Canva  

Jurus Membuat Gambar Unik: Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva!

Pernahkah Anda mendapati diri Anda ingin membuat gambar yang menarik dengan teks yang kreatif? Mungkin untuk keperluan media sosial, blog, atau proyek desain Anda. Nah, Canva adalah alat yang sempurna untuk menciptakan gambar visual yang mencolok dengan teks yang sesuai dengan gaya Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat gambar dari teks di Canva, langkah demi langkah, sehingga Anda dapat menghasilkan desain yang memukau dalam waktu singkat.

Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva
Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva

 

Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva

1. Akses Canva dan Buat Akun

Langkah pertama adalah mengakses Canva melalui situs web resminya di www.canva.com. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar dengan mudah. Canva menawarkan versi gratis yang cukup berlimpah, tetapi Anda juga dapat memilih untuk meningkatkan ke versi berbayar jika Anda memerlukan fitur tambahan.

 

2. Pilih Jenis Proyek

Setelah masuk ke akun Canva Anda, klik tombol “Buat desain” di sudut kanan atas. Anda akan dibawa ke halaman “Pilih jenis desain.” Di sini, Anda dapat memilih dari berbagai jenis proyek yang telah disiapkan oleh Canva. Misalnya, Anda dapat memilih “Sosial Media,” “Blog & Posting,” atau “Media cetak” tergantung pada tujuan Anda.

 

3. Tentukan Ukuran

Setelah Anda memilih jenis proyek, langkah berikutnya dalam menggunakan Canva adalah menentukan ukuran gambar Anda. Canva menyediakan berbagai opsi ukuran yang telah disesuaikan dengan berbagai platform dan keperluan desain. Berikut adalah cara menentukan ukuran gambar Anda di Canva:

  • Langkah 1: Setelah Anda memilih jenis proyek, Anda akan dibawa ke studio desain Canva. Di sini, di sudut kanan atas layar, Anda akan melihat opsi “Ubah ukuran” atau “Ukuran gambar.” Klik opsi ini untuk memulai proses penyesuaian ukuran.
  • Langkah 2: Canva akan menampilkan berbagai pilihan ukuran yang telah disesuaikan dengan jenis proyek yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda memilih proyek untuk posting Instagram, Canva akan menawarkan ukuran gambar yang sesuai dengan posting Instagram.
  • Langkah 3: Pilih ukuran gambar yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengklik pada salah satu pilihan ukuran yang tersedia.
  • Langkah 4: Setelah Anda memilih ukuran gambar, Canva akan secara otomatis mengatur kanvas desain Anda sesuai dengan ukuran yang Anda pilih. Sekarang Anda siap untuk mulai menambahkan elemen seperti teks, latar belakang, gambar, dan lainnya ke gambar Anda.

Penting untuk memilih ukuran gambar yang sesuai dengan platform atau media di mana Anda akan menggunakan gambar tersebut. Ini akan membantu memastikan bahwa gambar Anda terlihat profesional dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Canva membuat proses ini sangat mudah dengan menyediakan berbagai pilihan ukuran yang telah dipersiapkan. Setelah menentukan ukuran gambar, Anda dapat melanjutkan untuk membuat desain yang menarik dengan Canva.

BACA JUGA:  Trik Desain Canva! Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva!

 

4. Tambahkan Latar Belakang

Setelah Anda memilih ukuran gambar, langkah berikutnya adalah menambahkan latar belakang ke gambar Anda di Canva. Berikut panduan langkah demi langkahnya:

