bisa kamu taruh di profil IG yang nantinya menampilkan beberapa link yang kamu tambahkan.

Dan untuk menambahkan link, kamu bisa pilih “Add New Link”.

Cara Menambahkan Linktree di Instagram 1

Berikut ini, ada beberapa langkah berikutnya mengenai membuat Linktree di Instagram:

1. Cara Membuat Linktree WA di Instagram

Kalau mau membagikan kontak WA memang bisa dengan nomor HP. Tapi untuk Online Shop atau semacamnya, untuk memudahkan pelanggan kamu bisa menggunakan link WA. Link ini bisa kamu masukkan dalam Linktree dan menambahkannya di Instagram.

Pertama kamu harus membuat link WA terlebih dahulu, untuk linknya seperti di bawah:

“https://wa.me/NOMORHP”

Ganti “NOMORHP” dengan nomor hp kamu. Untuk awalannya pakai 62 ya Sob, bukan 0. Misalnya 681234*****. Dengan link tersebut, ketika ada yang klik maka langsung di arahkan ke ruang chat WA kepada nomor kamu. Jadi tidak usah memasukkan nomor HP dulu.

Kamu juga bisa loh menambahkan chat template, ketika di klik maka akan langsung muncul text atau chat tanpa perlu diketik. Caranya dengan menambahkan ?text=KATA%20KATA%20KATA, ganti KATA dengan kata yang kamu inginkan. Misalnya https://wa.me/6281****?text=Hallo%20Jagoan%20Gadget.

Nah, setelah link jadi kamu tinggal menambahkannya di akun Linktree kamu.

2. Cara Membuat Linktree LINE di Instagram

Selain WA, messanger yang sering digunakan adalah LINE. Kamu juga bisa membuat link untuk LINE untuk memudahkan orang chat atau kirim pesan kepada kamu.

Untuk membuat link LINE hampir sama dengan WA, kamu cukup ketik http://line.me/ti/p/~(IDLINE) ganti dengan id LINE kamu.

Jika sudah jadi, ketika di klik maka orang akan langsung bisa menambahkan LINE kamu tanpa perlu memasukkan nomor HP ataupu id LINE. Jadi lebih mudah bukan?

Kamu tinggal menambahkan link tersebut di Linktree.

3. Cara Membuat Linktree Shopee di Instagram

Selain kontak, kalau jualan online kamu juga bisa menampilkan link toko online kamu di Linktree. Seperti Shopee misalnya.

Untuk mendapatkan link toko Shopee kamu, kamu bisa buka profil > “Toko Saya” > swipe ke bawah hingga menemukan “lihat toko saya”. Di situ ada link toko Shopee kamu. Tinggal tambahkan deh di Linktree.

Jadi, dengan klik link tersebut orang langsung menuju toko Shopee kamu tanpa harus menggunakan fitur pencarian.

4. Cara Membuat Linktree Tokopedia di Instagram

Selain Shopee, ada juga e-Commerce yang cukup populer yakni Tokopedia. Kalau punya tokonya, kamu juga bisa membagikan link Tokopedia kamu dengan menambahkannya di Linktree.

Sama seperti pada Shopee, untuk mendapatkan link Tokopedia kamu, kamu bisa menyalin di halaman toko kamu.

Setelah itu, tinggal menambahkannya di Linktree deh. Lakukan langkah yang sama.

Kesimpulan

Intinya, untuk bisa membuat Linktree di Instagram kamu harus registrasi terlebih dahulu. Setelah akun Linktree jadi, kamu bisa menyisipkan link dari Linktree kamu di profil IG.

Pada Linktree, kamu bisa menambahkan banyak link seperti link WA, LINE, Shopee, atau link lainnya, untuk cara mendapatkan linknya sudah kita bahas di atas ya. Sehingga kamu bisa menampilkan banyak link di Instagram melalui Linktree.

Linktree ini sangat membantu untuk menampilkan banyak link di Instagram. Karena seperti yang kita ketahui, di profil kita hanya diperbolehkan menampilkan 1 link saja.

Lanjut Baca ke Laman Selanjutnya ↓