Cara Melihat RAM HP OPPO tanpa Aplikasi

Melihat RAM HP OPPO
Melihat RAM HP OPPO

jagoangadget.com – Cara melihat RAM HP OPPO bisa kita gunakan untuk memantau pemakaian RAM itu sendiri pada perangkat HP. Sehingga kita juga bisa mengetahui kapasitas RAM yang sedang dipantau dan menjaga performa smartphone kita.

RAM adalah komponen yang cukup penting di sebuah ponsel pintar. Fungsi utamanya adalah menyimpan file atau data dari sistem yang sedang berjalan. Penyimpanan ini hanya sementara, hanya ketika sebuah sistem aplikasi itu sendiri berjalan (dibuka).

Semakin besar kapasitas sebuah RAM, pastinya semakin banyak dan besar pula file yang bisa disimpan. Dengan kata lain, HP dengan RAM berkapasitas besar mampu menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan.

HP RAM besar sangat cocok untuk kalian yang membutuhkan aktivitas multitasking, yakni membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. HP RAM besar bisa mengurangi resiko lag saat membuka banyak aplikasi.

Atau mungkin kamu suka main game online? RAM besar juga sangat membantu untuk membuka aplikasi lain saat permainan agar game tidak tertutup karena kapasitas RAM penuh.

Cara Melihat RAM HP OPPO

Melihat RAM HP OPPO
Melihat RAM HP OPPO

Tentunya, sebelum membeli sebuah ponsel kita akan mencari informasi terlebih dahulu tentang ponsel tersebut, termasuk spesifikasi. Informasi spesifikasi juga tertulis pada box, sehingga juga kita bisa mengetahui spesifikasi ponsel tersebut.

Tapi, kamu juga bisa melihat RAM langsung di HP. Berikut oppotutorial untuk melihat cara melihat RAM HP OPPO tanpa aplikasi langsung di ponsel.

  • Buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ di HP OPPO kamu
  • Selanjutnya, cari menu ‘Tentang Ponsel’ atau ‘About Phone’
  • Di sana, terdapat berbagai informasi termasuk kapasitas RAM
Cara Melihat RAM HP OPPO
Cara Melihat RAM HP OPPO

Pada beberapa tipe, kamu bisa melihat fitur RAm Expansion. Yakni fitur yang bisa memperbesar kapasitas RAM dengan tambahan RAM Virtual.

BACA JUGA:  Cara Hack Server Higgs Domino Terbaru 2022

RAM Virtual sendiri memanfaatkan ruang kosong yang ada di penyimpanan internal. Sebagian kapasitas memori internal akan difungsikan sebagai RAM ketika fitur tersebut aktif, jadi pastikan memori internal memiliki ruang yang cukup jika ingin menggunakan fitur RAM Expansiaon.

Bukan cuma pakai memori internal, fitur juga bisa memanfaatkan memori eksternal jika kamu menyematkan memori microSD di ponsel kamu. Ini akan lebih baik karena penyimpanan internal tidak terganggu.

HP OPPO yang memiliki fitur ini bisa memilih kapasitas RAM yang diinginkan. Seperti misal OPPO Reno8 yang memberikan pilihan kapasitas RAM 4GB, 6GB, 6GB.

Jadi jangan kaget ketika kamu menggunakan cara melihat RAM HP OPPO, informasi RAM yang ditampilkan lebih besar dari spesifikasi yang tertulis. Bisa jadi HP kamu memang memiliki fitur RAM Expansion tersebut.

Aplikasi untuk Melihat RAM HP OPPO

Cara melihat RAM HP OPPO tanpa aplikasi di atas mungkin memiliki kekurangan. Yakni hanya bisa digunakan untuk melihat total kapasitas RAM saja, tidak menampilkan kapasitas yang sedang digunakan.

Cara tersebut mungkin bisa digunakan untuk memastikan bahwa perangkat memiliki kapasitas RAM yang sesuai dengan informasi yang tertulis. Mungkin saat kamu ingin beli HP OPPO second dan ingin memastikannya sesuai.

Akan tetapi, jika kamu ingin mengetahui kapasitas RAM yang sedang dipakai dan yang sedang tersedia kamu membutuhkan cara melihat RAM HP OPPO lain yakni dengan aplikasi.

Berikut ini ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan:

  • Inware
  • CPU-Z
  • Device Info HW
  • DevCheck Hardware and System Info
  • Device Info
  • Geekbench 5
  • System Information

Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang bisa menampilkan semua informasi detail tentang spesifikasi sebuah ponsel pintar, termasuk kapasitas RAM.

BACA JUGA:  Cara Cek Pinjol Legal atau Tidak

Nah, kalau mau lag atau lemot karena kapasitas RAM penuh bisa pakai salah satu aplikasi di atas untuk memantau kapasitas RAM HP OPPO kalian. Kalau kapasitas RAM terlalu penuh, bisa cari dan hapus aplikasi berjalan yang dirasa tidak diperlukan.