  • Langkah 1: Setelah memilih ukuran gambar dan memasuki studio desain Canva, perhatikan sidebar sebelah kiri. Di sana, Anda akan melihat berbagai opsi elemen yang dapat Anda tambahkan ke gambar Anda.
  • Langkah 2: Klik pada opsi “Elemen” di sidebar. Ini akan membuka berbagai kategori elemen yang tersedia.
  • Langkah 3: Pada kategori yang berbeda, cari dan pilih “Latar belakang.” Anda akan melihat berbagai pilihan latar belakang yang dapat digunakan.
  • Langkah 4: Pilih salah satu latar belakang yang sesuai dengan gaya atau tema desain Anda. Anda dapat memilih latar belakang berwarna solid, menggunakan gambar sebagai latar belakang, atau bahkan menggabungkan keduanya.
  • Langkah 5: Setelah Anda memilih latar belakang, Canva akan menempatkannya di latar gambar Anda. Anda dapat menyesuaikan ukuran latar belakang dengan mengklik dan menarik sudut atau sisi latar belakang tersebut.
  • Langkah 6: Jika Anda ingin mengganti warna latar belakang, Anda dapat mengklik latar belakang yang telah Anda tambahkan, lalu pilih opsi “Warna” di toolbar atas. Canva akan memberikan Anda pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.
  • Langkah 7: Jika Anda ingin menggunakan gambar sebagai latar belakang, Anda dapat mengunggah gambar dari perangkat Anda dengan mengklik opsi “Unggah media” di sidebar sebelah kiri. Setelah gambar diunggah, klik gambar tersebut untuk menempatkannya sebagai latar belakang.
  • Langkah 8: Pastikan untuk menyesuaikan dan menyusun latar belakang dengan baik sesuai dengan desain Anda. Anda dapat mengklik dan seret latar belakang ke posisi yang diinginkan di gambar Anda.
  • Langkah 9: Setelah Anda puas dengan latar belakang dan desain keseluruhan gambar Anda, jangan lupa untuk menyimpan dan mengunduh desain Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

 

5. Tambahkan Teks

Sekarang, saatnya untuk menambahkan teks ke gambar Anda di Canva. Caranya cukup mudah, dan berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah 1: Setelah Anda memilih ukuran gambar dan memasuki studio desain Canva, klik pada opsi “Elemen” yang terletak di sidebar sebelah kiri.
  • Langkah 2: Cari dan pilih “Teks” dari daftar elemen yang tersedia. Ini akan membuka berbagai opsi teks yang dapat Anda tambahkan ke gambar Anda.
  • Langkah 3: Sekarang, Anda dapat memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti “Teks judul,” “Teks kutipan,” atau “Teks yang disesuaikan.” Pilih salah satu opsi ini sesuai dengan jenis teks yang ingin Anda tambahkan.
  • Langkah 4: Setelah Anda memilih jenis teks, klik di area gambar Anda di mana Anda ingin menambahkan teks tersebut. Ini akan menempatkan teks pada gambar Anda, dan Anda dapat mulai mengetik teks yang ingin Anda sertakan.
  • Langkah 5: Canva akan memberikan kotak teks dengan teks awal di dalamnya. Klik pada teks tersebut untuk menggantinya dengan teks Anda sendiri. Anda dapat mengedit teks, mengubah jenis huruf, ukuran teks, dan warna teks sesuai preferensi Anda.
  • Langkah 6: Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak teks atau mengubah jenis teks, Anda dapat mengklik kembali opsi “Elemen” dan memilih “Teks” lagi. Ini akan memungkinkan Anda untuk menambahkan teks tambahan ke gambar Anda.
  • Langkah 7: Jangan lupa untuk menempatkan teks dengan baik sesuai dengan desain Anda. Anda dapat mengklik dan seret kotak teks ke lokasi yang diinginkan pada gambar.
  • Langkah 8: Setelah Anda puas dengan penambahan teks dan tampilan keseluruhan gambar, pastikan untuk menyimpan dan mengunduh desain Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.
BACA JUGA:  Trik Desain Canva! Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva!

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menambahkan teks dengan mudah ke gambar Anda di Canva dan menciptakan desain yang sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan teks yang Anda tambahkan mencerminkan pesan atau informasi yang ingin Anda sampaikan dalam gambar Anda.

 

6. Gaya Teks Anda

Canva memberikan fleksibilitas besar dalam menyesuaikan gaya teks Anda. Anda dapat mengubah jenis huruf, ukuran teks, warna, dan bahkan menambahkan efek khusus untuk memberikan sentuhan unik pada teks Anda. Berikut ini beberapa langkah untuk menyesuaikan gaya teks Anda:

  • Jenis Huruf: Klik pada teks yang ingin Anda ubah, lalu pilih opsi “Jenis huruf” di toolbar atas. Di sini, Anda dapat memilih dari berbagai jenis huruf yang tersedia. Pilih jenis huruf yang sesuai dengan gaya desain Anda.
  • Ukuran Teks: Untuk mengatur ukuran teks, klik pada teks dan pilih opsi “Ukuran teks” di toolbar. Anda dapat menggeser slider untuk membuat teks lebih besar atau lebih kecil sesuai kebutuhan Anda.
  • Warna Teks: Canva memungkinkan Anda untuk menyesuaikan warna teks dengan mudah. Klik pada teks dan pilih opsi “Warna” di toolbar. Anda dapat memilih warna dari palet yang tersedia atau menggunakan kode warna kustom jika Anda memiliki referensinya.
  • Efek Teks: Untuk memberikan teks Anda efek khusus, seperti bayangan atau transparansi, klik pada teks dan pilih opsi “Efek” di toolbar. Anda dapat mengeksplorasi berbagai efek yang tersedia dan melihat bagaimana mereka mengubah tampilan teks Anda.

Dengan menggabungkan pilihan-pilihan ini, Anda dapat menciptakan teks yang sesuai sepenuhnya dengan visi desain Anda. Pastikan untuk bermain-main dengan gaya teks sampai Anda mencapai tampilan yang memukau dan kreatif sesuai dengan proyek Anda.

BACA JUGA:  Trik Desain Canva! Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva!

 

7. Simpan dan Unduh

Setelah Anda selesai mengedit gambar sesuai dengan preferensi Anda, pastikan untuk menyimpan dan mengunduhnya. Simpan dengan mengklik tombol “Simpan” yang terletak di sudut kanan atas layar Canva. Ini akan menyimpan desain Anda dalam koleksi Canva Anda, sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja untuk pengeditan lebih lanjut atau digunakan untuk proyek di masa depan.

Setelah Anda menyimpannya, klik tombol “Unduh” yang juga terletak di sudut kanan atas. Canva akan memberikan beberapa opsi format file yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda, seperti JPEG, PNG, atau PDF. Pilih format yang sesuai dan klik “Unduh” lagi. Gambar Anda akan diunduh ke perangkat Anda dalam format yang Anda pilih, siap digunakan atau dibagikan sesuai keinginan Anda.

cara membuat gambar di canva
cara membuat gambar di canva

 

FAQ – Cara Membuat Gambar dari Teks di Canva

1. Apakah Canva gratis digunakan?

Ya, Canva menawarkan versi gratis dengan banyak fitur yang berguna. Namun, Anda juga dapat memilih untuk meningkatkan ke versi berbayar untuk akses lebih banyak elemen dan fitur.

2. Bagaimana cara mengganti ukuran gambar di Canva?

Anda dapat mengganti ukuran gambar dengan memilih opsi “Ubah ukuran” di bagian atas layar saat Anda berada di studio desain.

3. Bisakah saya mengunggah gambar saya sendiri ke Canva?

Ya, Anda dapat mengunggah gambar dan grafik pribadi Anda ke Canva untuk digunakan dalam desain Anda.

4. Apakah Canva memiliki aplikasi seluler?

Ya, Canva memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan Anda membuat desain saat bepergian.

5. Apa saja jenis proyek yang dapat saya buat dengan Canva?

Canva memiliki berbagai jenis proyek yang dapat Anda buat, termasuk desain sosial media, poster, brosur, undangan, dan banyak lagi.

6. Bagaimana cara mengubah warna latar belakang di Canva?

Untuk mengubah warna latar belakang, pilih opsi “Latar belakang” di elemen dan pilih warna yang Anda inginkan.

7. Apakah Canva memiliki template siap pakai?

Ya, Canva menyediakan banyak template siap pakai yang dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

8. Bagaimana cara menambahkan gambar ke desain saya?

Anda dapat menambahkan gambar dengan memilih opsi “Gambar” di elemen dan memilih gambar yang ingin Anda tambahkan.

9. Bisakah saya menggunakan Canva untuk proyek cetak?

Ya, Canva menyediakan opsi untuk mencetak desain Anda dalam bentuk cetakan, seperti poster atau kartu nama.

10. Apakah Canva aman digunakan?

Ya, Canva adalah platform yang aman digunakan, dan Anda dapat mengontrol privasi desain Anda.

 

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara membuat gambar dari teks di Canva dengan langkah-langkah sederhana. Canva adalah alat yang hebat untuk menghasilkan desain visual yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Cobalah bermain-main dengan berbagai elemen, teks, dan warna untuk menciptakan gambar yang benar-benar mencolok. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memahami cara menggunakan Canva untuk menciptakan gambar yang mengesankan!